4 risiko yang mungkin terjadi pada bayi dari ibu perokok

Begitu banyak keburukan rokok bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Berikut penjelasannya.

785 views   |   1 shares
  • Saat ini bukan cuma pria saja, merokok juga merupakan hal biasa di kalangan para wanita. Meskipun peringatan akan bahaya merokok semakin tegas dan terbuka, bahkan di tiap bungkus rokok telah tercantum tulisan larangan merokok beserta peringatan tertulis dan gambar yang tidak menyenangkan,tetap masih banyak dari para perokok yang mengabaikannya.

  • Merokok sangat berdampak buruk tidak hanya bagi si perokok aktif, tetapi juga bagi perokok pasif di sekitarnya. Dan yang lebih bahaya lagi, jika perokok aktif tersebut adalah ibu hamil. Apa saja bahaya yang dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok bagi seorang ibu yang sedang hamil?

  • 1. Menganggu kesehatan paru-paru ibu dan bayi

  • Kebiasaan buruk merokok atau terpapar asap rokok selama hamil sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru ibu dan bayi. Akibatnya bisa membuat ibu hamil merasa lebih sering sesak nafas dan dapat berdampak pada bayi dalam kandungan juga. Efek buruk dari zat-zat kimia dapat mengganggu fungsi dan perkembangan organ, terutama paru-paru ibu dan bayi.

  • 2. Memengaruhi berat badan bayi

  • Bahaya lain yang dialami oleh ibu terpapar rokok saat sedang hamil adalah dampaknya pada berat badan bayi di dalam kandungan. Ya, pertumbuhan bayi dalam kandungan akan terganggu ketika ibu tidak memberikan gizi yang cukup bagi bayi dan bahkan meracuni sang bayi dengan zat-zat kimia yang buruk untuk pertumbuhannya. James Christmas, Direktur Maternal Fetal Medicine Commonwealth Perinatal Associates di Rumah Sakit Henrico, Virginia menyebutkan kecenderungan berat badan bayi yang rendah disebabkan dari kebiasaan buruk ibu bayi, salah satunya adalah merokok.

  • Zat nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok dapat mempersempit pembuluh darah serta tali pusar bayi ke tubuh sang ibu. Penyempitan inilah yang dapat menyebabkan nutrisi yang tersalur pada tubuh bayi tidak bekerja dengan baik. Sehingga bayi akan kekurangan nutrisi dan menyebabkan berat badannya terganggu atau menurun.

  • 3. Menurunkan fungsi kerja otak ibu dan bayi

  • Bahaya lainnya yang dapat terjadi ketika ibu hamil merokok adalah menurunnya kinerja otak baik pada ibu maupun sang bayi dalam kandungan. Berbagai zat aktif yang terkandung di dalam rokok mampu mengurangi kemampuan konsentrasi bahkan menyebabkan stress, depresi dan bahkan Alzheimer. Ini juga dapat membuat perkembangan otak bayi tidak tumbuh maksimal, cenderung hiperaktif, sulit berkonsentrasi dan memiliki masalah kepribadian lainnya.

  • Advertisement
  • 4. Kemungkinan keguguran lebih besar

  • Kemungkinan terburuk lain yang dapat terjadi jika ibu hamil merokok atau terpapar asap rokok adalah kemungkinan terjadinya keguguran. Zat-zat kimia yang terdapat pada rokok sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan ibu dan janin karena dapat menyebabkan kematian janin, terutama saat usia kandungan masih muda.

  • Robert Welchm, seorang ahli kesehatan dari Providence Hospital di Southfield, menyebutkan dalam situs babycenter.com bahwa merokok adalah penyebab utama seorang bayi mengalami cacat lahir, kelahiran prematur atau masalah kesehatan yang timbul pada bayi sejak masih di kandungan.

  • Karenanya, jaga kesehatan kehamilan Anda dan hindarkan dari paparan asap rokok. Jika Anda merokok, jangan lakukan saat berada di dekat seorang ibu hamil. Cuci tangan Anda sesudah merokok untuk berinteraksi dengan ibu hamil dan anak bayi. Anda seorang ayah yang akan memiliki bayi? Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok Anda sekarang juga jika peduli dengan kesehatan Anda, istri dan bayi dalam kandungan Anda.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

4 risiko yang mungkin terjadi pada bayi dari ibu perokok

Begitu banyak keburukan rokok bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Berikut penjelasannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr