5 kesalahan pola asuh anak di era modern

Tentu sebagai orang tua, akrab dengan perubahan zaman adalah hal yang penting. Tetapi jangan sampai kebablasan, berikut 5 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan.

1,614 views   |   39 shares
  • Di zaman yang modern, kemajuan teknologi secara sadar maupun tidak, juga mengubah gaya hidup kita. Salah satunya dalam hal mendidik anak. Tentu setiap orang tua perlu mengetahui dan mengikuti perubahan zaman secara bijaksana. Jangan sampai Anda melakukan 5 prilaku tidak tepat seperti berikut ini.

  • 1. Membiarkan anak bermain smartphone tanpa batas

  • Hampir semua orang tua, di zaman ini mempercayakan smartphone kepada anak-anak mereka, bahkan yang masih di bawah umur. Ini memang sudah menjadi hal yang wajar. Bahkan tidak jarang, banyak orang tua meberikan secara sengaja dengan tujuan agar anak mereka mau duduk dengan tenang. Meskipun tujuannya adalah untuk memberikan hiburan atau edukasi bagi sang anak, bukan berarti kita dapat membiarkan anak bermain gadget tanpa batas dan tanpa dampingan orang tua. Hal ini dapat merusak kebiasaan dan perkembangan anak, merekaakan sulit bersosialisasi dengan lingkungannya dan hidupnya di masa depan akan sangat tergantung pada smartphone.

  • 2. Membiarkan anak mengendarai kendaraan di usia dini

  • Pernah kah Anda melakukan ini? Jika tidak, pernah kah Anda melihatnya? Saya sering kali mendapati hal ini di jalan. Melihat anak berusia di bawah umur, mengendarai motor. Tidak jarang dari mereka yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan biasanya mereka tidak menggunakan alat keselamatan (helm) dan menyetir dengan ugal-ugalan. Sungguh sangat membahayakan keselamatan tidak hanya si anak tetap juga pengguna jalan yang lain. Sebaiknya jangan biarkan anak Anda mengendarai kendaraan bermotor atau mobil di usianya yang belum matang.

  • 3. Membiarkan anak menganggap Anda sebagai teman

  • Memiliki hubungan yang baik dan dekat dengan anak tentu merupakan hal yang baik. Tetapi membiarkan anak bersikap seperti teman kepada Anda bukanlah hal yang disarankan. Ada banyak orang tua yang benar-benar memperlakukan anak mereka seperti temannya sendiri. Alhasil, anak tidak memiliki rasa hormat dan segan kepada orang tuanya.

  • 4.Mengajak anak menonton bioskop

  • Bioskop saat ini juga semakin dibanjiri oleh pengunjung berusia di bawah umur. Banyak orang tua yang menganggap hal ini biasa dan sudah menjadi gaya hidup, bergaul akrab bersama anak di bioskop. Sayangnya banyak orang tua yang tidak peka dengaan pilihan film yang kadang terlalu dewasa untuk konsumsi anak-anak. Padahal ini dapat merusak mental dan membuat anak menjadi dewasa sebelum waktunya.

  • 5.Menuruti segala keinginan anak

  • Advertisement
  • Waktu masih sekolah dulu, ketika saya dan kakak-kakak menginginkan sesuatu kami diharuskan terlebih dahulu menyeyelsaikan tugas rumah dan sekolah kami. Jika mengerjakan dengan rajin selama satu bulan, barulah Ibu akan memberikan apa yang kami inginkan. Saat ini, sudah jarang saya melihat anakyang harus bersusah payah melakukan hal yang sama seperti saya dan kakak-kakak saya lakukan dahulu. Di zaman yang serba mudah ini, para orang tua pun terlihat semakin 'menggampangkan' permintaan anak, bahkan untuk hal-hal yang tidak seharusnya seperti memperoleh smartphone merk terbaru dan termahal agar tidak kalah dengan anak-anak yang lain.

  • Meskipun sebagai orang tua, kita selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak, bukan berarti kita harus menuruti segala keinginan sang anak. Kebiasaan ini hanya akan membuat anak menjadi manja dan tidak mau berusaha. Di masa depan kebiasaan ini akan membuat hidup anak Anda menjadi susah karena terbiasa mudah mendapatkan sesuatu dan tidak memiliki daya juang untuk mendapatkan keinginannya. Jangan biasakan hal ini.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 kesalahan pola asuh anak di era modern

Tentu sebagai orang tua, akrab dengan perubahan zaman adalah hal yang penting. Tetapi jangan sampai kebablasan, berikut 5 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr