Berganti karier di usia 35? Boleh, asalkan..

Ingin berganti karier yang selama ini digeluti di usia 35? Persiapkan diri Anda!

788 views   |   15 shares
  • Tingginya tingkat pengangguran di berbagai negara saat ini membuat lahan pekerjaan menjadi rebutan bagi banyak orang. Mendirikan usaha sendiri seringkali menjadi jalan terbaik bagi mereka yang sulit mendapat pekerjaan. Namun tidak jarang orang dengan level pekerjaan yang tinggi dan karier yang baik pun ingin memutuskan diri berhenti, karena kehilangan passion dan merasa jenuh dengan karier yang digeluti selama ini. Bila ada keinginan beralih profesi di usia 35, segera lakukan persiapan seperti di bawah ini:

  • 1. Pertimbangkan secara matang

  • Meski kebanyakan dari Anda telah lulus sarjana dengan pendidikan baik, karier yang cemerlang, penghasilan cukup baik, namun Anda masih punya keinginan untuk berkarier di bidang lain sesuai minat dan impian Anda. Pikirkan masak-masak sebelum mengambil keputusan tersebut. Apakah layak Anda meninggalkan zona nyaman Anda selama ini? Apakah usaha yang akan Anda mulai rintis lagi sepadan dengan risiko yang akan dihadapi. Kebanyakan wanita terkadang merasa takut dan ragu atas kemampuan mereka sendiri sehingga sulit melakukannya. Bila ada keinginan berganti karier, Anda harus siap dan berpikir positif terhadap segala kemungkinan buruk yang akan terjadi di depan.

  • 2. Gunakan pengalaman untuk berhasil

  • Hindari merasa 'terlalu tua' untuk berganti karier pada usia 35. Nilai plusnya, Anda telah berbekal ketrampilan dan juga pengalaman bekerja yang menjadi modal memulai sesuatu yang baru. Rachmat, seorang pengusaha, melakukan sebuah perubahan besar dalam kariernya setelah 17 tahun mengajar sebagai seorang guru. Satu hal yang ia pelajari adalah, "Kebanyakan orang berpendapat bahwa mereka akan 'kehilangan semuanya' jika gagal saat meninggalkan pekerjaan yang lama. Kenyataan terjadi justru mengherankannya, keterampilan saya malah semakin bertambah. Asalkan Anda terlebih dahulu mengenali kemampuan diri lebih baik untuk berhasil." Pengalaman bekerja adalah bekal untuk keberhasilan usaha/karier di masa depan.

  • 3. Manfaatkan jaringan Anda

  • Pada usia 35 biasanya seseorang telah bertemu banyak orang dalam hidupnya. Baik itu teman kuliah, saudara atau kenalan yang memiliki jaringan luas dan mungkin pengaruh yang lebih besar pula. Manfaatkan keuntungan tersebut untuk bidang pekerjaan yang Anda minati. Jika Anda ingin membuka usaha sendiri, jadikan net working sebagai nilai jual untuk bisnis Anda.

  • 4. Belajar menambah wawasan

  • Jangan pernah lelah belajar dan terus belajar untuk memperdalam ilmu di bidang apapun yang Anda mintati. Jangan cepat berpuas diri dan selalu perluas wawasan dengan membaca buku yang berguna dalam menunjang karier Anda. Bila membuka sebuah usaha, Anda dapat mengatur jam kerja sendiri. Walau melelahkan hingga harus memakan waktu lembur, tetapi tentu ada sensasi kepuasaan tersendiri saat dalam menjalaninya. Tidak ada salahnya belajar dari pengalaman orang lain yang berhasil karena ini akan sangat membantu dalam usaha Anda.

  • Advertisement
  • 5. Tekuni secara serius

  • Menjadi pegawai yang 'bekerja pada orang' bukan cita-cita Anda? Maka persiapkan diri Anda untuk 'banting stir' karena Anda sedang berpacu dengan waktu yang ada. Meski kebanyakan orang memilih karirnya di usia remaja, pilihan tersebut bukan harga mati untuk masa depan Anda. Biasanya 35 tahun dianggap sebagai umur yang matang, di mana seseorang akan lebih serius pada satu karier tertentu yang memang telah dia yakini dan ingin ditekuninya. Tidak ada waktu lagi untuk melakukan pekerjaan dengan setengah hati, inilah saatnya mengejar impian Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Berganti karier di usia 35? Boleh, asalkan..

Ingin berganti karier yang selama ini digeluti di usia 35? Persiapkan diri Anda!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr