Waspadai 'ancaman-ancaman' serius ini di dalam rumah Anda

Anda akan terkejut mengetahui batapa banyak kuman yang bersarang di tempat-tempat terbersih di rumah Anda.

261 views   |   3 shares
  • Pikirkanlah segala sesuatu yang Anda sentuh di dalam rumah, mulai dari gagang pintu, meja, kran air, remot kontrol dan lainnya mengandung begitu banyak kuman penyakit. Apalagi jika daerah-daerah tersebut tidak rajin dibersihkan, kuman-kuman akan terus menyebar dan berkembang biak. Anda mungkin tidak menyadari bahwa virus flu dapat hidup di permukaan sebuah benda hingga lebih dari 48 jam. Oleh karenanya, selalu pastikan kebersihan rumah Anda terjaga baik agar kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga terjaga. Cobalah untuk membersihkan rumah mulai dari:

  • Dapur

  • Tahukah Anda bak cuci piring mengandung 100,000 kali lebih banyak kuman daripada toilet? Hal ini disebabkan sisa makanan yang terjebak di saluran pembuangan akhirnya menjadi tempat ideal bagi berkembangnya bakteri Salmonella dan E. coli.

  • Untuk membersihkan tempat cucian piring, Anda dapat mencampurkan satu sendok makan pemutih pakaian ke dalam satu liter air. Kandungan zat aktif dalam pemutih pakaian mampu membunuh kuman penyebab penyakit secara efektif.

  • Ketika sudah selesai mengosok bak cuci piring, tuangkan larutan tadi ke dalam saluran pembuangan. Jika masih ada sampah yang tertinggal, segera keluarkan dan usahakan untuk rutin membersihkannya minimal seminggu sekali.

  • Selain bak cuci, spons pencuci juga harus dibersihkan minimal 3 kali sehari atau ketika sudah selesai digunakan. Jika Anda menggunakan lap piring pastikan mencucinya dengan air panas yang terlebih dahulu sudah dicampurkan dengan sabun cuci piring.

  • Kamar mandi

  • Anda melakukan sebagian besar perawatan tubuh di dalam kamar mandi, tentu terkejut mengetahui betapa banyaK kuman yang tertinggal di dalam kamar mandi tersebut. Bersihkan kamar mandi Anda seminggu sekali menggunakan cairan desinfektan ke seluruh permukaan kamar mandi Anda.

  • Membersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali akan membantu mencegah bakteri-bakteri jahat berkembang. Handuk juga wajib dicuci seminggu sekali, sebab tanpa Anda sadari handuk menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Letakkan peralatan mandi seperti sikat dan pasta gigi, sabun, sampo di tempat yang kering dan jauh dari cipratan air. Jangan lupa membersihkan toilet sebab sering menjadi tempat favorit bagi bakteri.

  • Kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga

  • Sprei dan selimut yang digunakan setiap hari harus dicuci atau diganti minimal seminggu sekali. Ketika mencuci sprei, gunakan air panas untuk mematikan kuman dan bakteri.

  • Pel lantai dan bersihkan karpet lantai dengan menggunakan vacuum cleaner setidaknya dua minggu sekali. Bersihkan juga segala perabotan rumah tangga termasuk elektronik, pesawat telepon dan keyboard komputer setiap hari. Gunakan cairan desinfektan yang mampu membunuh 99,9 persen virus dan bakteria yang terdapat di permukaan benda.

  • Advertisement
  • Ingat, kesehatan Anda dan juga seluruh anggota keluarga bergantung pada kebersihan. Membagi tugas untuk membersihkan seluruh ruangan tentunya akan sangat meringakan beban bersama. Selalu jaga kebersihan bersama dan menjauhkan rumah Anda dari kuman. Mulailah sekarang juga!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Waspadai 'ancaman-ancaman' serius ini di dalam rumah Anda

Anda akan terkejut mengetahui batapa banyak kuman yang bersarang di tempat-tempat terbersih di rumah Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr