5 kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk lebih produktif

Waktu berlalu terlalu cepat! Itulah keluhan banyak orang zaman sekarang.Yang menjadi pertanyaan: Apa saja yang sudah Anda lakukan untuk membuat waktu Anda produktif?

811 views   |   2 shares
  • Tidak peduli apakah Anda seorang ibu yang selalu sibuk dengan urusan rumah tangga atau apakah Anda seorang kepala keluarga yang hampir seharian berada di luar rumah mencari nafkah, kadang-kadang Anda pasti merasa tidak tahu ke mana saja perginya waktu Anda. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk membuat waktu Anda produktif?

  • Pertama-tama mari kita tilik apa yang dapat disebut tidak produktif. Jika Anda melewatkan sepanjang hari Anda di depan televisi, tiduran di sofa sambil memegang remote control, atau memainkan video game, walaupun Anda mendengarkan siaran berita atau memenangkan 10 game, Anda tidak dapat dibilang produktif. Melewatkan waktu secara produktif berarti Anda mengerjakan hal-hal yang bermanfaat bagi hidup Anda, di luar pekerjaan tetap Anda, misalnya:

  • 1. Membersihkan rumah

  • Rumah yang Anda huni hendaknya selalu terjaga kebersihannya. Ini penting bagi kesehatan para penghuni rumah, terutama bila ada anak-anak kecil. Dapur yang penuh piring, mangkok kotor akan mengundang kacoa, tikus dan tentu saja bakteri serta virus yang dapat menyebabkan sakit perut. Begitupun kamar mandi, perlu dibersihkan dengan kloroks atau bahan pembersih lainnya supaya tidak mengundang jamur atau bakteri bersarang. Rumah yang rapi dan bersih, nyaman untuk ditinggali dan membuat para penghuninya betah di rumah.

  • 2. Mengurus anak

  • Pekerjaan ini tidak mempunyai batas waktu, khususnya jika anak-anak masih kecil dan tidak ada pembantu di rumah. Mengapa dapat disebut produktif? Tentu saja, karena Anda mempersiapkan mereka untuk menjadi dewasa dan mandiri. Tidak saja produktif, pekerjaan ini bahkan dapat disebut mulia. Pekerjaan yang tidak hanya bersifat jasmani seperti memberi makan, memandikan, mengganti baju, namun juga bersifat mental dan rohani seperti mengajar, melatih, dan mendidik mereka untuk menjadi orang yang pandai dan berbudi pekerti luhur.

  • 3. Kegiatan jasmani

  • Menjaga kebugaran badan termasuk dalam kategori produktif karena hal ini menyangkut kesehatan kita. Lari pagi, senam, dan olahraga lainnya bahkan yoga dapat meningkatkan kesehatan.

  • 4. Berkebun

  • Menanam sayur di kebun selain bermanfaat dalam menunjang asap dapur supaya terus mengebul, juga berguna untuk menghilangkan stres serta melatih otot badan.

  • 5. Menjadi relawan

  • Waktu luang dapat diisi secara produktif dengan menjadi relawan. Tidak hanya di rumah sakit, perpustakaan, tempat ibadah, atau dapur umum, tetapi Anda dapat membantu lingkungan Anda sendiri dengan melatih anak-anak main bola, main catur, dan belajar keterampilan lainnya seperti karate misalnya. Atau Anda dapat mengajar kaum ibu memasak, menjahit, melukis atau belajar menggunakan komputer. Seorang ibu tua yang ingin melakukan sesuatu yang berguna, pergi ke rumah sakit di dekatnya setiap minggu. Di situ dia berbicara dengan pasien yang tampaknya kesepian karena tidak ada yang menengok. Dia mendengarkan keluhan si pasien, berusaha menghiburnya dan berbicara tentang banyak hal lainnya. Usahanya tampak tidak berarti, tetapi sangat bermanfaat bagi si sakit.

  • Advertisement
  • Tentu saja banyak pekerjaan lain yang dapat disebut produktif selain dari yang disebutkan di atas. Banyak orang tidak tahu harus berbuat apa dengan waktu luangnya dan membiarkannya berlalu begitu saja tanpa melakukan sesuatu yang bermanfaat. Tidak saja anak-anak remaja di liburan sekolah tetapi juga manula yang sudah pensiun, mereka ingin menjadi produktif tetapi tidak menemukan sarana untuk menyalurkan waktu dan tenaganya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk lebih produktif

Waktu berlalu terlalu cepat! Itulah keluhan banyak orang zaman sekarang.Yang menjadi pertanyaan: Apa saja yang sudah Anda lakukan untuk membuat waktu Anda produktif?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr