Subur tapi tak kunjung hamil? Waspada PCOS!

Buah hati tak kunjung tiba? Mungkin Anda mengalami masalah infertilitas paling umum dijumpai. PCOS, sebuah kondisi yang dijuluki silent killer. Penyembuhannya belum ditemukan dan dapat berimplikasi pada aneka penyakit berbahaya lainnya.

2,508 views   |   18 shares
  • Ada setiap cerita tersendiri di balik lahirnya si buah hati. Di antaranya adalah perjuangan berat untuk mendapatkannya. Beberapa sahabat saya mengalami hal serupa, dan ternyata bermuara pada masalah yang sama.

  • Bertahun-tahun menjalani pernikahan, kehadiran keturunan tentu begitu dinanti. Namun, bulan demi bulan, tahun demi tahun, dua garis di alat tes kehamilan tak kunjung muncul. Sahabat-sahabat saya ini mengalami gejala-gejala yang mirip. Masalah berat badan berlebih, jadwal haid yang tidak teratur dengan volume haid sangat banyak ketika menstruasi datang, kerontokan rambut, dan kulit yang ternoda oleh jerawat serta flek kehitaman. Tak elok dipandang, tak enak dirasakan pula.

  • Melalui serangkaian konsultasi dan pemeriksaan di dokter kandungan, ditetapkanlah sebuah diagnosa. Mereka sedang menderita salah satu penyebab infertilitas paling umum ditemui. Sebuah kondisi bernama Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

  • Definisi PCOS merupakan gangguan umum pada sistem endokrin atau hormonal pada wanita usia subur. Melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG), terlihat bahwa sahabat-sahabat saya ini mengalami pembesaran ovarium karena terkandungnya folikel-folikel atau sejumlah kumpulan cairan di dalam ovarium.

  • Gejala-gejala yang mereka alami merupakan bagian dari gangguan hormonal yang terjadi. Biasanya, penderita PCOS memiliki hormon testosteron (sebuah hormon pria) yang tinggi. Tingginya testosteron ini menghalangi pelepasan sel telur setiap bulannya dari ovarium. Akibatnya, terjadi gangguan menstruasi pada penderita. Begitu pula dengan berat badan berlebih, masalah kulit, dan rambut, ini merupakan manifestasi gangguan hormonal yang sama.

  • Sahabat-sahabat saya pun segera mengikuti terapi dan perawatan. Hingga kini, obat spesifik yang dapat menyembuhkan PCOS belum ditemukan sehingga terapi diarahkan kepada pengurangan gejala yang mengganggu penderita. Berat badan diturunkan dan dijaga pada rentang ideal melalui olahraga teratur dan pengaturan asupan makanan. Ada juga yang mengikuti program peningkatan kesuburan untuk mengatur tingkat hormon. Upaya terakhir untuk memperoleh keturunan, diambil melalui pembuahan in-vitro, seperti yang akhirnya dijalani oleh seorang sahabat dan berhasil memberikannya bayi kembar sebagai putra putri pertama.

  • Saya membaca sebuah artikel menarik hari ini. Sebuah penelitian terkini, menyebutkan bahwa sebuah obat bernama Letrozole yang biasanya digunakan dalam terapi kanker payudara, memberikan efek samping peningkatan ovulasi yang lebih baik dari obat-obat lain yang digunakan sebelumnya. Ini adalah sebuah titik cerah yang menjanjikan, meskipun studi lebih lanjut tetap dilakukan untuk menemukan alternatif yang lebih baik.

  • Advertisement
  • Kewaspadaan akan PCOS perlu dibangun sejak dini, karena PCOS dapat menyerang wanita pada usia subur 18 sampai 44 tahun. Wanita yang sedang melewati masa menopause juga tak luput dari ancaman PCOS. PCOS tidak dapat didiagnosa dengan pemeriksaan tunggal dan gejalanya pun bervariasi pada setiap penderita.

  • PCOS pun dijuluki sebagai silent killer, mengingat PCOS dapat berujung tidak hanya kepada infertilitas, namun juga beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan kolesterol tinggi terkait dengan gangguan hormonal yang terjadi. Sebaliknya, jika Anda menderita diabetes, terdapat hingga 50 persen kemungkinan Anda juga akan mengalami PCOS.

  • Beberapa studi bahkan menyebutkan, PCOS dapat terjadi karena faktor genetik. Ada 50 persen kemungkinan, wanita penderita PCOS akan menurunkan kondisi ini kepada anak perempuannya. Sungguh kenyataan yang mengkhawatirkan, bukan?

  • Penting bagi kita, wanita usia subur, untuk selalu menjaga kesehatan, apa pun kondisi yang kita alami. Wanita sehat adalah awal mula tumbuhnya generasi-generasi sehat berikutnya. Keinginan untuk bisa memiliki anak dan mendampingi di dalam setiap tahap perkembangannya tentu bukan impian kosong belaka. Pemeriksaan dan pendidikan dini tentang PCOS akan mengurangi hilangnya harapan serta masa depan bahagia bagi jutaan pasangan di kemudian hari.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Subur tapi tak kunjung hamil? Waspada PCOS!

Buah hati tak kunjung tiba? Mungkin Anda mengalami masalah infertilitas paling umum dijumpai. PCOS, sebuah kondisi yang dijuluki silent killer. Penyembuhannya belum ditemukan dan dapat berimplikasi pada aneka penyakit berbahaya lainnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr