Memaksimalkan Pengaruh Positif dalam Melakukan Pelayanan

Dalam perjalanan hidup saya, saya telah menemukan bahwa di saat-saat saya merasa tak berdaya dan bermasalah, jalan yang pasti dan tepat untuk memulihkan diri saya adalah melalui pelayanan.

1,424 views   |   shares
  • Dalam perjalanan hidup saya, saya telah menemukan bahwa di saat-saat saya merasa tak berdaya dan bermasalah, jalan yang pasti dan tepat untuk memulihkan diri saya adalah melalui pelayanan. Menjangkau orang lain dapat membuat saya lupa akan masalah-masalah yang sedang saya alami, membantu untuk menemukan sisi kemanusiaan dan keilahian, dan membawa sukacita yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata yang dapat mendorong saya untuk tetap bertahan.

  • Ada beberapa saat di mana saya merasa tersesat, saya tidak dapat berpikir untuk melakukan pelayanan. Untungnya, orang-orang di sekitar saya cukup bijaksana untuk meminta saya melakukan pelayanan. Ini adalah hal yang sangat penting untuk diingat ketika Anda melihat ada orang lain yang merasakan penderitaan. Anda berkeinginan untuk melayani dengan cara yang terbaik yaitu dengan mengulurkan pertolongan, bahkan dari ujian atau cobaan yang sedang mereka alami. Ini adalah cara yang mengagumkan untuk memenuhi kebutuhan sewaktu kita merasa lemah dan mendorong diri kita dengan membantu orang lain yang memerlukan bantuan.

  • Hal yang paling indah tentang ini adalah bahwa Anda tidak perlu harus berada dalam situasi yang tergesa-gesa, masa-masa yang genting atau ketika melihat seseorang yang menempatkan diri dalam situasi ini. Ada beberapa saat lain dalam kehidupan ketika praktek ini dapat menjadi bermanfaat: di saat melihat ada saudara kita yang tidak berdaya. Atau, orang yang kekurangan yang merasa bersalah karena mereka harus selalu dilayani. Juga, terhadap mereka yang telah membuat pilihan-pilihan yang buruk di masa lalu dan yang dikenal dengan kejahatannya yang merasa berada jauh di luar jangkauan untuk sebuah pengampunan. Pada akhirnya, ketika kita melihat perundungan yang terjadi di dalam keluarga.

  • Itu semua adalah hal yang dapat kita lakukan untuk menjangkau orang lain. Dengan memberikan bantuan, Anda mungkin dapat meringankan beban seseorang dari kesusahan dan menguatkannya.

  • Ketika kami tinggal di kota besar dan sedang melalui masa perceraian, suami saya memindahkan semua uang kami ke dalam rekening miliknya dan neneknya. Saya memiliki 4 orang anak yang sedang saya rawat. Dan membutuhkan waktu yang panjang di pengadilan untuk memenangkan tunjangan untuk anak-anak saya. Itu adalah akhir dari pernikahan yang sangat menindas saya selama 17 tahun lamanya. Sulit bagi saya untuk menerima semua ini. Saya meminta surat penahanan karena beberapa ancaman yang cukup besar terhadap saya dan anak-anak saya. Saya merasa tenaga saya sangat terkuras, dan saya sering merasa putus asa dan merasa bersalah.

  • Advertisement
  • Namun, saya mempunyai seorang pemimpin spiritual yang sangat bijaksana yang meminta saya untuk melayani orang-orang yang telah berusia lanjut. Menjadi teman mereka. Dengan menjalani kehidupan seperti ini saya sekarang dapat menyelesaikan sekolah saya, berkeja paruh waktu, dan berusaha untuk menata kehidupan saya kembali bersama-sama dengan anak-anak saya.

  • Yang lainnya, melalui kasih dan kebaikan mereka, saya diberikan pertolongan dengan kelembutan hati dan perawatan. Dengan kebaikan seperti itu, dalam keadaan saya, saya menerimanya bukan berarti mereka berpikir saya tidak mampu mengerjakan apa pun. Dalam kesempatan yang lain, ketika pemimpin spiritual saya yang memberikan penugasan ini kepada saya, dalam pikiran saya berkata, “terima kasih, dia percaya bahwa saya dapat melakukan tugas ini. Saya harus melakukannya dengan baik!” Dalam perjalanan ini sebuah peristiwa yang sangat menarik terjadi dalam kehidupan pribadi saya selama berbulan-bulan. Membuat saya merasa telah kembali dalam jalan untuk memperoleh kepercayaan diri dan kemampuan saya.

  • Sebuah peringatan yang merupakan nasihat berharga adalah bahwa jika Anda sedang berjuang untuk sesuatu, janganlah mencoba untuk mengambil sebuah komitmen yang besar. Pelayanan yang sederhana akan menyebabkan pemulihan dari stres yang rendah. Jika Anda mencoba untuk melakukan pelayanan terhadap orang lain yang kesusahan, cobalah dengan saran atau ajakan untuk melakukan pelayanan yang sederhana, bukan sesuatu yang besar dan berlebihan.

  • Ingat bahwa kebaikan tidak hanya ditunjukkan dengan melayani, namun dengan meminta untuk melakukan pelayanan dan menunjukkan kepada yang memberi kepercayaannya untuk membantu Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "The empowering effects of service" karya Rebecca Rickman.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Becky Lyn adalah orangtua tunggal, ia menghabiskan waktunya sebagai penulis profesional.

Situs: http://www.beckytheauthor.weebly.com

Memaksimalkan Pengaruh Positif dalam Melakukan Pelayanan

Dalam perjalanan hidup saya, saya telah menemukan bahwa di saat-saat saya merasa tak berdaya dan bermasalah, jalan yang pasti dan tepat untuk memulihkan diri saya adalah melalui pelayanan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr