Apa saja pertimbangan dalam memilih asuransi yang tepat untuk pendidikan anak?

Sebelum memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting berikut sebagai bahan pertimbangan untuk memilih asuransi pendidikan dengan cermat.

640 views   |   shares
  • Pendidikan anak merupakan salah satu hal penting yang selalu dipikirkan oleh setiap orangtua, karena pendidikan menyangkut masa depan anak. Anda juga pasti sudah mengetahui untuk mendapatkan pendidikan yang bagus (sekolah unggulan atau sekolah internasional), tak jarang Anda harus menguras dana yang tak sedikit. Artinya ada harga ada kualitas. Mengingat biaya pendidikan setiap tahunnya semakin meningkat, para orangtua pun dibuat cemas, sedini mungkin orangtua akan mulai mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan dan mempersiapkan dana atau tabungan pendidikan yang kelak dibutuhkan anak.

  • Berbagai upaya dilakukan orangtua untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Mungkin yang sering terpikir adalah dengan cara membuka tabungan pendidikan atau berinvestasi. Tetapi sebenarnya ada alternatif lain yang dapat Anda pilih untuk merencanakan pendidikan anak yaitu dengan memilih asuransi pendidikan. Banyak orangtua yang masih belum paham tentang penjelasan, prosedur dan manfaat asuransi pendidikan. Tak jarang juga Anda terjebak dalam kesalahan memilih jasa asuransi. Tidak semua produk asuransi pendidikan yang ditawarkan itu tepat dan baik sesuai kebutuhan Anda. Sebelum memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting berikut sebagai bahan pertimbangan untuk memilih asuransi pendidikan dengan cermat.

  • 1. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

  • Banyaknya perusahaan asuransi yang berlomba-lomba menjual produk asuransi mereka membuat Anda sering kali terbuai atas informasi yang disampaikan. Anda harus pandai memilih perusahaan yang terpercaya, yang proses klaimnya mudah dan cepat. Anda bisa mendapat informasi dari situs resmi perusahaan atau dari kerabat Anda tentang perusahaan asuransi mana yang sudah mereka rasakan manfaatnya. Tanyakan juga kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan, agen asuransi yang profesional tentu akan menjelaskan plus minus produknya secara objektif.

  • 2. Pelajari lebih lanjut nilai proteksi dan investasinya

  • Fungsi asuransi pendidikan selain untuk dana pendidikan, ternyata memiliki fungsi untuk memproteksi atau memberikan perlindungan jaminan kesehatan berupa ganti rugi biaya perawatan medis anak selama di rumah sakit atau santunan berupa uang pertanggungan apabila orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia atau cacat. Nilai perlindungan dari asuransi pendidikan tergantung dari kemampuan Anda membayar premi.

  • 3. Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda

  • Advertisement
  • Tentu saja Anda harus cermat menghitung penghasilan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Apakah total pengeluaran masih bisa tercukupi dengan adanya angsuran premi setiap bulannya. Perhatikan kondisi keuangan sebelum memutuskan memilih besarnya premi yang harus dibayarkan. Bila memberatkan, pilih premi dengan jumlah kecil. Walaupun Anda tahu, dana pendidikan yang nanti diperoleh juga tidak besar. Ada baiknya, pilih asuransi pendidikan yang setoran investasinya bisa diubah sewaktu-waktu sesuai kondisi keuangan.

  • 4. Pastikan nilai tabungan asuransi yang dipilih sesuai dengan biaya pendidikan yang dibutuhkan anak

  • Anda bisa mencari informasi dan menghitung perkiraan biaya pendidikan anak kelak sesuai dengan jenjangnya sehingga Anda dapat menentukan besarnya premi asuransi yang harus dibayarkan. Besar kecil premi yang Anda bayar setiap bulannya menentukan target dana pendidikan yang dicapai sesuai waktu yang disepakati bersama.

  • 5. Pastikan Anda memperoleh manfaat sesuai yang dijanjikan perusahaan asuransi

  • Pastikan manfaatnya cukup untuk membayar biaya pendidikan anak. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk berasuransi, baca dan pelajari ketentuan yang dibuat perusahaan. Pastikan ada perjanjian yang telah disepakati bersama.

  • Semua keputusan ada di tangan Anda sebagai orangtua. Persiapkan dana pendidikan anak Anda dengan memilih asuransi pendidikan yang tepat.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Apa saja pertimbangan dalam memilih asuransi yang tepat untuk pendidikan anak?

Sebelum memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting berikut sebagai bahan pertimbangan untuk memilih asuransi pendidikan dengan cermat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr