4 trik membuat suami sigap membantu pekerjaan rumah tangga

6 dari 10 pasangan suami istri menghadapi ketegangan tinggi dalam rumah tangga akibat pembagian pekerjaan rumah tangga yang tidak seimbang. Anda mengalami masalah yang sama? Ikuti 4 trik ini demi kembalinya kemesraan dan keharmonisan rumah Anda.

743 views   |   1 shares
  • Istri adalah ratu dalam rumah tangga. Gelar ini nampaknya begitu istimewa. Namun, kenyataan berbicara lain.

  • Dalam sebuah survei terhadap 12.000 pembaca, terungkap bahwa 6 dari 10 pasangan suami istri menghadapi ketegangan tinggi dalam rumah tangga akibat pembagian pekerjaan rumah tangga yang tidak seimbang. Penyebabnya nyaris serupa, suami enggan membantu istri dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga rutin, seperti memasak, bersih-bersih, mencuci pakaian dan menyetrika, serta pemeliharaan alat-alat rumah tangga.

  • Sosiolog Chloe E. Bird bahkan mendapatkan temuan mengejutkan pada studinya yang dimuat dalam Journal of Health and Social Behavior.Bird mengemukakan bahwa wanita yang melakukan pekerjaan rumah tangga dua kali lebih banyak dari pasangannya, memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi. Dalam studinya, ditemukan pula pria dan wanita yang memiliki tingkat stres terendah adalah mereka yang membagi pekerjaan rumah tangga secara seimbang.

  • Apakah Anda mengalami masalah yang sama di rumah? Suami enggan mengulurkan tangan dalam urusan rumah tangga? Atau malah bertengkar karena tak imbangnya pembagian kerja? Sudah saatnya Anda ikuti 4 trik ini untuk kembalinya kemesraan dan keharmonisan rumah Anda.

  • 1. Sadarkan dengan elegan

  • Pria tidak suka diperintah dengan tangan besi. Ego besar mereka akan terluka dan pintu hatinya dapat tertutup seketika. Bermainlah cantik untuk membujuknya mau turun tangan dalam urusan rumah tangga. Pindahkan saluran televisi ke acara memasak yang menampilkan juru masak pria yang terampil meramu hidangan sederhana, namun menggiurkan. Pujilah kiprah kaum Adam dalam bisnis hospitality yang tidak segan melakukan pekerjaan yang identik dengan aksi istri di rumah. Anda sedang mengirimkan sinyal ke alam bawah sadarnya, bahwa pekerjaan rumah tangga tidak akan mengurangi kemaskulinannya. Selanjutnya, akan lebih mudah untuknya bekerja dengan sukarela karena ia tahu jutaan pria di dunia juga melakukan hal yang sama.

  • 2. Rencana di atas meja

  • Rancang sebuah kencan romantis dengan suami. Pilih tempat dan menu favoritnya. Bicara dengan mesra sambil memanjakannya. Di dalam percakapan, selipkan agenda untuk bicara tentang pembagian kerja rumah tangga. Tawarkan kepadanya pekerjaan apa yang ingin ia coba. 2-3 pekerjaan ringan sampai sedang yang dikerjakan rutin dengan durasi tidak lebih dari satu jam per hari, nampaknya sangat mungkin untuk ia coba sebagai langkah pertama. Sebuah daftar tertulis sebagai pengingat akan lebih baik Anda tetapkan berdua setelahnya.

  • Advertisement
  • 3. Dampingi dengan kelembutan

  • Di awal pelaksanaan, tunjukkan kepada suami bagaimana cara menyelesaikan tugasnya, dengan cara praktis dan sederhana. Garis bawahi poin penting yang wajib dipenuhi, meskipun tidak perlu terlalu detil. Saat suami sudah mencoba bekerja, tetaplah berada di sisinya saat ia beraksi. Berilah ruang untuknya untuk berkreasi dan turunkan sedikit standar kesempurnaan Anda. Pada hasil akhir, apresiasi usahanya dan libatkan ia kembali dalam pekerjaan rumah tangga Anda. Lebih baik lagi, bekerjalah bersama dengannya, seperti menyiapkan makan malam berdua. Rasakan koneksi yang lebih intim saat Anda berdua saling mengisi demi mencapai tujuan serupa, hidangan lezat karya penuh cinta.

  • 4. Libatkan Ananda tersayang

  • Menjadi sosok kebanggaan buah hati adalah sebuah prestasi yang kerap diidamkan setiap Ayah. Perlihatkan kesungguhan suami kepada anak-anak, sekaligus membuka cakrawala berpikir sang Ayah. Ya, Ananda perlu tahu bahwa pekerjaan rumah tangga bukanlah mutlak milik gender tertentu. Ia pun akan meneladani orangtuanya, untuk selalu bertanggung jawab dan melaksanakan kewajibannya memelihara rumah serta isinya. Ajaklah anak-anak untuk membantu Ayah bekerja. Sekali lagi, kubur dahulu impian rumah bersih sempurna seperti dalam iklan produk pembersih. Seringkali tawa ceria asisten-asisten istimewa Anda jauh lebih berharga dari kilauan lantai dan kaca, bukan?

  • Mengubah sebuah kebiasaan dan cara pandang tak jarang membutuhkan waktu, bahkan proses berliku. Tetaplah konsisten mencoba dan bersabarlah selalu. Roma tak dibangun dalam satu hari. Suami pun perlu sederet momentum untuk membentuknya menjadi Ayah Rumah Tangga jempolan, dan dukungan setia Anda yang akan mengantarkannya ke sana.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

4 trik membuat suami sigap membantu pekerjaan rumah tangga

6 dari 10 pasangan suami istri menghadapi ketegangan tinggi dalam rumah tangga akibat pembagian pekerjaan rumah tangga yang tidak seimbang. Anda mengalami masalah yang sama? Ikuti 4 trik ini demi kembalinya kemesraan dan keharmonisan rumah Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr