Ucapan orangtua berpengaruh pada kecerdasan anak

Ucapan orangtua bagaikan sebuah mantera ajaib. Setiap kalimat yang terucap mampu menumbuhkan memiliki dua kekuatan; antara rasa percaya diri atau justru menghancurkannya.

1,020 views   |   8 shares
  • Adalah Rizqi Annisa, seorang siswi kelas 9 SMP Muhammadiyah 6 Kaligondang, beberapa saat yang lalu ia berhasil keluar menjadi juara pertama lomba Matematika tingkat SMP se-Jawa Tengah. Ketika sesi wawancara berbagai macam pertanyaan dilontarkan oleh para orangtua mengenai keberhasilannya, salah satunya "Apa resepnya bisa meraih keberhasilan?" Dengan rendah hati Rizqi menjawab, "Di samping belajar dengan keras, doa serta motivasi dari kedua orangtua yang menjadikan saya mampu meraih keberhasilan dalam lomba tersebut." Rizqi menambahkan, bahwa orangtuanya tidak pernah melarangnya untuk melakukan sesuatu yang ia suka, tapi justru memberikan dukungan serta semangat selama hal-hal tersebut positif. Sebelum sesi wawancara ditutup Rizqi mengatakan, "Ucapan orangtua bagaikan sebuah mantera ajaib, bahwa melalui ucapan orangtua hal tersebut mampu menumbuhkan rasa percaya diri anak atau justru menghancurkannya."

  • Sebagai orangtua, dari kisah di atas dapat kita ambil sebagai pelajaran bagaimana melalui keteladanan orangtua ternyata hal tersebut mampu membimbing anak tumbuh dengan cerdas. Saya juga sangat tertarik dengan apa yang dikatakan Rizqi diakhir sesi wawancaranya, "Ucapan orangtua bagaikan sebuah mantera ajaib, bahwa melalui ucapan orangtua hal tersebut mampu menumbuhkan rasa percaya diri anak atau justru menghancurkannya." Perkataan tersebut saya coba renungkan dan sampailah saya pada kesimpulan bahwa memang tidak ada hal lain yang lebih bermanfaat yang bisa orangtua berikan kepada anak kecuali melalui ucapan-ucapan yang mampu menumbuhkan semangat dan motivasi

  • Fasilitas kenyamanan serta kemewahan yang mungkin mampu diberikan oleh orangtua sesungguhnya tidak terlalu berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan anak. Hal-hal tersebut hanyalah bersifat sementara, tetapi melalui ucapan-ucapan orangtua yang penuh semangat dan motivasi, hal-hal tersebut justru yang paling dibutuhkan oleh anak-anak agar mereka mampu menghadapi setiap tantangan yang ada.

  • Tidak bisa dibayangkan, betapa banyak anak di dunia ini tumbuh tanpa pernah bisa merasakan dukungan serta motivasi dari kedua orangtuanya. Mereka terpaksa harus berjuang melalui kemampuan diri sendiri agar bisa bersaing dalam kehidupan yang setiap hari makin sulit. Tentu saja hasilnya tidak akan maksimal, padahal jika orangtua mau peduli sebetulnya anak-anak tersebut pasti akan mampu menemukan potensi terbaik dirinya dan bahkan mungkin bisa melebihi kemampuan yang Rizqi miliki.

  • Sebagai orangtua apa yang Anda dambakan dari buah hati Anda bisa raih?

  • Advertisement
  • Harapan-harapan yang selama ini Anda miliki kepada buah hati Anda, semua itu bisa terwujud asalkan Anda bersedia membantunya memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Jangan pernah menuntut anak untuk menjadi seperti apa yang Anda harapkan, tetapi Anda sama sekali tidak pernah membantunya. Sebagai orangtua Anda harus ingat, setiap anak dilahirkan dengan kemampuan mereka masing-masing, sehingga menggali potensi terbaik seorang anak adalah cara terbaik daripada memaksakan sesuatu yang mungkin tidak mereka kuasai.

  • Kecerdasaan seorang anak bagaikan sebuah mutiara, akan terus bersinar jika Anda sebagai orangtuanya mampu memolesnya. Bantulah anak-anak Anda menemukan potensi terbaik diri mereka, jangan pernah paksakan sesuatu yang jauh dari kemampuannya. Melalui ilustrasi berikut semoga mampu menyadarkan Anda betapa, "Kita tidak bisa memaksa seekor monyet agar mampu berenang secepat ikan, begitu pula kita tidak bisa memaksa seekor kura-kura agar mampu berlari secepat kuda. Tetapi, setiap makhluk telah diberikan karunia terbaik mereka masing-masing yang tidak dimiliki oleh makhluk yang lain, sehingga setiap orang boleh merasa bersyukur".

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Ucapan orangtua berpengaruh pada kecerdasan anak

Ucapan orangtua bagaikan sebuah mantera ajaib. Setiap kalimat yang terucap mampu menumbuhkan memiliki dua kekuatan; antara rasa percaya diri atau justru menghancurkannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr