Duh, bagaimana caranya menghindarkan anak-anak dari pengaruh buruk internet?

Internet memang bisa menjadi jendela pengetahuan, tapi di saat yang bersamaan bisa juga memberi dampak buruk kepada anak-anak. Tugas orangtua adalah melindungi anak-anak dari bahaya internet.

242 views   |   shares
  • Internet memang bisa menjadi jendela pengetahuan. Tapi ada juga pengaruh buruk yang ditimbulkan. Internet memberikan akses mudah untuk berita-berita yang kurang baik, yang mengandung kekerasan, maupun pornografi. Hal ini tentu tidak baik untuk anak-anak, dan sudah menjadi tugas orangtua untuk melindungi anak-anak dari pengaruh negatif internet. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya:

  • 1. Mengajarkan penggunaan internet yang baik

  • Ajarkan anak tentang penggunaan internet. Kita dapat memberikan beberapa situs-situs referensi pendidikan yang dapat mereka kunjungi untuk menambah ilmu pengetahuan. Bagikan juga situs-situs hiburan yang sudah Anda pelajari sebelumnya yang cocok untuk usia anak Anda.

  • 2. Dampingi mereka saat menggunakan internet

  • Dampingi anak Anda saat menggunakan internet. Banyak orang tua yang membiarkan anak balita bermain internet dengan smartphone atau tablet sendirian. Hati-hati, mereka bisa saja melihat hal-hal yang kurang baik di situs-situs. Jika mereka memiliki pekerjaan rumah yang memerlukan internet, bimbing mereka saat mengerjakan tugas. Jelaskan juga pengaruh buruk internet karena lebih baik Anda yang menjelaskan daripada mereka mencari tahu di luar rumah. Rumah selalu menjadi tempat pendidikan yang terbaik.

  • 3. Letakkan alat elektronik di tempat yang mudah terlihat

  • Untuk memudahkan Anda memantau penggunaan internet di rumah, letakkan komputer atau laptop di tempat yang mudah terlihat dari sudut manapun di rumah. Bagi anak yang menggunakan smartphone, buat peraturan untuk tidak menggunakan smartphone pada jam-jam yang sudah Anda tentukan dan tidak dibawa ke dalam kamar. Hal ini akan mengurangi niat anak untuk melihat hal-hal buruk di internet. Anda juga dapat menegur mereka saat mereka menggunakan internet terlalu lama atau melihat hal-hal yang kurang baik. Mereka pun dapat melihat bagaimana Anda menggunakan internet.

  • 4. Gunakan perangkat lunak dan firewall

  • Ada beberapa perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk memblokir situs-situs yang kurang baik. Perangkat tersebut akan memblokir secara otomatis situs-situs yang memang dikenal bermuatan negatif. Alat tersebut juga akan memberikan pesan bahwa situs yang dikunjungi kurang baik dan mengingatkan bagaimana penggunaan internet yang baik. Sama halnya dengan firewall yang merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai pintu keluar-masuk jaringan internet di rumah Anda. Firewall sudah memiliki software khusus memblokir situs-situs tertentu. Anda juga dapat belajar untuk menambahkan situs-situs yang Anda rasa kurang baik dalam daftar diblokir.

  • Advertisement
  • Sebagai orangtua, kita memiliki tanggung jawab untuk melindungi anak kita dan membekali mereka dengan pengetahuan-pengetahuan yang dapat membantu sesuai perkembangan zaman. Kita juga harus mengikuti perkembangan internet untuk mengetahui apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk melindungi anak kita dari pengaruh buruk internet.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Duh, bagaimana caranya menghindarkan anak-anak dari pengaruh buruk internet?

Internet memang bisa menjadi jendela pengetahuan, tapi di saat yang bersamaan bisa juga memberi dampak buruk kepada anak-anak. Tugas orangtua adalah melindungi anak-anak dari bahaya internet.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr