Dampak yang dialami anak jika sering dimarahi di depan umum

Memang ada saat orangtua harus bersikap tegas kepada anak mereka sebagai bentuk kepedulian orangtua terhadap anak mereka. Tak jarang banyak orangtua yang memarahi anak mereka untuk mendidik dan mengajarkan hal – hal positif kepada si anak.

1,104 views   |   shares
  • Bersyukurlah jika saat ini Anda memiliki buah hati, karena tidak setiap orang mendapat berkat ini. Setelah kita dikaruniai anak, tugas kita sekarang adalah menjaga kepercayaan yang telah diberikan Tuhan untuk merawat anak tersebut. Terkadang merawat dan membesarkan terlihat mudah tetapi sebenarnya susah jika kita tidak mengerti cara merawat anak. Setiap anak memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Memang ada saat orangtua juga harus bersikap tegas kepada anak mereka sebagai bentuk kepedulian orangtua terhadap anak mereka. Tak jarang banyak orangtua yang memarahi mereka, untuk mendidik dan mengajarkan hal - hal positif kepada anak. Ada juga orangtua yang saking kesalnya memarahi anak mereka di depan umum. Sadarkah Anda sebagai orangtua bahwa sering memarahi anak di depan umum dapat menimbulkan hal - hal negatif kepada si anak?

  • 1. Harga diri dan malu

  • Apakah Anda menyadari hal yang dirasakan oleh anak yang sedang dimarahi oleh orangtuanya di tempat umum? Penurunan atau bahkan hilangnya rasa harga diri bagi si anak, apalagi jika anak tersebut sudah cukup besar pasti beban rasa malu itu akan semakin besar lagi.

  • 2. Cenderung susah untuk bersosialisasi

  • Karena rasa malu yang sering mereka rasakan tentunya kepercayaan diri mereka juga menurun. Hal ini berdampak juga pada hubungan sosial mereka, kepercayaan diri memang dibutuhkan saat kita sedang bersosialisasi dengan orang lain. Begitu juga dengan anak - anak, karena orang tuanya sering melakukan tindakan ini dan juga menyebutnya dengan sebutan bodoh, tidak berguna, dan lain sebagainya hal itu akan tertanam dalam pikiran mereka sehingga penilaian terhadap diri mereka sendiri negatif juga.

  • 3. Menurunnya inisiatif diri sendiri

  • Mereka akan takut untuk bertindak sesuai dengan kata hati mereka, sehingga mereka cenderung menunggu seseorang atau orangtua mereka menyuruh mereka untuk melakukan sesuatu. Karena hal ini juga kemampuan anak untuk berani bertindak akan menurun. Jika hal seperti ini terjadi, perilaku anak cenderung lebih pasif dan nyaman dengan keadaan diam saja.

  • 4. Gangguan proses perkembangan anak

  • Potensi gangguan tumbuh kembang anak juga berpengaruh, yang dikhawatirkan jika hal - hal negatif yang timbul karena perlakuan orangtua yang seperti ini terbawa sampai dewasa nantinya. Kecenderungan untuk menjadi pribadi yang lemah kelak akan terjadi jika mereka tidak segera diberi motivasi dan penanganan khusus. Jika sudah dewasa kebiasaan buruk tersebut akan sulit sekali untuk diubah.

  • Advertisement
  • 5. Hubungan orangtua dan anak tidak baik

  • Ketidaknyamanan terhadap prilaku orangtua akan mereka rasakan. Ini juga menjadikan anak memiliki pribadi yang tertutup dan takut mengemukakan pendapatnya, anak cenderung akan menyimpan sendiri masalah yang sedang dihadapi karena takut orangtua marah - marah kembali. Sehingga hubungan anak dan orangtua menjadi terganggu.

  • 6. Meniru dan menurunkan kebiasaan buruk ini di masa depan

  • Memang hal ini bukan sesuatu yang baik dan mendidik bagi anak. Sering memarahi anak di depan umum juga dapat menanamkan ajaran atau perbuatan yang tidak terpuji kepada anak. Kelak hal ini dapat saja dilakukannya entah itu kepada temannya, istrinya, dan mungkin juga kepada anaknya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Dampak yang dialami anak jika sering dimarahi di depan umum

Memang ada saat orangtua harus bersikap tegas kepada anak mereka sebagai bentuk kepedulian orangtua terhadap anak mereka. Tak jarang banyak orangtua yang memarahi anak mereka untuk mendidik dan mengajarkan hal – hal positif kepada si anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr