5 tips membentuk tubuh ideal pasca-melahirkan

Untuk bisa mendapatkan kembali berat badan ideal sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, hanya dibutuhkan konsisten dalam menerapkan gaya hidup sehat.

418 views   |   shares
  • Saat mengandung, wanita mengalami perubahan drastis pada bentuk tubuhnya. Terkadang hal ini sering membuat para wanita akhirnya menjadi minder dan tidak lagi percaya diri. Menanggapi hal ini, ibu Retno Kristanti seorang instruktur senam dan juga ahli kesehatan dalam sebuah acara talkshow tentang kesehatan yang diselenggarakan oleh salah satu bank swasta di kota Jember beberapa waktu lalu mengatakan bahwa para wanita yang baru melahirkan seharusnya tidak perlu merasa risih dan berkecil hati dengan bentuk tubuhnya yang melar akibat proses kehamilan. Melalui sebuah upaya kecil apabila itu dilakukan secara rutin hasilnya dapat mengembalikan bentuk tubuh mereka menjadi ideal seperti sedia kala. Ingin tahu caranya?

  • 1. Mengatur pola makan

  • Konsisten menjalani gaya hidup sehat adalah kunci. Terapkan diet secara ketat dan hindarilah mengonsumsi makanan manis. Akan tetapi, jangan lupa diet yang dijalankan harus tetap bergizi karena Anda tak boleh melupakan ASI. Sebaiknya Anda melakukan diet secara bertahap sampai tiba saatnya bagi bayi Anda siap untuk diberi makanan pendamping selain ASI.

  • 2. Beraktivitas

  • Jangan minder dengan bentuk tubuh Anda yang melar setelah melahirkan, karena ini adalah hal yang wajar. Nah, untuk bisa mengembalikan bentuk tubuh Anda supaya menjadi ideal seperti sedia kala Anda dianjurkan untuk secara rutin melakukan beberapa aktivitas, seperti jalan kaki, lari, bersepeda, berenang,

  • 3. Tidur yang cukup

  • Selama masa kehamilan dan ketika bayi Anda sudah lahir mungkin Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak karena harus menjaga dan merawatnya. Akan tetapi, sebuah penelitian menyebutkan seseorang yang tidur kurang dari delapan jam sehari akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badannya karena saat lelah tubuh manusia mengeluarkan hormon-hormon penyebab stress sehingga memicu bertambahnya berat badan seseorang.

  • 4. Bermain dengan bayi

  • Menggendong atau jalan-jalan menggunakan stroller adalah cara yang menyenangkan untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh Anda. Lakukanlah hal ini secara rutin baik di pagi atau sore hari, niscaya berat badan Anda akan berangsur-angsur turun.

  • 5. Yoga

  • Menurut sebuah penelitian yoga selain dapat dijadikan sebagai terapi untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh supaya lebih ideal juga dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang. Melalui yoga pula tubuh Anda akan dilatih supaya menjadi lebih kuat, fleksibel, memperbaki postur tubuh, mencegah reumatik, memperkuat tulang punggung, mencegah pengeroposan tulang, menguatkan jantung, melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, mencegah alzheimer, dan membuat perasaan jadi lebih bahagia.

  • Advertisement
  • Ketika seorang wanita hamil dan kemudian melahirkan buah hatinya, sesungguhnya tidak ada alasan bagi dirinya untuk menyesali perubahan bentuk fisiknya karena hal ini adalah wajar. Sah-sah saja bila Anda ingin mengembalikan bentuk tubuh Anda supaya bisa langsing kembali, akan tetapi jangan sampai hal tersebut mengorbankan kesehatan tubuh Anda dan si bayi. Tunggulah sampai anak Anda tercukupi kebutuhan akan gizi bagi pertumbuhannya, dan setelah itu Anda bisa fokus untuk memperoleh bentuk tubuh ideal seperti yang Anda harapkan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 tips membentuk tubuh ideal pasca-melahirkan

Untuk bisa mendapatkan kembali berat badan ideal sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, hanya dibutuhkan konsisten dalam menerapkan gaya hidup sehat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr