Hidup lebih hidup dengan kehadiran sobat masa kecil

Bila Anda memiliki seorang sahabat sejak kecil bukankah rasanya seperti mempunyai seorang saudara walau tidak ada pertalian darah?

191 views   |   shares
  • "No man is an island," kata John Donne, seorang penyair Inggris di abad pertengahan. Maksudnya seorang manusia tidak dapat hidup menyendiri terpisah dari lingkungannya bagaikan sebuah pulau kecil di tengah samudra luas. Dia tidak dapat hidup sendiri tanpa seorang teman atau sahabat, terutama jika dia lahir sebagai anak tunggal. Bila Anda memiliki seorang sahabat sejak kecil bukankah rasanya seperti mempunyai seorang saudara walau tidak ada pertalian darah? Itulah yang saya rasakan terhadap sahabat-sahabat saya. Kami biasa ke mana-mana bersama. Sejak bisa bersepeda sendiri kami pergi dan pulang dari sekolah beriringan. Ketika remaja kami pergi ke pusat pertokoan, ke tempat ibadat bersama, makan-makan di warung pojok, saling mengunjungi dan melewatkan waktu dengan mengobrol. Apa yang menyebabkan persahabatan kami tahan begitu lama?

  • Saling menghargai

  • Kadang-kadang ada orang yang memperlakukan temannya seperti saudaranya, bukan hanya dalam segi-segi yang baik namun juga dalam segi-segi yang buruk. Terutama kaum pria yang masih muda, mereka sering kali bercanda secara kasar, saling mengejek, saling mencaci, bahkan tidak jarang bergumul. Hubungan yang terlalu dekat membuat mereka tidak lagi sungkan-sungkan terhadap sahabatnya, sesuatu yang biasa kita lakukan di antara anggota keluarga. Terkadang dengan hilangnya rasa sungkan, hilang pula sikap saling menghargai. Padahal sikap ini adalah penting untuk memelihara hubungan baik antar sahabat.

  • Susah senang bersama

  • Dua orang sahabat yang setia tidak akan memperhitungkan kaya atau miskin sahabatnya. Kakak lelaki saya waktu masih muda mempunyai sahabat karib yang hidupnya kekurangan. Tidak jarang ibu saya marah karena baju-baju yang baru dibelinya untuk kakak saya tidak ada di lemari, tahu-tahu sahabatnya itu datang memakai baju-baju tersebut. Kata kakak saya dia kasihan terhadap sahabatnya yang melarat. Dia sering mengajak temannya makan di rumah kami. Bahkan tidak jarang dia meminjamkan sepeda motornya kepada sahabatnya itu. Akhirnya sesudah mereka dewasa dan bekerja, masing-masing telah berkeluarga, sahabat kakak saya itu serta anak istrinya hidup berkecukupan dan biar pun kemudian tinggal berlainan kota dia masih suka menjenguk kakak saya untuk pergi memancing berdua seperti ketika mereka masih muda.

  • Saling memahami

  • Sebetulnya salah satu hal penting yang membuat sebuah persahabatan langgeng adalah unsur saling memahami. Pada saat sahabat saya mempunyai pacar saya tahu diri dan tidak merasa iri atau ingin mengganggu kebahagiaan mereka. Walau karena itu kami jadi agak jarang bertemu, kami masih suka berbicara lewat telepon. Ketika akhirnya hubungan mereka putus, sahabat saya mencurahkan semua uneg-unegnya kepada saya. Saya juga mendengarkan dengan seksama tanpa komentar. Sewaktu saya pindah ke luar kota kami masih tetap rajin berhubungan dengan surat, telepon dan email. Sekarang meski kami dipisahkan oleh benua dan lautan, kami tetap rajin menjalin hubungan melalui Facebook.

  • Advertisement
  • Saling memaafkan

  • Betapa pun baiknya suatu hubungan suatu ketika tentu pernah dibayangi awan kelabu. Maklumlah dua orang manusia dengan segala kekurangannya pasti sesekali lalai dan berbuat kesalahan terhadap satu sama lain. Namun karena mempertimbangkan nilai persahabatan mereka, kesalahan itu dapat saja dimaafkan. Dua orang sahabat yang bijak dan berlapang dada tentu tidak akan membiarkan persoalan sepele memutuskan tali persahabatan yang telah lama terjalin. Ketika saya masih berstatus lajang, saya tertarik kepada seorang pemuda. Sebaliknya dari meluangkan jalan bagi kami berdua sahabat saya seakan-akan berusaha menyabot hubungan saya dan pemuda itu. Saya memang tidak berniat serius mengingat rintangan-rintangan lain yang ada, jadi dengan lapang dada saya memaafkan perbuatannya.

  • Saling memberi dorongan

  • Sahabat yang baik tidak akan membiarkan teman dekatnya menderita dan siap memberikan dorongan bilamana perlu. Entah itu dalam hal karir, cinta, keuangan mau pun hal-hal lainnya, seorang sahabat dapat memberi semangat dan dorongan moril agar cita-cita teman baiknya tercapai. Mereka juga dapat saling membesarkan hati bila sedang dilanda stres atau depresi.

  • Dari deskripsi tentang sahabat di atas, apakah Anda teringat seseorang nun jauh di sana?

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hidup lebih hidup dengan kehadiran sobat masa kecil

Bila Anda memiliki seorang sahabat sejak kecil bukankah rasanya seperti mempunyai seorang saudara walau tidak ada pertalian darah?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr