Waspadai aksi kejahatan di jalan dengan 7 aturan ini

Ada baiknya sebelum Anda menjadi korban kejahatan, kembali saya mengingatkan kepada Anda untuk selalu waspada dan mencegah kejahatan tersebut.

359 views   |   6 shares
  • Kehidupan di kota besar penuh dengan beranekaragam masalah yang memerlukan totalitas diri Anda untuk selalu waspada. Banyak pengalaman yang pernah terjadi misalnya perampokan di jalan tetapi kejadian sudah lama terjadi. Dan ketika hal itu terjadi dan terulang lagi apa yang seharusnya di lakukan si pengendara mobil. Inilah kisah nyata yang saya sendiri alami ketika mengendarai mobil.

  • Pencurian dengan memanipulasi si pengendara mobil

  • Kejadian yang saya alami itu dimulai setelah mengantar menantu saya pulang ke rumahnya setelah berkunjung ke rumah saya. Seperti biasa saya melalui jalan yang sama untuk pulang menuju ke rumah. Saat mengendarai mobil ada dua orang pengendara motor di samping mobil saya mengatakan sambil menunjuk kearah sekrup ban belakang. Lima menit kemudian dua orang pengendara motor mengatakan hal yang sama lagi. Saya tetap berjalan terus dan tak lama kemudian ada dua orang lagi mengatakan bahwa sekrup roda belakang lepas. Akhirnya setelah pengendara motor ketiga saya memutuskan memarkir kendaraan ke pinggir jalan. Setelah melihat keadaan roda belakang sebelah kanan tidak ada sekrup yang lepas saya menyadari bahwa saya telah di manipulasi oleh ke enam orang pengedara motor tersebut. Segera saya masuk ke dalam mobil dan mendapati tas saya telah hilang yang diambil dari pintu belakang sebelah kiri. Perlu Anda ketahui kejadiannya di jalan yang ramai tetapi ketika saya menepi tidak ada orang di sekitar situ dan jumlah orang yang mengatakan roda belakang bermasalah ada enam orang. Saya merasa bahwa dua motor yang mengatakan itu tidak cukup meyakinkan saya tetapi ketika yang ke tiga membuat saya penasaran ingin melihat keadaan ban belakang mobil. Saya tidak menyangka bahwa mereka adalah bagian dari komplotan pencuri karena jumlahnya begitu banyak orang yang mengingatkan saya tentang hal itu. Selalu waspada saat Anda berkendara mobil atau motor, apalagi jika Anda sendiri, berikut tips untuk menghindari pencurian.

  • 1. Kenali Modusnya

  • Saat ini telah banyak modus penipuan dan perampokan yang sudah sering di beritakan di TV maupun koran-koran, kenalilah beberapa modus-modus yang sering terjadi dilingkungan kita, seperti perampok berbohong mengatakan ban bocor, atau perampok melemparkan telur dikaca mobil hingga pengendara tidak dapat melihat, atau perampok berpura-pura meminta pertolongan dijalan sepi dan masih banyak lagi. Jika Anda telah mengetahui modus ini dapat membantu Anda untuk tidak mudah terkecoh.

  • 2. Mengenal kondisi kendaraan dengan baik

  • Advertisement
  • Ketika Anda sedang mengendarai mobil dan bila ada orang yang mengatakan mobil Anda bermasalah jangan mudah terkecoh. Anda harus mengenal kondisi keadaan mobil dengan baik dan bila merasa nyaman tetap jalan terus jangan berhenti. Dan memperhatikan keadaan sekitar lingkungan apakah cukup aman atau tidak bagi keselamatan Anda.

  • 3. Jangan mudah panik

  • Kenalilah diri Anda dengan baik bila Anda mudah panik usahakan untuk tetap tenang. Karena bila panik banyak hal yang dilakukan diluar kendali Anda. Katakan pada diri Anda bahwa Anda akan baik-baik saja dan bisa mengatasinya. Percaya pada diri sendiri dengan demikian Anda akan berani menghadapi segala masalah.

  • 4. Konsentrasi sewaktu mengendarai mobil

  • Tetap fokus ke arah jalan yang harus dilalui dan memandang ke depan jangan sampai tergoda dengan gangguan diluar yang mana kadang kala pengendara motor menabrakan dirinya ke mobil Anda. Dan modus lainya seperti yang diceritakan diatas tadi.

  • 5. Aktifkan selalu telepon genggam Anda

  • Jika Anda merasa kuatir dengan keadaan mobil Anda sebaiknya hubungi keluarga terdekat. Upayakan untuk tidak keluar dari mobil dulu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila Anda merasa aman dan telah mendapatkan masukan barulah Anda melanjutkan perjalanan lagi.

  • 6. Jangan menyimpan barang berharga di tempat yang terlihat

  • Pada kejadian yang saya alami ada satu tas berukuran sedang dan sebuah koper kecil. Tas itu saya taruh di lantai kursi belakang belakang ditutupi oleh selendang tebal.Sebaiknya Anda menaruh dibawah kursi Anda sehingga agak sulit untuk meraihnya atau mencurinya.

  • 7. Sediakan alat penangkal kejahatan

  • Ada pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan Anda. Ketika keluar rumah Anda perlu selalu waspada karena kejahatan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Bawalah selalu alat yang dapat membantu untuk menangkal kejahatan misalnya, tongkat kejut listrik, semprotan merica yang merupakan alat jaga diri yang praktis dan ampuh.

  • Kesiapan diri Anda ketika akan keluar rumah menolong dalam mengantisipasi keadaan yang akan terjadi. Ada baiknya sebelum Anda menjadi korban kejahatan, kembali saya mengingatkan kepada Anda untuk selalu waspada dan mencegah kejahatan tersebut. Hindari peluang yang dapat terjadi pada diri Anda misalnya, menghindari jalan-jalan yang rawan perampokan, tidak memakai perhiasaan yang berlebihan atau tidak membawa barang berharga ketika Anda keluar rumah.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Waspadai aksi kejahatan di jalan dengan 7 aturan ini

Ada baiknya sebelum Anda menjadi korban kejahatan, kembali saya mengingatkan kepada Anda untuk selalu waspada dan mencegah kejahatan tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr