Tahukah Anda? Cara berpakaian menunjukkan penghargaan terhadap diri Anda sendiri

Hargailah diri Anda dengan cara Anda berpakaian dimanapun dan kapanpun Anda berada, meskipun bila Anda sedang berada di rumah.

12,214 views   |   107 shares
  • Cara Berpakaian Anda Menunjukkan Penghargaan Terhadap Diri Anda

  • Oleh: Agung Candra Setiawan

  • Ketika berkunjung ke sebuah rumah makan bersama beberapa teman sepulang kerja, salah seorang teman saya tiba-tiba bangkit dari kursinya dan menuju ke meja kasir untuk meminjam remote tv. Malam itu sepertinya dia sedang teringat sesuatu, sebuah acara televisi yang dia tidak ingin lewatkan, yaitu sebuah acara penganugerahan bagi para insan pertelevisian, Academy Awards. Acara makan bersama kami sedikit terganggu oleh ulah salah satu rekan kami ini, hampir setengah jam kami berada di rumah makan tersebut, selama itulah dia menyaksikan acara tersebut dengan sangat antusias.

  • Penasaran dengan acara tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk ikut bergabung dengannya. Di tengah-tengah acara tersebut, tiba-tiba dia berbicara kepada saya, lihat betapa anggunnya para aktris yang sedang berjalan di karpet merah itu. Sebagai seorang pria, saya melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang biasa dan wajar karena itu adalah sebuah acara besar, tidak mungkin para aktris tersebut berdandan dan memakai baju yang asal-asalan. Tapi bagi teman perempuan saya ini, hal tersebut sangat menarik minatnya akan cara berbusana mereka. Saya akui, bahwa teman saya ini sangat modis, dia sangat pandai mempadu-padankan pakaian, dan apa pun yang dia kenakan selalu sangat pas dan enak dipandang.

  • Saya jadi teringat orang tua saya ketika saya masih kecil, sebagai seseorang yang terlahir bersuku Jawa, beliau selalu menasihati saya agar selalu berpakaian yang sopan, kapan dan di mana pun saya berada. Dengan kata-katanya yang selalu diucapkan kepada saya, "_Ajining Raga Saka Busana_", melekat kuat dalam ingatan saya.

  • Ajining Raga Saka Busana, bila diterjemahkan berarti "Menghargai Diri dengan Cara Berpakaian". Sangat masuk akal sekali memang, bahwa tubuh kita telah diciptakan oleh Tuhan dengan sangat sempurna, namun kesempurnaan tubuh yang telah Tuhan berikan kepada masing-masing dari kita, akan "rusak" bila kita berpakaian dengan asal-asalan, tidak hanya diri sendiri yang dirugikan tetapi orang lain yang memperhatikan juga tidak akan respek kepada kita.

  • Untuk menghargai tubuh kita, tentunya kita tidak perlu harus berpakaian semewah yang para aktris dan aktor dalam acara tersebut kenakan. Cukup berpakaianlah secara sopan, nyaman dan sesuaikan dengan postur tubuh Anda masing-masing. Kadang ada seseorang yang terlalu percaya diri, memaksakan mengenakan pakaian yang sebenarnya tidak sesuai dengan postur tubuhnya, alih-alih mendapatkan simpati justru cibiran dari orang-orang yang melihatnya.

  • Advertisement
  • Cara berpakain kita juga menunjukkan rasa hormat kita kepada Tuhan yang telah memberikan tubuh ini kepada kita.

  • Pernahkan Anda menyaksikan seorang pemimpin tertinggi sebuah negara baik itu presiden, ratu atau raja, mengenakan pakaian awut-awutan di hadapan publik, saya kira tidak akan pernah. Mereka memahami bahwa cara berpakaian mereka berkaitan erat dengan harkat dan martabat bangsa negaranya. Para pemimpin negara tersebut mewakili rakyatnya dikancah dunia, jika para pemimpin negara tersebut tidak berpakaian dengan sopan, maka tidak menutup kemungkinan negara-negara lain berkenan untuk menghormatinya.

  • Begitu pula cara berpakaian kita, cara berpakaian kita menentukan nilai kita di hadapan orang lain. Sangat tidak mungkin bila Anda sedang mencari pekerjaan, pada sesi wawancara Anda akan berpakaian secara asal-asalan, bila Anda melakukannya, tidak menutup kemungkinan lamaran Anda akan langsung ditolak, karena Anda sudah menunjukkan rasa tidak hormat, tidak hanya menghormati diri sendiri tapi juga tidak menghormati pewawancara di mana Anda sedang mengajukan lamaran pekerjaan.

  • Hargailah diri Anda dengan cara Anda berpakaian di mana pun dan kapan pun Anda berada, meskipun bila Anda sedang berada di rumah. Agar terbiasa dengan cara berpakaian yang sopan, hendaknya sudah diajarkan kepada setiap orang saat mereka masih kecil. Cara berpakaian memang kelihatannya sepele tapi memiliki pengaruh terhadap diri seseorang. Tidak jarang cara berpakaian kita juga dapat menentukan keberhasilan karir kita. Cara berpakaian kita dapat mempengaruhi orang lain untuk menghormati kita, apa pun keadaan ekonomi kita. Dan hal terakhir yang paling penting adalah, bahwa cara berpakaian kita menunjukkan rasa hormat kita terhadap Tuhan, diri sendiri dan keluarga yang kita kasihi.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tahukah Anda? Cara berpakaian menunjukkan penghargaan terhadap diri Anda sendiri

Hargailah diri Anda dengan cara Anda berpakaian dimanapun dan kapanpun Anda berada, meskipun bila Anda sedang berada di rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr