Ayo belajar Matematika di luar kelas!

Mencintai Matematika penting untuk Anda kenalkan kepada anak. Caranya pun mudah dan menyenangkan. Tanpa tabel rumus dan kalkulator canggih, ataupun duduk berlama-lama di depan meja.

422 views   |   2 shares
  • Dari dulu hingga kini, Matematika masih menjadi salah satu pelajaran yang ditakuti oleh anak-anak. Padahal, Matematika bukan dunia hafalan rumus dan simbol-simbol memusingkan kepala semata. Ia menyimpan aneka fakta dan ilmu menarik yang berguna untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan manusia. Mengenalkan anak dengan Matematika menggunakan metode belajar yang menarik dapat Anda lakukan sendiri, lho! Tak perlu belajar di kelas atau di depan meja, Matematika bisa dipelajari pada tempat dan situasi berikut ini.

  • Saat membantu Bunda di dapur

  • Sambil meramu hidangan yang menggugah selera, Anda dapat menyelipkan materi ilmu ukur kepada anak. Gunakan timbangan ketika menyiapkan bahan-bahan membuat kue sesuai bobot yang diperlukan. Manfaatkan gelas ukur untuk menunjukkan cara membaca volume cairan. Pergunakan jam untuk belajar tentang pengukuran waktu sambil memanggang dalam oven. Kenalkan operasi pembagian saat memasukkan biskuit ke dalam wadah penyimpanan dan konsep pecahan saat memotong satu kue bolu besar menjadi beberapa bagian.

  • Saat berkendara dalam perjalanan

  • Dalam perjalanan, anak kerap merasa bosan. Di sinilah Anda dapat menggunakan Matematika untuk mengisi waktu luang selama berkendara. Permainan plat mobil bisa menjadi sarana belajar penyebutan bilangan, penjumlahan, dan nilai digitnya. Menghitung banyaknya roda dapat dikaitkan dengan operasi perkalian. Untuk tingkat lebih tinggi, anak dapat diperkenalkan dengan konsep kecepatan, jarak, dan waktu tempuh dalam perjalanan. Peta pun dapat Anda pakai untuk perhitungan skala dan jarak antar tempat.

  • Angka, bentuk, dan keranjang belanja

  • Pasar swalayan dan toko serba ada merupakan tempat lain yang bisa dieksplorasi untuk belajar Matematika. Kemampuan aritmatika sosial diasah melalui operasi penggunaan uang sebagai alat pembayaran. Dari lorong-lorong aneka barang, anak dapat belajar dasar pengenalan dan pengelompokan berbagai bentuk bangun ruang serta sudut. Adanya diskon menyediakan kesempatan bagi anak untuk menghitung harga dari konsep persentase potongan harga.

  • Saat menunggu di ruang dokter

  • Tak ada hal yang lebih merisaukan anak Anda dari menanti dipanggilnya nama Ananda di ruang tunggu dokter. Redakan kecemasan dan kejenuhan anak sambil belajar Matematika. Konsep pengurutan bilangan dasar bisa ditemui dari nomor antrean. Timbangan dan alat ukur tinggi badan menjadi alat yang pas untuk belajar tentang pengukuran massa dan panjang. Jumlah antrean dan waktu pelayanan adalah hal-hal lain yang juga dapat dihitung oleh anak. Tanpa terasa, waktu pun berlalu dengan sederet ilmu berguna telah terserap.

  • Advertisement
  • Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan cara belajar Matematika seperti ini adalah :

    1. Utamakan penjelasan konkret menggunakan benda nyata untuk membangun pemahaman dasar anak.

    2. Lanjutkan dengan aktivitas yang bersifat hands-on di mana anak terlibat langsung secara aktif dalam proses pembelajaran. Anda tak perlu membeli perangkat canggih atau peralatan impor berharga mahal, kreasikan benda-benda di sekitar Anda sebagai alat bantu ajar.

    3. Untuk usia prasekolah, hindari penggunaan istilah atau simbol teknis dan pilih kata-kata sederhana yang lebih mudah dipahami, seperti banyak, sedikit, besar, kecil, dan sejenisnya.

    4. Arahkan anak untuk mengenali permasalahan yang harus dipecahkan dan beberapa alternatif solusi, sebelum akhirnya memilih solusi yang menurutnya paling tepat. Ini adalah pendekatan efektif yang nantinya diterapkan saat anak berhadapan dengan soal cerita di sekolah.

    5. Matematika bukan dihafalkan, tetapi dipahami! Ucapkan mantra ini berkali-kali bersama anak Anda. Perspektif seperti inilah yang perlu dimiliki oleh setiap orangtua supaya anak tidak tertekan belajar Matematika dalam masa sekolahnya.

  • Melalui pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan, anak akan mencintai Matematika tanpa beban. Mereka pun dengan mudah menggunakan pendekatan ilmu pasti ini saat berhadapan dengan aneka masalah di kehidupan nyata, tanpa panik membuka tabel rumus dan kalkulator sains keluaran terbaru.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Ayo belajar Matematika di luar kelas!

Mencintai Matematika penting untuk Anda kenalkan kepada anak. Caranya pun mudah dan menyenangkan. Tanpa tabel rumus dan kalkulator canggih, ataupun duduk berlama-lama di depan meja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr