5 ide liburan sederhana namun bermakna

Liburan ideal seringkali terhambat oleh banyak halangan, mulai dari kemacetan, cuaca buruk hingga biaya yang mahal. Ternyata, liburan keluarga yang menyenangkan dapat berawal dari kegiatan di sekitar rumah Anda. Simak 5 ide liburan berikut ini!

944 views   |   9 shares
  • Hari libur adalah surga bagi keluarga. Kapan lagi Ayah dan Bunda bisa bersenang-senang sepuasnya dengan Ananda tercinta? Sayang, ide liburan ideal seringkali terbentur oleh berbagai hal yang tidak mengenakkan. Antrean kemacetan di sepanjang jalur liburan, cuaca yang tidak bersahabat, hingga mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan dan liburan yang spektakuler. Padahal, banyak kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk mengisi dan menjadikan liburan penuh makna. Inilah lima ide liburan baru yang dapat Anda coba.

  • 1. Berbagi itu indah

  • Kepekaan sosial adalah satu modal penting yang perlu dimiliki seseorang untuk menjadikan hidupnya tidak hampa. Anda bisa mengasah kepekaan sosial si Kecil sejak dini dengan mengajarkannya berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung. Datanglah ke panti dan jadilah relawan pembaca buku bagi penyandang tuna netra. Kunjungi anak-anak penderita kanker dan persembahkan hiburan lagu atau dongeng menarik untuk membangkitkan semangat hidup mereka. Bagikan nasi bungkus kepada mereka yang beraktivitas di jalan-jalan dekat rumah Anda, seperti petugas kebersihan, pemulung, atau tuna wisma. Sedikit aksi nyata dengan manfaat luar biasa. Anak-anak pun dapat memetik pelajaran berharga dan tumbuh menjadi seseorang dengan kepedulian tinggi terhadap sesama.

  • 2. Nyeni di rumah

  • Menyalurkan bakat seni dan kreativitas tanpa batas dapat dimulai dari rumah Anda. Bebaskan imajinasi dan mulailah mendekorasi ulang rumah dengan produk buatan sendiri, seperti pernak-pernik cantik dari barang bekas, yang tentu ramah bagi lingkungan dan kantong Anda. Mural atau lukisan dinding buatan anak-anak untuk menghiasi kamar tidur, pun akan lebih berkesan dari karya seni kelas galeri. Tak ada tempat tinggal sehangat rumah yang dipelihara dan diperindah dengan buah karya penghuninya.

  • 3. Aku sayang bumi

  • Kala manusia begitu gempita dengan segala urusan duniawi, Ibu Pertiwi kerap bersedih. Tak pelak, kegiatan untuk melestarikan lingkungan menjadi sebuah agenda penting bagi setiap penduduk bumi, tak terkecuali Anda sekeluarga. Liburan kali ini, jadilah polisi hijau dengan memunguti sampah-sampah di sekeliling perumahan Anda. Ajarkan anak untuk memilah sampah organik dan non organik, serta mengolah sampah menjadi produk baru yang bermanfaat seperti mainan atau hiasan. Di tangan generasi kecil inilah masa depan bumi akan diletakkan dan tak ada orang yang lebih tepat untuk mempersiapkan selain Anda, bukan?

  • Advertisement
  • 4. Jadi artis itu mudah

  • Di era media sosial seperti saat ini, tampil dan berbagi dengan dunia adalah sebuah hal yang lumrah dan menyenangkan. Tak ada salahnya Anda dan keluarga mencoba eksis di dunia maya, menjadi artis instan dengan bantuan teknologi. Buatlah video blog (vlog) berisi aneka aktivitas keluarga di hari libur. Bunda beraksi ala koki bintang lima dengan memasak hidangan lezatnya. Ayah memberikan tutorial merawat kendaraan atau berkebun. Anak-anak membuat video musik yang unik dan menarik. Unggah ke dalam situs media sosial atau buatlah situs blog keluarga Anda sendiri. Dunia pun perlu tahu bagaimana caranya keluarga Anda bergembira dengan kegiatan penuh warna.

  • 5. Petualangan di negeri dongengku

  • Dongeng merupakan jembatan antara dunia Anda dengan si Kecil. Berbagi cerita menjadi kegiatan sederhana yang memberikan manfaat besar bagi perkembangan anak-anak, mulai dari kemampuan berbahasa hingga merekatkan hubungan Anda dengan mereka. Untuk menjadikannya istimewa, pada liburan kali ini, buatlah sebuah proyek besar dengan membuat buku dongeng ala keluarga Anda. Ayah, Bunda, dan anak-anak menjadi pengarang, penulis, dan ilustratornya. Cerita fantasi ataupun kisah pengalaman sehari-hari, tuangkan ide-ide cemerlang menjadi buku kumpulan dongeng penuh kenangan. Nantinya, buku-buku ini menjadi sebuah warisan penting bagi generasi keluarga Anda berikutnya.

  • Kebersamaan yang terjalin erat selama hari libur tentu tak rela Anda tukarkan dengan apa pun. Apalagi jika liburan berlalu dengan sederet memori menyenangkan dan penuh arti yang Anda selalu ingat dengan rasa sukacita. Tunggu apa lagi, rencanakan liburan penuh makna Anda sekarang juga!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

5 ide liburan sederhana namun bermakna

Liburan ideal seringkali terhambat oleh banyak halangan, mulai dari kemacetan, cuaca buruk hingga biaya yang mahal. Ternyata, liburan keluarga yang menyenangkan dapat berawal dari kegiatan di sekitar rumah Anda. Simak 5 ide liburan berikut ini!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr