Perjalanan Menuju Jalan yang Baru: Jalan Keluar Bagi Orang Tua dalam Mengatasi Masalah

Terkadang orang tua hanya terus menerus mencoba hal yang sama, dan mereka tidak berhasil melakukannya. Beberapa orang tua menjaga kebiasaan yang sama, tanpa berhenti untuk melihat apakah mereka berhasil dalam melakukan kebiasaan tersebut.

382 views   |   shares
  • Terkadang orang tua hanya terus menerus mencoba hal yang sama, dan mereka tidak berhasil melakukannya. Beberapa orang tua menjaga kebiasan yang sama, tanpa berhenti untuk melihat apakah mereka berhasil dalam melakukan kebiasaan tersebut? Kiat pengasuh yang baik adalah untuk Berhenti! Melihat! dan Mendengarkan!

  • Berhenti

  • Kita dapat menghentikan apa yang sedang kita lakukan ketika ada sesuatu yang berjalan tidak baik. Hanya saja Anda perlu mengambil jeda dalam hidup Anda dan bertanya, apakah ini adalah masalah?

  • Kemudian, Melihat. Lihat sekitar Anda. Lihat di dalam keluarga Anda. Mengenali masalah dan mulai melihat di sekitar Anda dari keluarga yang lain, buku-buku, kakek-nenek yang bijaksana - dalam memberikan solusi.

  • Akhirnya, Dengarkan. Terkadang memecahkan masalah di dalam sebuah keluarga dapat menjadi semudah seperti mendengarkan. Dengarkan anak-anak Anda sewaktu mereka menyuarakan kekhawatiran mereka. Dengarkan pasangan Anda ketika dia menawarkan ide-ide tertentu. Dengarkan orang tua yang lain dan orang-orang cerdas di sekeliling Anda.

  • Menerapkan pemecahan masalah dari orang tua dapat menjadi berkat yang besar. Hal ini seperti mengambil waktu sejenak untuk berhenti dan membersihkan pasir dari sepatu Anda. Sehingga Anda berjalan dapat lebih nyaman.

  • Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi beberapa masalah yang sering muncul dalam pengaturan keluarga.

  • Mengatur meja

  • Kami memiliki cara yang cepat dan kreatif untuk mengatasi masalah ini. Setiap anak memiliki nomor. Setiap nomor memiliki satu tugas. Nomor 1 mengatur piring-piring, nomor 2 mengatur gelas, nomor 3 mengatur sendok, garpu dan pisau, dan nomor 4 mengatur susu, saus, dan bumbu-bumbu.

  • Ketika kita mengatakan, “Aturlah meja.” Semua anak akan berlari melakukan tugasnya masing-masing. Hal ini dapat kita lakukan dalam sekejap tidak ada yang bertengkar, cara yang menakjubkan. Tugas berdasarkan nomor ini dapat Anda ubah setiap bulannya.

  • Jika Anda memiliki anak lebih dari 4, Anda dapat menambahkan bagian-bagian yang lain atau tugaskan mereka untuk membersihkan meja makan sebelum digunakan.

  • Pengaturan tempat duduk

  • Bukankah ini masalah yang sering terjadi untuk Anda? “Saya ingin duduk dekat jendela! Jerry kemarin sudah duduk di depan” “saya ingin duduk di dekat ibu ! Ya, perdebatan ini dapat berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Mari kita atasi masalah ini segera semenjak awal.

  • Advertisement
  • Kembali lagi pada penomoran. Ya, angka-angka yang indah. Setiap anak mendapat nomer setiap bulan sama seperti cara di atas sebelumnya. Penomeran tadi dapat digunakan dalam pengaturan kursi seperti ini:

  • Di meja makan

  • Ibu dan ayah selalu duduk bersama di tempat yang sama. Ayah duduk di kepala meja atau ujung depan meja makan, ibu duduk di sebelah kirinya. (hal ini dapat menggambarkan atau menyampaikan pesan yang baik jika seorang ayah duduk di kepala meja makan). Nomor 1 duduk di sebelah ayah, nomor 2 duduk disebelahnya, nomor 3 duduk di sebelah sudut, dan nomor 4 duduk di sebelah ibu. Pada setiap awal bulan, semua anak akan memutar atau bergantian. Adalah hal yang baik juga untuk merubah pengaturan tempat duduk dan berbicara dengan anak-anak secara bergantian.

  • Di dalam mobil

  • Hal ini sering menjadi sumber perdebatan keluarga. Jendela dan duduk di kursi depan. Kita semua tahu kedua kursi ini adalah tempat duduk yang istimewa. Jadi, inilah cara mengatasinya. Kursi penumpang di sebelah ibu (di mana ibu telah pasti untuk duduk di kursi setir mobil) disebut “shotgun.” Jika anak berusia di bawah 12 tahun, maka mereka tidak akan boleh duduk di depan. Duduk di tempat duduk depan adalah berdasarkan bulan. Setiap anak berusia 12 tahun ke atas adalah ditentukan berdasarkan bulan untuk duduk di kursi depan. (sebagai contoh, Parker duduk di kursi depan pada bulan ini, sedangkan Brennan akan duduk di kursi depan pada bulan berikutnya). Karena ibu sering berada di kursi depan mobil ketika keluarga pergi bersama-sama, jadi pergantian dari giliran duduk di kursi depan akan sedikit berbeda.

  • Pada baris berikutnya, kursi pertama adalah tepat (di belakang kursi pengemudi), kursi kedua adalah di belakang kursi depan di belakang kursi kedua dan kursi ke 4 adalah di belakang kursi pertama. Jadi, pergantian tempat duduk akan memutar. Mudahkan? Tidak masalah bagaimana Anda akan memberi nomor tempat duduk mobil Anda, Anda hanya perlu menetapkan angka pada kursi tersebut dan memulainya.

  • Pengaturan tempat duduk adalah aturan yang ketat dan disiplin. Banyak anak telah ditinggalkan di rumah karena mereka tidak mau duduk di kursi atau tempat duduk yang telah ditentukan bagi mereka.

  • Mandi di hari minggu

  • Adalah selalu mendebarkan atau menantang untuk menyiapkan seluruh keluarga untuk mandi dan berpakaian dan siap untuk pergi ke gereja. “Nah.” Berikut adalah solusinya, anak nomor 1 harus atau perlu untuk mandi pertama, nomor 2 selanjutnya, dan terus selanjutnya, tidak ada perdebatan lagi siapa yang harus memulai.

  • Advertisement
  • Mencuci piring

  • Membersihkan tumpukkan cucian piring kotor adalah salah satu poin dari perdebatan dalam sebuah keluarga. Kami memiliki jadwal tugas harian sederhana dengan setiap anggota yang ditugaskan setiap harinya (atau dua hari, tergantung jumlah dari keluarga masing-masing).

  • Sistem penomoran adalah cara yang adil, menyediakan berbagai macam jenis cara dan sangat mudah untuk melacak giliran dari penomeran tersebut. Anak-anak dapat dengan mudah melacak giliran tugas mereka masing-masing, sehingga mereka mereka dapat melakukannya sendiri tanpa perlu untuk diingatkan.

  • Saya tidak memasukkan ayah ke dalam daftar ini. Hal ini karena ayah biasanya telah menjadi koordinator kebersihan setelah makan malam. Aturan di rumah kami adalah siapapun yang sudah memasak tidak perlu membersihkan dapur dan sisa perabotan makan malam. Jika saya yang memasak makan malam, ayah akan mengawasi tugas pembersihan setelahnya. Setiap anak membersihkan piring atau peralatan makan mereka sendiri dan 3 peralatan lainnya. Jadi, sekejab saja, tugas tersebut telah dapat terselesaikan. Saya selalu takut jika harus terjebak untuk membersihkan cucian piring kotor. Saya akan melihat seluruh anggota keluarga selesai pergi meninggalkan dapur ketika saya masih kecil, jadi sekarang kami melakukannya dengan cara yang berbeda. Cara ini sangat cepat. Di tambah, kami semua ikut bekerja bersama. Ini adalah bagian yang paling saya sukai.

  • Setiap kali Anda memiliki area atau bagian yang dapat menyebabkan masalah di rumah, cobalah mencari pemecahan masalahnya. Anda dapat datang dengan metode atau cara yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan adil, dapat diandalkan, dan konsisten. Jangan takut untuk mengubah atau menyesuaikan metode tersebut sampai Anda menemukan metode yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

  • Adalah luar biasa betapa atau seberapa banyak perdebatan atau pertengkaran yang dapat Anda hilangkan jika Anda dapat membingkai pekerjaan dimana anak-anak dapat melakukannya dengan baik. Sewaktu Anda melakukan metode pemecahan masalah ini, kehidupan keluarga mulai berjalan dengan lebih mudah. Anak-anak akan tertanam rasa untuk membagi tugas secara adil. Sekali mereka merasa puas dengan metode atau cara ini yang mulai terpenuhi, mereka biasanya menjadi lebih korperatif, mudah diajak bekerjasama. Jika mereka tidak menyukai metode tersebut, tanyakan mereka metode apa yang ingin mereka gunakan. Anda mungkin akan terkejut dengan saran-saran mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Travel down a new road Problem-solving for parents karya Merrilee Boyack.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Merrilee Boyack is a mom of four sons, grandma to two and an attorney, author, and professional speaker. Email at: maboyack@gmail.com. Website: MerrileeBoyack.com

Perjalanan Menuju Jalan yang Baru: Jalan Keluar Bagi Orang Tua dalam Mengatasi Masalah

Terkadang orang tua hanya terus menerus mencoba hal yang sama, dan mereka tidak berhasil melakukannya. Beberapa orang tua menjaga kebiasaan yang sama, tanpa berhenti untuk melihat apakah mereka berhasil dalam melakukan kebiasaan tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr