Yuk, sadari pentingnya menjaga tali silaturahmi antarkeluarga

Selain kegiatan bersama seluruh keluarga, orang tua juga perlu pergi berkencan berdua saja untuk menghindari kebisingan di rumah dan menikmati kembali saat-saat manis ketika mereka masih berpacaran.

250 views   |   2 shares
  • Kakak saya mengeluh adik-adiknya (kecuali saya yang rajin mengirim email) tidak pernah menelepon kalau dia tidak menelepon mereka. Karena mereka tinggal berlainan kota mereka jarang bertemu, bahkan ketika adik-adiknya datang ke Jakarta, mereka tidak singgah ke tempat tinggalnya. Padahal semasa kecil kakak saya sebagai anak perempuan tertua mengurus adik-adiknya dengan telaten. Bagaimana kita dapat mempererat tali kekeluargaan kita?

  • Dalam rumah tangga

  • Lakukan kegiatan bersama yang mengikutsertakan semua anggota keluarga paling tidak seminggu sekali. Paling baik dijadwalkan pada hari yang sama, dengan demikian setiap orang dapat meluangkan waktunya sesuai dengan jadwal itu. Berikan giliran kepada setiap anggota keluarga untuk menentukan apa yang akan Anda lakukan bersama. Sebaiknya jangan memilih pergi ke pusat perbelanjaan karena masing-masing akan pergi ke toko yang berlainan. Anda dapat pergi ke taman dan berolahraga atau mengadakan permainan bersama atau Anda dapat tinggal di rumah dan bermain monopoli sambil menikmati hidangan kecil. Bila Anda sekeluarga gemar menyanyi, Anda dapat mengadakan lomba karaoke dengan hadiah-hadiah kecil. Sediakan hadiah untuk berbagai kategori misalnya penyanyi yang paling merdu, penyanyi yang paling lucu, bahkan hadiah untuk penyanyi yang paling sumbang. Hadiahnya tidak perlu yang berharga mahal, cukup sebatang coklat, es krim atau kue.

  • Berdua saja

  • Selain kegiatan bersama seluruh keluarga, orang tua juga perlu pergi berkencan berdua saja untuk menghindari kebisingan di rumah dan menikmati kembali saat-saat manis ketika mereka masih berpacaran. Hal ini penting untuk memperkuat hubungan antar suami istri. Janganlah kehidupan Anda dipenuhi dengan persoalan dengan anak-anak saja. Kelestarian hubungan dengan pasangan hidup Anda adalah tonggak kebahagiaan rumah tangga karena itu perlu dipupuk dengan kencan berkala. Ada banyak godaan di luar dan tantangan dalam rumah tangga seperti soal ekonomi yang harus diatasi berdua. Bila sebagai pasutri Anda mempunyai hubungan yang erat, hal ini akan menjadi benteng pertahanan untuk melawan segala badai yang menghantam bahtera rumah tangga Anda. Kebersamaan dapat dinikmati tanpa mengeluarkan banyak uang, berjalan-jalan ke pusat kota, melihat-lihat etalase, pergi ke taman, berjalan kaki di sepanjang sungai, yang penting Anda berdua melewatkan waktu bersama.

  • Bersama anak

  • Anda juga dapat memberikan perhatian khusus kepada salah seorang anak pada kesempatan tertentu tanpa diganggu anak-anak yang lain. Kesempatan ini tentu saja sebaiknya diberikan secara adil dan bergilir. Bila ada anak yang tampaknya kurang dekat dengan Anda cobalah melakukan kegiatan beruntun yang memerlukan partisipasinya. Dalam tayangan Biggest Loser orang-orang yang berat badannya berlebihan dilatih dengan disipilin ketat sehingga berhasil menguruskan badannya. Seorang ayah dan anak perempuannya mengikuti program itu. Pada akhir tayangan ditunjukkan bagaimana mereka berdua kehilangan ratusan kilo dan menjadi lebih bugar. Tetapi yang membuat mereka dan para pemirsa menitikkan air mata adalah pengakuan mereka tentang bagaimana kegiatan ini membuat hubungan mereka lebih erat. Semula hubungan ayah dan remaja putrinya ini kurang baik. Program ini telah membuat mereka menjalin keakraban melalui kesulitan serta tantangan yang harus mereka atasi berdua untuk mencapai target yang sama.

  • Advertisement
  • Antar kerabat

  • Sesudah menikah hubungan persaudaraan sering menjadi kurang erat karena masing-masing sibuk dengan urusan keluarganya sendiri. Ada kebiasaan baik yang dilakukan orang-orang di AS. Setiap tahun sekali mereka mengadakan reuni keluarga sehingga orang tua, anak-anak, cucu-cucu dapat saling bertemu. Bersama-sama mereka mengadakan kegiatan di taman di suatu kota yang mereka pilih. Mereka saling memperkenalkan anak-anak mereka untuk membuat hubungan antar sepupu terjalin. Seharian mereka bermain dan mengobrol bersama, saling tukar pengalaman, menyampaikan simpati atas kesedihan yang mendera atau tertawa mendengar kelucuan yang terjadi di antara mereka. Sepanjang tahun hubungan ini disambung melalui telepon, email atau media sosial. Ada saja caranya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Yuk, sadari pentingnya menjaga tali silaturahmi antarkeluarga

Selain kegiatan bersama seluruh keluarga, orang tua juga perlu pergi berkencan berdua saja untuk menghindari kebisingan di rumah dan menikmati kembali saat-saat manis ketika mereka masih berpacaran.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr