Hidup bertetangga, begini rambu-rambunya

Sudahkah Anda menyapa tetangga Anda hari ini? Tahukah Anda hidup bersosialisasi dapat meningkatkan taraf kebahagiaan dan mengurangi stres? Tapi, tetap pada rambu-rambunya ya!

565 views   |   2 shares
  • Pernahkah Anda merasa sangat tertolong dengan kehadiran tetangga Anda? Walau dalam kegiatan sehari-hari Anda jarang berinteraksi dengan mereka, namun terkadang di saat yang tidak terduga mereka ada untuk membantu Anda.

  • Kehidupan bertetangga menuntut seseorang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur persaudaraan. Tetangga adalah "saudara" terdekat kita yang sewaktu-waktu siap memberikan bantuan di saat kita membutuhkan pertolongan.

  • Dalam publikasi yang diterbitkan oleh Universitas Washington, disebutkan bahwa dengan bergabung dalam sebuah komunitas (hidup berukun tetangga) adalah cara mensupport dan berinteraksi secara positif dengan individual lain dan memiliki kesamaan kepentingan. Baik itu kepentingan kerukunan dalam lingkup lingkungan sekitar maupun kerukunan dalam lingkup yang lebih luas. Komunitas yang solid akan menguntungkan bagi orang-orang di dalamnya. Lebih lanjut disebutkan orang yang bergabung dalam satu komunitas solid akan memiliki hidup yang lebih bahagia dan sehat, serta menciptakan masyarakat yang stabil dan suportif.

  • Namun menyatukan banyak pribadi yang berbeda latar belakang membutuhkan sikap terbuka dan mau menerima perbedaan. Tentunya ada rambu rambu dalam kehidupan bertetangga. berikut beberapa di antaranya:

  • 1. Saling menghargai

  • Di dalam masyarakat yang majemuk, terkadang konflik sulit dihindari. Karenanya, diperlukan sikap saling menghargai perbedaan masing dan menunjukkan ketulusan serta kerendahan hati untuk tidak Saling menghargai juga dapat dilakukan dengan menunjukkan ketulusan serta kerendahan hati kita, tidak membanggakan diri ataupun menggangap orang lain setara

  • 2. Saling tolong menolong

  • Saling tolong menolong adalah perwujudan dari semangat persaudaraan, dimana berbagai macam kesulitan akan terasa lebih mudah untuk diatasi jika dikerjakan secara bersama-sama. Melalui sikap saling tolong menolong setiap orang bisa belajar arti keikhlasan, sehingga dengan sendirinya akan menumbuhkan sikap tidak angkuh ataupun sombong.

  • 3. Meluangkan waktu bersosialisasi dan mengikuti kegiatan warga

  • Kegiatan warga adalah sebuah cara dimana setiap orang bisa berkumpul bersama dan saling bertegur sapa. Tidak hanya itu, melalui kegiatan warga juga setiap orang bisa saling mengenal satu sama lain dan cepat memberikan bantuan jika ada yang mengalami kesulitan. Meluangkan waktu dalam kegiatan warga seharusnya rutin dilakukan agar setiap orang bisa merasa saling memiliki dan menjadi bagian dalam keluarga besar masyarakat.

  • Advertisement
  • 4. Tidak ikut campur dalam masalah pribadi orang lain

  • Dalam hidup bermasyarakat mengkritik atau bahkan ikut campur dalam masalah pribadi atau keluarga orang lain sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi salah paham yang akhirnya berujung dengan pertikaian. Namun demikian, dalam hal-hal tertentu seperti kasus kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan anak dan sebagainya, kita tetap harus memiliki kepedulian dengan cara melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang alih-alih menyelesaikannya seorang diri ataupun hanya diam melihat.

  • Bersosialisasi secara positif dengan lingkungan bertetangga membawa banyak keuntungan bagi Anda. Selain menaikkan taraf kebahagiaan, kehidupan bertetangga juga akan membuat Anda lebih nyaman dan merasa aman hidup dalam lingkungan Anda. Bayangkan, jika setiap lingkungan memiliki rukun tetangga yang solid dan sehat, tentunya dalam skala besar hingga berbangsa dan bernegara kita akan senantiasa damai dan tidak terjadi kekacauan yang dapat menimbulkan perpecahan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Hidup bertetangga, begini rambu-rambunya

Sudahkah Anda menyapa tetangga Anda hari ini? Tahukah Anda hidup bersosialisasi dapat meningkatkan taraf kebahagiaan dan mengurangi stres? Tapi, tetap pada rambu-rambunya ya!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr