Teman Adalah Keluarga yang Bisa Anda Pilih

Artikel ini menyajikan cara-cara untuk membantu anak-anak kita membuat pilihan bijaksana dalam berteman, tanpa bersikap terlalu mengendalikan.

2,187 views   |   4 shares
  • Sewaktu anak-anak kita bertumbuh, lingkup pengaruh mereka bertambah besar. Hubungan mereka dengan teman-teman mulai menjadi lebih erat dan berpengaruh dan bisa mengkhawatirkan orang tua. Sementara banyak orang tua yang menyadari bahwa berusaha mengendalikan pilihan anak-anak mereka dalam berteman adalah resep bencana, para ahli menyarankan bahwa ada banyak cara agar kita dapat berpengaruh besar dalam kehidupan mereka, tanpa menjadi terlalu mengekang. Menjadi aktif terlibat dalam kehidupan anak-anak Anda adalah faktor utama. “Kami menemukan bahwa kualitas hubungan orang tua dan anak, dan memilih untuk tinggal dalam lingkungan tertentu karena kualitas sekolahnya sangat berkaitan secara konsisten dengan karakteristik teman-teman masa remaja,” kata Chris Knoester, profesor sosiologi di Ohio State University. Berikut adalah beberapa cara praktis di mana hubungan Anda dengan anak dapat membantu mereka membuat pilihan baik dalam berteman.

  • Aturlah rumah yang ramah anak

  • Ini sangatlah penting karena memungkinkan anak-anak Anda untuk memiliki tempat di mana mereka dapat menjadi diri mereka sendiri, dan memiliki tempat di mana teman-teman mereka juga dapat bersenang-senang. Dalam lingkungan keluarga yang terbuka, Anda dapat mengawasi pengaruh teman terhadap anak-anak Anda, yang akan memudahkan dalam membantu mereka mengarungi pasang surut persahabatan masa kecil. Terkadang anak yang kita lihat sehari-hari tidaklah sama dengan anak yang teman-temannya lihat. Perhatikan cara anak Anda menanggapi teman-temannya, dan bersedialah untuk membahas itu dengannya.

  • Doronglah dialog terbuka dengan anak

  • Bicarakan hubungan mereka. Ajukan pertanyaan ketika masalah muncul. “Saya perhatikan Anda tidak menghabiskan banyak waktu dengan Amy akhir-akhir ini, bagaimana kabarnya?” Ketika anak-anak merasa nyaman membahas persahabatan mereka dengan Anda, itu memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengenali sifat tertentu yang tidak baik bagi mereka. Percakapan ini dapat menjadi saluran bagus bagi Anda untuk memberikan bimbingan tentang cara untuk menjadi teman yang baik.

  • Tunjukkan persahabatan yang baik

  • Di atas segalanya, anak-anak belajar dengan mengamati. Evaluasi persahabatan Anda dari perspektif anak Anda. Apakah mereka melihat teladan hubungan yang positif dan sehat? Jika tidak, bagaimana Anda dapat menunjukkan batasan hubungan persahabatan yang sehat bagi anak-anak Anda? Jika demikian, adakah cara-cara untuk menunjukkan cara menghormati teman kepada mereka?

  • Advertisement
  • Paparkan mereka ke berbagai kelompok teman

  • Jika tempat berteman anak hanyalah sekolah, kita dapat merugikan mereka. Geng, kontes popularitas, dan intimidasi merajalela dalam berbagai kelompok usia, terlepas dari tempat bermain anak-anak Anda. Dengan memaparkan mereka ke berbagai kelompok orang, mereka memiliki kebebasan untuk keluar dari lingkungan pergaulan mereka dan bertemu anak-anak lain dengan pengalaman yang berbeda. Klub, kelompok remaja setempat, dan organisasi relawan adalah cara hebat untuk membantu anak Anda memperluas jaringan mereka.

  • Percaya kepada mereka

  • Ketika anak Anda riang dan bahagia, tidak ada alasan untuk khawatir. Anak-anak belajar pelajaran berharga dari hubungan masa kecil mereka yang akan membantu membentuk pengharapan mereka di kemudian hari. Anda memberikan bekal bagi mereka dengan memaparkan mereka ke manfaat dan konsekuensi dari pilihan mereka. Jika mereka masuk ke dalam situasi yang tidak baik, mereka akan lebih cenderung untuk meminta masukan dari Anda ketika mereka siap.

  • Bertambah dewasa adalah perjalanan yang menyenangkan, dan kita ingin anak-anak kita mengalaminya sebanyak mungkin. Persahabatan melengkapi kehidupan anak. Baik dan buruk, semua hubungan memiliki kekuatan untuk mengajarkan mereka sesuatu yang berharga. Selalu ada bagi mereka sewaktu mereka mengalami suka duka persahabatan adalah cara terbaik untuk tetap terlibat dalam kehidupan mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Friends are family you get to choose: 5 ways to help your child choose good friends" karya Margaret Crowe.

Bantu kami menyebarkan

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Teman Adalah Keluarga yang Bisa Anda Pilih

Artikel ini menyajikan cara-cara untuk membantu anak-anak kita membuat pilihan bijaksana dalam berteman, tanpa bersikap terlalu mengendalikan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr