Ketidakpatuhan anak bisa dipahami lho. Ini caranya

Makin besar seorang anak, makin sulit untuk mengendalikan mereka, karena mereka memiliki pendapat dan perasaannya sendiri.

176 views   |   shares
  • Makin besar seorang anak, makin sulit untuk mengendalikan mereka, karena mereka memiliki pendapat dan perasaannya sendiri. Ketika masih balita mereka merasa segan kepada orangtua dan masih sangat bergantung kepada orangtua. Tetapi begitu mereka tumbuh menjadi remaja mereka menganggap dirinya setara dengan orangtuanya. Tidak jarang mereka melawan perkataan orangtua sehingga membuat orangtua kesal dan kadang-kadang angkat tangan, tidak mampu mengatur mereka lagi. Apa yang harus Anda lakukan sejak anak itu kecil untuk mencegah terjadinya hal ini. Dan apa yang harus Anda lakukan ketika dia sudah remaja?

  • Mengapa mereka memberontak?

  • Pada masa-masa remaja, bagian dari otak yang disebut prefrontal cortex, yaitu bagian yang berada di belakang dahi, mulai berkembang. Bagian inilah yang memproses pikiran dan penilaian. Ini berarti anak-anak dapat mengembangkan ide dan cita-cita mereka sendiri.

  • Sementara anak-anak yang lebih kecil tidak dapat melihat kekurangan-kekurangan orangtuanya, remaja tiba-tiba melihat dunia dengan lebih realistik. Menurut David Elkind, PhD, penulis buku tentang perkembangan remaja, dan profesor perkembangan anak di sekolah kedokteran Tufts di Boston, AS, "Mereka memiliki gagasan bagaimana orangtua yang ideal dan membandingkannya dengan orangtuanya sendiri. Ternyata orangtua mereka tidak tahu bagaimana berpakaian, berjalan, berbicara, sungguh memalukan."

  • Segala bantahan mereka adalah akibat dari perkembangan otak mereka. Sewaktu anak berkembang menjadi remaja, otaknya mampu mencerna informasi menjadi gagasan. Mereka ingin mempraktekkan keterampilan baru mereka dan orangtua mereka menjadi sasaran untuk itu. Tampaknya bantahan mereka bukan asal sekedar membantah, tetapi sesungguhnya mereka melatih keterampilan baru mereka.

  • Jika pada zaman Britney Spears remaja melampiaskan pemberontakan dengan memakai baju yang aneh-aneh, sekarang mereka memakai anting dan tato di mana-mana. "Namun tidak semua remaja menjadi pemberontak," kata Amy Bobrow, PhD, seorang profesor di Pusat Penelitian Anak di Universitas kedokteran di New York, "Walaupun tidak berontak mereka tetap saja suka membantah orang tua."

  • Kasih dan ketegasan

  • Buatlah anak-anak memahami bahwa sebagai Anda sangat mengasihi mereka. Seandainya Anda harus menghukum mereka, itu Anda lakukan demi kebaikan mereka. Dalam keadaan marah janganlah menunjukkan kekesalan Anda secara berlebihan, justru sebaliknya tetaplah bersikap tenang dan tentukan hukumannya saat itu juga.

  • Advertisement
  • Hukuman fisik

  • Jangan berikan hukuman fisik, karena selain menyakiti tubuh mereka, juga ada kemungkinan melukai perasaan mereka. Mereka akan melihat hukuman itu hanya sebagai perlakuan yang tidak adil. Kemungkinan mereka akan takut kepada Anda, tetapi di balik perasaan takut itu tidak ada rasa hormat.

  • Batasi hak istimewa mereka

  • Sebaliknya dari hukuman badan, batasilah hak istimewa mereka seperti nonton televisi, main video game, ke luar bersama teman, main sepak bola, nonton film dan sebagainya. Jangan melarangnya makan, karena mungkin ini akan menyebabkan dia sakit.

  • Didiklah mereka untuk beragama

  • Bila mereka mendapat pendidikan dasar dalam agama sejak kecil, paling tidak mereka akan tahu bahwa orangtua harus dihormati. Mereka juga akan lebih bertanggung jawab dalam hidup mereka.

  • Berperanserta dalam kegiatan mereka

  • Jadilah sopir yang mengantar anak Anda dan teman-temannya ke konser atau ke tempat lain sehingga Anda lebih banyak tahu tentang kegiatan mereka. Duduklah bersama nonton televisi di rumah, ini merupakan kesempatan baik untuk bertukar pandangan, membahas sesuatu yang muncul di tayangan itu. Orangtua tidak saja harus berperan sebagai orangtua tetapi juga sebagai teman akrab anak-anak remajanya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ketidakpatuhan anak bisa dipahami lho. Ini caranya

Makin besar seorang anak, makin sulit untuk mengendalikan mereka, karena mereka memiliki pendapat dan perasaannya sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr