Perubahan-perubahan pada manula yang harus Anda pahami

Mengapa kakek nenek tidak memiliki kulit sebersih bayi? Ada bercak dan kutil bermunculan di sana sini. Kesulitan menahan kencing dan telinga yang kurang berfungsi, semua itu adalah akibat dari usia lanjut.

403 views   |   3 shares
  • "Aduh Kakek, kenapa buang angin melulu? Rumah jadi bau di mana-mana," keluh seorang remaja kepada kakeknya yang sudah lanjut usia. Situasi seperti ini dapat terjadi di rumah yang dihuni beberapa generasi. Diperlukan pengertian tentang apa yang terjadi pada tubuh manula dan bagaimana mengatasi masalah itu. Pengertian seperti ini akan membuat munculnya belas kasih sehingga si kakek tidak merasa terkucil dan dimusuhi di rumah keluarganya sendiri. Apa saja yang dapat terjadi pada manula yang akan mengakibatkan masalah?

  • 1. Kamar mandi rasanya makin jauh saja ya?

  • Pada manula otot dan urat syaraf kian mengendur. Yang menambah masalah, jarang manula mau mengakui ini kepada dokternya. Dokter dapat memberi saran makanan apa yang menyebabkan sakit perut dan perlu dihindari. Lakukan latihan menegangkan otot pinggul seolah-olah menahan air seni, lakukan selama 10 detik untuk 10 X dan 10 X sehari. Ini juga akan memperkuat otot pada anus sehingga memberi manula waktu untuk ke kamar mandi. Ada popok untuk manula seperti yang dipakai bayi namun dengan ukuran lebih besar tentunya.

  • 2. Mengapa timbul banyak bercak dan kutil di muka dan tangan?

  • Biasanya bercak-bercak ditimbulkan oleh sinar matahari. Untuk menghilangkannya dapat dipakai krim pemutih kulit. Kutil berwarna kuning, coklat atau hitam umumnya tidak berbahaya. Tetapi bila makin besar dan gatal, hendaknya diperiksa dokter untuk mendeteksi kanker kulit sedini mungkin.

  • 3. Mengapa napas bau padahal rajin sikat gigi?

  • Menurut Patricia Lenton, direktur Klinik Riset Kesehatan Mulut di Universitas Minnesota, AS, sebagian besar bau mulut berasal dari bagian belakang lidah kita. Lidah kita seperti karpet yang berbulu panjang dan bakteri bersembunyi di belakang lekuk-lekuknya. Lagi pula makin tua makin banyak obat yang kita minum sehingga menyebabkan mulut kering dan ini menambah bau mulut. Untuk mengatasinya keroklah lidah dengan sendok, sedapat mungkin mulailah dari bagian belakang. Kumurlah dengan obat kumur yang mengandung zinc dan cetylpyridinium chloride (CPC). Ketika berpuasa mulut lebih bau karena mulut dalam keadaan PH alkaline sehingga menimbulkan paduan volatile sulfur, komponen utama bau mulut. Ketika makan mulut lebih acid sehingga mengurangi baunya. Gigi berlubang serta penyakit geraham dapat menyebabkan bakteri bersarang. Karena itu pergilah ke dokter gigi secara teratur.

  • 4. Kuku kaki kok berubah warna dan makin keras?

  • Fungus adalah penyebab utama kuku kaki berubah warna dan bertambah keras. Fungus memangsa kuku sehingga pecah-pecah, berwarna kehitaman dan tebal sekali. Usia merupakan unsur yang memengaruhi munculnya fungus, juga orang yang sakit diabetes serta penyakit lain yang membatasi sirkulasi darah. Di toko dijual obat seperti Jublia untuk fungus kuku tetapi bisa juga diobati dengan merendam kaki dengan obat kumur, atau garam, atau cuka untuk membunuh fungus.

  • Advertisement
  • 5. Apa yang bau asam ya?

  • Keringat menyebabkan kaki bau karena memberi kesempatan bakteri berkembang biak. Sebaliknya bakteri itu mencerna leucine pada keringat untuk memproduksi isovaleric accid, sehingga kaki berbau asam. Manula yang tidak lagi bisa bergerak secara luwes cenderung untuk tidak mencuci kakinya secara menyeluruh. Untuk menghilangkan bau, masaklah teh hitam dan rendam kaki selama 10 menit ketika teh suam-suam kuku, lalu biarkan kaki kering. Lakukan selama seminggu.

  • 6. Kakek dipanggil 3X tidak dengar!

  • Kadang manula jengkel karena merasa tidak diperhatikan, pertanyaannya berulang-ulang tidak dijawab. Padahal dialah yang tidak mendengar jawaban yang diberikan. Cara satu-satunya untuk mengembalikan pendengaran ialah dengan memakai alat pendengar. Jangan menunggu-nunggu. Sekali bulu-bulu di telinga rebah atau rusak pendengaran pun berkurang. Untungnya otak dapat dilatih untuk mendengar dengan lebih baik melalui alat pendengar.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Perubahan-perubahan pada manula yang harus Anda pahami

Mengapa kakek nenek tidak memiliki kulit sebersih bayi? Ada bercak dan kutil bermunculan di sana sini. Kesulitan menahan kencing dan telinga yang kurang berfungsi, semua itu adalah akibat dari usia lanjut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr