4 kiat mendekatkan diri dengan anak remaja Anda

Orangtua adalah panutan dari setiap perilaku anak, jika orangtua dapat berlaku bijaksana dalam mendidik anak maka anak dapat tumbuh menjadi orang yang bijaksana pula.

563 views   |   2 shares
  • Pergaulan anak ketika anak mulai menginjak usia remaja sudah harus penuh pengawasan dari orangtua. Begitu pula perlakuan orangtua terhadap mereka juga harus diubah. Dalam hal pertemanan yang mereka alami pada masa pubertas hendaknya orangtua tidak menutup mata. Sejauh mana yang anak saya lakukan? Di tempat apa mereka sering bertemu? Keadaan akan menjadi sulit jika orangtua terlalu banyak menanyakan hal-hal tersebut kepada anak, sebab mereka akan merasa Anda hiperprotektif pada setiap hubungan pertemanan anak. Beberapa dari mereka terkadang salah pengertian tentang apa maksud orangtua tersebut. Sedangkan jika orangtua tidak segera mengambil langkah untuk dapat bersahabat dengan mereka, tidak menutup kemungkinan mereka merasa lebih nyaman bersama orang lain daripada dengan orangtuanya.

  • Berikut ini adalah beberapa pendekatan yang cukup bersahabat agar anak lebih dapat membuka diri kepada orangtua.

  • 1. Menjadi teman curhatnya

  • Kelabilan emosi yang dimiliki saat ini membutuhkan seseorang yang mampu menahan dan menyamankan posisinya dalam hal tersulit menurutnya. Dia akan lebih dapat terbuka dengan Anda, Sebab dia merasa lebih nyaman ketika bersama Anda daripada teman-temannya. Di samping itu Anda juga akan lebih mengetahui tentangnya, dari setiap apa yang dia ceritakan pada Anda.

  • 2. Lebih sering mengucapkan pengertian daripada larangan

  • Masa pubertas yang sedang mereka alami memiliki kelabilan emosi. Dengan terlalu seringnya Anda mengatakan "tidak" terhadap hal-hal yang ia harapkan tanpa ada pertimbangan, maka dia akan mencari kesenangan lain yang menurutnya mendukung kebebasan yang ia inginkan.

  • 3. Menerima semua teman-temannya

  • Sebuah kesempatan bagi Anda untuk dapat lebih cepat mengenal teman-temannya. Semakin orangtua tahu siapa saja teman-temannya? Seperti apa mereka? maka akan mempermudah bagi orangtua untuk mengawasinya, dan juga sebuah masukan terhadap penilaian Anda tentang teman-temannya. Hal ini tidak berarti dia harus memilih siapa saja yang boleh menjadi temannya atau tidak dari kehendak Anda, melainkan dia hendaknya bisa memposisikan dirinya terhadap berbagai macam teman lalu menjaga diri agar tidak sampai masuk ke dalam hal yang negatif.

  • 4. Mengenal baik setiap temannya

  • Cara keempat ini dengan mampu bersikap bersahabat dengan teman-teman sang buah hati. Dengan tidak harus menjatuhkan martabat sebagai orangtua, mencoba untuk masuk ke dalam dunia mereka yaitu mencoba untuk dapat berbincang dan bergurau dengan teman dari sang buah hati justru akan mempermudah Anda untuk pengawasan buah hati Anda sendiri.

  • Advertisement
  • 5. Mengajarkan budaya meminta izin kepada orangtua

  • Meminta izin itu sangatlah wajib bagi anak yang hendak keluar rumah bersama teman maupun sendirian. Budayakan hal tersebut untuk mempermudah Anda mengawasi dan memantau keberadaan sang buah hati. Anda pastikan mengenai rencana sang anak untuk pergi ke suatu tempat tersebut adalah benar, jika memang hal itu masih terlihat lumrah Anda tidak perlu melarangnya dengan alasan khawatir. Cukup memastikan dengan menghubungi sesekali untuk memastikan bahwa ia dalam keadaan baik-baik saja.

  • Orangtua adalah panutan dari setiap perilaku anak, jika orangtua dapat berlaku bijaksana dalam mendidik anak maka anak dapat tumbuh menjadi orang yang bijaksana pula.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

4 kiat mendekatkan diri dengan anak remaja Anda

Orangtua adalah panutan dari setiap perilaku anak, jika orangtua dapat berlaku bijaksana dalam mendidik anak maka anak dapat tumbuh menjadi orang yang bijaksana pula.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr