Inilah kado terbaik yang Anda berikan jika Anda termasuk orangtua bijak

Perkenalkan sebuah kesederhanaan dalam kehidupan anak untuk menjauhi sikap sombong dan belajar untuk menjadi rendah hati.

941 views   |   3 shares
  • Tidak ada seorang pun yang tidak menyukai kado, terutama anak-anak yang sedang berulang tahun. Dia akan menjadi amat senang ketika medapatkan sebuah kejutan berupa sebuah kado. Bahkan ketika ia baru beberapa minggu lalu mendapatkan kado ia pun masih saja meminta kado lagi kepada orangtuanya meskipun ketika sedang tidak berulang tahun. Sebenarnya tidak ada orangtua yang menginginkan anak mereka sedih akibat tidak mendapatkan apa yang anak inginkan, mereka para orangtua berusaha keras untuk dapat menyenangkan hati sang buah hati. Namun, apa orangtua sudah bijak dalam memilih kado yang terbaik untuk buah hatinya? Jangan biarkan maksud baik Anda ternyata menjadi pembentuk kepribadian atau kebiasaan yang kurang baik di masa depannya kelak. Berikut adalah kado-kado yang bermanfaat dan terbaik untuk sang buah hati.

  • 1. Kado peralatan sekolah

  • Memberikan sebuah kado dalam bentuk peralatan sekolah yang menarik dan sangat mereka sukai. Mungkin kado ini cukup sederhana, namun jika dilihat dari maknanya kado ini sangat bermanfaat untuk semangat belajarnya saat pergi ke sekolah. Menurut pengalaman saya sendiri, saya sangat bersemangat untuk pergi ke sekolah jika memiliki beberapa peralatan sekolah yang baru dan bagus menurut saya. Saya pun melihat hal yang sama ketika melihat teman-teman sekelas saya yang memiliki peralatan sekolah baru dan bagus contohnya tas baru, sepatu baru, dan lainnya.

  • 2. Kado berwisata

  • Memberikan sebuah kado dalam bentuk berwisata ke tempat yang menambah pengetahuan anak, contohnya ke kebun binatang, ke sebuah lahan pertanian, atau ke tempat bersejarah. Anak-anak sangat suka bepergian bersama keluarga, dan itu merupakan kesempatan orangtua untuk juga memberikan pendidikan tambahan di luar sekolah. Cukup bermanfaat bukan?

  • 3. Kado membeli barang kesukaan dengan uang tabungannya

  • Anak-anak perlu dibudayakan menabung sejak dini. Sebagai manfaatnya tabungan ini akan digunakan sewaktu-waktu untuk keperluannya sendiri. Dalam hal ini uang tabungannya dapat dipergunakan sebagai kado baginya ketika berulang tahun. Katakan kepadanya bahwa dia akan dapat memanfaatkan uang tabungannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Anda dapat mengajarkannya untuk bersabar.

  • 4. Mengganti sebuah kado dengan memberikan uang untuk menambah jumlah tabungan

  • Semakin besar anak semakin beragam pula keinginannya. Bagi anak yang sudah agak besar, Anda dapat memperlakukannya sedikit berbeda. Katakan kepadanya bahwa pada ulang tahunnya kali ini Anda tidak akan memberikan sebuah kado, namun menggantinya dengan menambah sejumlah uang untuk dimasukkannya ke dalam tabungannya. Dengan hasil tabungannya ditambah sejumlah uang pemberian Anda dia bisa membeli apa pun yang diinginkannya. Selama benda yang dibelinya itu tidak membahayakannya serta dapat bermanfaat baginya maka sebaiknya Anda mendukungnya.

  • Advertisement
  • Lakukan hal-hal di atas dengan penuh pertimbangan, sesuaikan dengan kepribadian mereka. Anda pastinya lebih memahami seperti apa buah hati Anda. Gunakan kebijaksanaan untuk memberikan kebahagiaan bagi buah hati Anda, tapi berhati-hatilah karena kesenangan yang berlebihan itu justru dapat menjerumuskan mereka. Perkenalkan sebuah kesederhanaan dalam kehidupan anak karena hal ini dapat menjauhkan sikap sombong dalam dirinya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Inilah kado terbaik yang Anda berikan jika Anda termasuk orangtua bijak

Perkenalkan sebuah kesederhanaan dalam kehidupan anak untuk menjauhi sikap sombong dan belajar untuk menjadi rendah hati.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr