5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan anak berbakat

Menjadi orangtua dari anak-anak yang sangat berbakat merupakan tugas tersendiri yang perlu ditekuni demi masa depan si anak.

992 views   |   3 shares
  • Ada sebuah acara baru reality show di televisi AS yang menampilkan anak-anak kecil dengan bakat yang luar biasa. Judul acara ini Little Big Shots, dipandu oleh Steve Harvey yang terkenal lucu. Dalam tayangan ini anak-anak berusia 4 sampai 13 tahun menunjukkan bakat mereka yang membuat penonton setempat dan pemirsa di rumah geleng-geleng kepala karena kagum. Bayangkan anak berusia 8 tahun mampu mengeja kata-kata Inggris yang luar biasa susahnya yang tidak pernah muncul dalam percakapan sehari-hari. Ada lagi anak kecil berusia 6 tahun yang dapat memasukkan bola ke basket dalam posisi apa pun dan dari arah mana pun, bahkan tanpa melihatnya.

  • Jika kita melihat anak-anak yang jenius itu kita berpikir apakah ini semua hasil didikan orangtua mereka? Tetapi anak-anak itu mempunyai saudara-saudara yang "normal," alias biasa saja seperti anak-anak lain. Berarti, dalam sebuah keluarga tidak semua anak memiliki kecerdasan yang sama. Bagaimana orangtua harus menyesuaikan diri mereka dalam mendidik anak-anak yang berbakat luar biasa?

  • 1. Meminta bantuan guru

  • Bila anak itu sudah berusia sekolah, Anda dapat meminta bantuan dan saran dari guru untuk mendidik anak itu sesuai dengan bakatnya. Guru biasanya dapat menyalurkan bakat si anak ke kelas yang sepantasnya. Misalnya dengan menaikkan anak itu ke kelas yang lebih tinggi sehingga dia tidak bosan di kelas yang terlalu mudah baginya.

  • 2. Menyalurkan bakatnya ke tempat yang sesuai

  • Jika anak itu misalnya berbakat musik, Anda dapat memasukkannya di kursus musik yang memiliki guru jago. Memang untuk ini Anda harus berkorban karena biasanya guru yang hebat ada di tempat kursus yang mahal. Keadaannya tidak selalu begitu, tetapi Anda dapat bertanya-tanya kepada orangtua lain, di mana mereka dapat menemukan guru yang bagus.

  • 3. Menyediakan perlengkapan yang memadai di rumah

  • Misalnya anak Anda menunjukkan bakat melukis yang luar biasa. Tentunya Anda dengan senang hati akan membelikan alat-alat lukis yang cocok dengan bakatnya. Atau jika dia menunjukkan minat pada piano, ada baiknya Anda menyediakan piano di rumah sehingga dia dapat berlatih dengan mudah.

  • 4. Memberikan waktu luang yang bebas dari gangguan

  • Selain menyediakan perlengkapan yang menunjang bakatnya, Anda juga dapat meluangkan waktu baginya yang bebas dari gangguan. Maksudnya sepulang sekolah dia dapat mengerjakan PR, istirahat, dan berlatih hobinya. Anda tidak akan mengganggunya dengan urusan lain, begitu pun saudara-saudaranya hendaknya diberitahu bahwa pada jam tertentu dia harus berlatih dan jangan mengajaknya bermain. Waktu luang ini tidak perlu terlalu panjang asalkan teratur, misalnya 5 hari seminggu.

  • Advertisement
  • 5. Perhatikan anak-anak lain juga

  • Janganlah karena memerhatikan anak istimewa ini Anda membuat saudara-saudaranya menjadi iri. Berilah mereka perhatian yang sama besarnya serta pengertian mengenai saudaranya. Anda hendaknya tidak membuat si jenius merasa terkucil dan sulit bergaul. Biarkan dia menikmati masa kanak-kanaknya juga. Sediakan waktu bermain yang memadai selain waktu berlatih. Ini penting bagi perkembangan jiwanya dan keterampilan dalam pergaulan sosialnya.

  • Anda hendaknya bersyukur bahwa Anda memiliki anak yang sangat berbakat, tetapi janganlah Anda memanfaatkan anak itu terlalu banyak sehingga dia merasa tertekan dan stres berat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan anak berbakat

Menjadi orangtua dari anak-anak yang sangat berbakat merupakan tugas tersendiri yang perlu ditekuni demi masa depan si anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr