5 hal yang harus Anda lawan ketika hamil

Menahan kehendak mungkin akan sakit dan sulit untuk diterima, namun buah yang akan dipetik akan begitu baik dan manis rasanya.

256 views   |   1 shares
  • Kehamilan pertama adalah kebahagiaan paling utama setelah menikah. Namun, tidak sedikit pula kesulitan yang akan dialami ketika kehamilan terjadi pada Anda sebab perubahan emosional terjadi dengan sangat signifikan. Dengan adanya persiapan secara personal saat kehamilan sebenarnya akan membawa dampak positif terhadap kehamilan Anda, hanya saja jika hal yang Anda lakukan itu tepat dan benar. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda "lawan" ketika Anda dalam masa kehamilan.

  • 1. Ketika Anda berkecil hati

  • Pelajaran mental yang seperti ini harus diketahui sejak dini sebelum masa kehamilan datang. Ketahuilah bahwa wanita pada saat hamil muda akan mengalami perubahan mental, dia akan lebih emosional dan mudah berkecil hati. Para suami hendaknya memahami akan hal ini, berilah support untuk ketahanan mental sang istri. Bangkitkan semangatnya, buat dia sebagai wanita yang paling beruntung atas kehamilannya, dan tubuhnya akan terlihat lebih indah ketika dia hamil. Hal ini dapat membuat setiap istri yang hamil akan selalu lebih percaya diri dan bahagia atas kehamilannya. Jangan biarkan mereka patah semangat dan berkecil hati, sebab hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan janin di dalam kandungannya.

  • 2. Mengonsumsi hal-hal yang tidak sehat

  • Terbiasa mengonsumsi hal yang buruk seperti alkohol, narkoba, dan rokok akan memberi dampak yang buruk pada kesehatan tubuh termasuk kandungan Anda. Selain itu terlalu banyaknya mengonsumsi makanan siap saji juga merupakan kebiasaan yang seharusnya dihindari, sebab kita tidak tahu bahan pengawet, penyedap, dan penguat rasa yang dipakai. Jangan mudah terhanyut dengan kenikmatan di depan mata, belum tentu kenikmatan yang tampak pada awalnya akan baik pada akhirnya.

  • 3. Malas untuk cek kesehatan tubuh dan gigi

  • Memerhatikan kesehatan itu penting terutama bagi wanita hamil. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti banyak makan buah dan sayur itu sebenarnya cukup, namun untuk lebih lengkapnya lagi dengan melakukan check-up kesehatan sebanyak 2 kali setahun (bagi orang normal) sedangkan untuk wanita hamil hendaknya setiap bulan hingga waktu melahirkan. Jangan lupa pula dengan memeriksakan kesehatan gigi, tambal gigi bila perlu jika berlubang, akan tetapi jangan dicabut sebab dokter mungkin tidak akan mengizinkan karena dalam masa kehamilan. Gigi berlubang berdampak buruk pada kesehatan.

  • 4. Menyalahgunakan dana atau dengan kata lain "pemborosan"

  • Setelah resepsi pernikahan selesai, segala sesuatu mengenai kehidupan barulah dimulai. Karena itulah, segalanya harus tertata rapi dan berjalan sesuai jalur yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Seperti halnya permasalahan keuangan, pengeluaran-pengeluaran jangka panjang seperti biaya kesehatan, pendidikan anak, tabungan pokok hendaknya sudah tersimpan dan terkumpul secara perlahan namun pasti. Memang jika dana tersebut sudah terkumpul cukup banyak mungkin sifat konsumtif akan muncul. Alangkah baiknya jika perasaan itu dialihkan dengan mengingat fungsi yang lebih penting dari dana yang sudah terkumpul banyak. Dengan pengelolaan dana secara bijak maka perekonomian keluarga dapat terjaga dengan baik, dan hal positif lain adalah bahwa biaya persalinan, perawatan bayi, dan pendidikan yang akan ditanggung tidak akan menjadi beban di kemudian hari.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

5 hal yang harus Anda lawan ketika hamil

Menahan kehendak mungkin akan sakit dan sulit untuk diterima, namun buah yang akan dipetik akan begitu baik dan manis rasanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr