Anak terlanjur ketergantungan pada gadget? Lakukanlah langkah-langkah berikut

Di balik semua kemudahan tersebut pasti ada saja dampak negatif yang kita rasakan, apalagi untuk anak – anak. Mulai dari gangguan secara fisik, mental, dan juga sosial.

1,821 views   |   6 shares
  • Jika kita perhatikan anak - anak zaman sekarang, banyak dari mereka sudah memiliki gadget. Fenomena ini akan banyak kita temui di setiap kota, tetapi juga tidak menutup kemungkinan di daerah pinggiran. Kehadiran gadget memang membawa pengaruh yang baik, yaitu melakukan segala sesuatu secara lebih mudah. Di balik semua kemudahan tersebut pasti ada saja dampak negatif yang kita rasakan, apalagi untuk anak - anak. Mulai dari gangguan secara fisik, mental, dan juga sosial. Tentunya sebagai orangtua yang peduli kita tidak bisa hanya berpangku tangan menyaksikan fenomena ini. Perlu adanya tindakan yang tegas dari orangtua saat mengetahui anak mereka sudah mulai ketergantungan pada gadget.

  • 1. Mencari tahu penyebab anak suka bermain gadget

  • Pertama - tama kita harus mengetahui apa yang membuat anak begitu tergantung pada gadgetnya tersebut. Entah itu karena games, internet, atau aplikasi menarik lainnya.

  • 2. Komunikasikan tentang ketergantungannya terhadap gadget

  • Walaupun anak masih kecil dan kurang mampu mengerti apa yang Anda bicarakan, tetapi tidak ada salahnya mencoba cara ini. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan tidak mengandung emosi. Memang tidak instan anak langsung tidak memainkan gadgetnya lagi tetapi usahakan untuk tetap membicarakannya secara teratur.

  • 3. Melakukan aktivitas bersama

  • Perbanyak mengajak anak untuk berinteraksi dengan Anda. Tentu bukan hal yang mudah terutama jika anak sedang asyiknya memainkan gadgetnya. Diharapkan kegiatan tersebut cukup menarik perhatian anak sehingga anak bisa fokus berinteraksi dengan Anda. Dalam hal ini orangtua memang dituntut untuk bisa lebih kreatif dan pandai menciptakan suasana. Dengan begitu anak akan bisa meletakkan gadgetnya sejenak dan berinterkasi dengan Anda.

  • 4. Tegas dalam memberikan batas - batas dalam bermain gadget

  • Batasan - batasan dalam bermain gadget memang perlu kita tegakkan kepada anak. Bersikaplah tegas kepada anak, mereka perlu kita didik secara disiplin agar anak mengerti bahwa yang dilakukannya tersebut tidak baik untuk dirinya sendiri. Berikankan batasan yang jelas entah itu anak diperbolehkan memegang gadget pada hari tertentu saja atau yang lainnya. Bagi sang anak tindakan ini akan membuatnya sedih dan mungkin marah, walaupun anak menunjukkan perilaku tersebut jangan mudah terpancing dan memperbolehkannya memainkannya.

  • 5. Motivasi anak untuk bermain di luar rumah

  • Advertisement
  • Tak jarang para orangtua memberikan gadget kepada anaknya agar si anak bisa tetap berada di dalam rumah dan terhindar dari bahaya kalau bermain di luar rumah. Hal ini baik dan tidak ada yang melarang, tetapi hal ini juga bisa menjadi bumerang bagi orangtua jika tidak ada tindakan yang nyata. Anak perlu untuk bersosialisasi dengan dunia luar. Motivasi anak untuk mau meletakkan gadgetnya dan mulai melangkah keluar rumah. Bukan berarti kita membiarkan dia pergi begitu saja tetapi tetap kita selalu awasi, sehingga kita tetap mampu mengetahui kondisi anak kita.

  • 6. Jadilah teladan bagi anak

  • Bagaimana anak tidak menjadi seorang yang memiliki ketergantungan pada gadget jika orang - orang terdekatnya semua suka bermain gadget? Mulai sekarang cobalah untuk membatasi bermain gadgetdi rumah, agar kita menjadi teladan bagi anak - anak.

  • 7. Mengajak anak untuk liburan

  • Sesekali mengajak anak untuk pergi liburan juga merupakan cara kita menjauhkan anak dari gadget. Beri kesempatan anak untuk bisa menikmati alam sehingga dia menemukan sebuah kesenangan tersendiri. Memang cara ini hanya memisahkan anak dari gadget secara sementara, tetapi tidak salahnya untuk dicoba.

  • 8. Berkonsultasi dengan orang yang tepat

  • Jika dirasa ketergantungan anak pada gadget sudah sulit untuk dikendalikan, tidak ada salahnya kita meminta bantuan seorang ahli seperti psikolog atau dokter anak.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Anak terlanjur ketergantungan pada gadget? Lakukanlah langkah-langkah berikut

Di balik semua kemudahan tersebut pasti ada saja dampak negatif yang kita rasakan, apalagi untuk anak – anak. Mulai dari gangguan secara fisik, mental, dan juga sosial.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr