Belajar itu bukan cuma di sekolah, lho. Yuk, coba ke 5 tempat menyenangkan ini

Banyak sekali tempat menarik yang juga berfungsi sebagai sarana untuk belajar bagi anak kita.

317 views   |   1 shares
  • Sekolah adalah tempat proses belajar mengajar. Seorang pelajar mempunyai tanggung jawab untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Bertahun-tahun para pelajar belajar di dalam gedung sekolah tersebut. Satu pertanyaan untuk Anda, apakah Anda pernah merasakan sebuah kejenuhan saat Anda berada di bangku sekolah waktu itu?. Tidak dapat dipungkiri beberapa orang pasti pernah mengalami hal tersebut, termasuk juga saya. Untuk itu supaya buah hati Anda tidak merasa bosan dengan suasana belajar di sekolah seperti saya dan Anda dulu rasakan, berikut ini adalah beberapa tempat menarik yang dapat digunakan sebagai sarana belajar yang menarik selain di sekolah:

  • 1. Perpustakaan

  • Perpustakaan dikenal sebagai gudang ilmu pengetahuan. Banyak hasil karya ilmu pengetahuan tersimpan di sini. Sangat disayangkan apabila keluarga Anda terutama anak tidak mengenal fungsi perpustakaan yang sebenarnya. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat memperluas wawasan yang bisa diperoleh di sini. Usahakan untuk sering mengajak anak Anda mengunjungi perpustakaan agar ia gemar membaca sebab membaca adalah hal yang sangat bermanfaat bagi kemajuannya.

  • 2. Museum (Purbakala, Sejarah)

  • Tempat yang kedua ini adalah sarana pengenalan yang lebih mendalam terhadap negara tercinta dan nenek moyang kita. Di dalamnya terdapat hal-hal yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme sang buah hati, dengan cara melihat peninggalan sejarah ataupun benda-benda kuno yang sudah ada sejak zaman prasejarah. Tentunya kunjungan ke museum merupakan pengalaman yang menarik sebab dengan begini anak akan dapat sedikit membayangkan untuk kembali ke masa lalu melalui imajinasinya.

  • 3. Kebun binatang

  • Perilaku hewan yang belum pernah anak kita lihat secara nyata pasti akan membawa nuansa hiburan baginya begitu dia mengamatinya. Berbeda dengan perpustakaan di mana anak hanya melihat gambar binatang tertentu maka di kebun binatang dia bisa melihatnya dengan nyata binatang-binatang yang pernah dilihatnya di buku perpustakaan itu. Kekagumannya tentu membuat Anda gembira.

  • 4. Kemah di alam bebas

  • Melakukan sebuah petualangan adalah hal yang sangat digemari oleh anak-anak terutama oleh anak-anak yang menginjak usia remaja dan remaja. Jika kesempatan mengizinkan, buatlah acara keluarga seperti berkemah di alam bebas. Bantu anak untuk mempersiapkan kegiatan keluarga ini. Bantu anak untuk belajar mandiri. Kegiatan ini dapat membuat anak untuk lebih mencintai alam sekitar, mengenal berbagai macam tumbuhan, pepohonan dan lainnya.

  • Advertisement
  • 5. Berkunjung ke tempat-tempat khusus yang bersejarah

  • Tempat lainnya yang dapat dijadikan sarana belajar oleh anak kita adalah dengan mengunjungi gedung-gedung bersejarah yang tersebar baik di dalam maupun di luar kota, seperi monumen nasional, tempat wisata candi-candi, dan lainnya.

  • Banyak sekali tempat menarik yang juga berfungsi sebagai sarana untuk belajar bagi anak kita. Manfaatkan masa liburan sekolah mendatang untuk membawa anak Anda menikmati suasana liburan yang sekaligus dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasannya untuk bekal kehidupannya kelak.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Belajar itu bukan cuma di sekolah, lho. Yuk, coba ke 5 tempat menyenangkan ini

Banyak sekali tempat menarik yang juga berfungsi sebagai sarana untuk belajar bagi anak kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr