1001 kebaikan yang tercipta dari pelukan seorang ibu kepada anaknya

Pelukan dari ibu memiliki banyak manfaat yang berharga, baik secara fisik maupun secara psikologis. Tanpa kita sadari, setiap pelukan dan dekapan ibu memberikan perasaan yang nyaman dan hangat.

3,576 views   |   24 shares
  • Pelukan adalah ekspresi sayang dalam bentuk sentuhan fisik yang paling mudah dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain yang dianggap memiliki hubungan baik. Seperti hubungan antara ibu dan anak. Ibu dan anak memiliki hubungan yang paling dekat dan intim. Itu karena ibulah sosok yang selalu dibutuhkan saat anak membutuhkan sesuatu. Tetapi bukan berarti sosok ayah tidak memiliki hubungan dan kedekatan yang sama seperti ibu. Hanya saja ayah sebagai kepala rumah tangga harus bekerja dan tentunya kurang memiliki waktu bersama dengan anak karena waktunya lebih banyak di luar. Itulah sebabnya, hampir semua anak akan merasa memiliki hubungan yang lebih dekat dengan ibu dibanding ayah.

  • Pelukan dari ibu memiliki banyak manfaat yang berharga, baik secara fisik maupun secara psikologis. Tanpa kita sadari, setiap pelukan dan dekapan ibu memberikan perasaan yang nyaman dan hangat. Bukan hanya anak yang merasa nyaman, tetapi bagi seorang ibu memeluk anak yang dicintainya adalah kesempatan emas yang tak ternilai harganya, ada rasa bahagia, percaya diri, memiliki dan perasaan cinta yang diperoleh satu dengan yang lain.

  • 1. Pelukan ibu adalah cara terbaik menyembuhkan jiwa dan hati anak yang terluka. Ketika anak merasa kecewa, terlukai, frustari, cemas dan mengalami tekanan batin yang membuat jiwanya sakit atau depresi. Pelukan ibu adalah penyembuhnya. Setidaknya melalui pelukan, rasa itu terbagi kepada ibu. Dan anak akan merasa ia tidak sendiri merasakannya.

  • 2. Pelukan ibu dapat menentramkan perasaan anak yang tertekan. Sentuhan lembut ibu akan merangsang keluarnya hormon oksitosin yang mampu memberikan efek menenangkan pada anak yang sedang merasa marah, sedih, takut atau tertekan.

  • 3. Pelukan ibu adalah media terbaik untuk menyampaikan nasihat. Terkadang anak akan mudah mendengar nasihat atau perintah dari ibu melalui sebuah pelukan dan belaian. Anak akan merasa perintah ibu bukan suatu beban.

  • 4. Sentuhan dari pelukan ibu akan meningkatkan sistem pertahanan anak. Sentuhan yang tepat akan merangsang sistem penghasil sel darah putih yang dapat menguatkan sistem imun pada anak.

  • 5. Pelukan ibu akan membuat anak merasa aman dan dilindungi. Sentuhan ibu akan selalu menjaga anak dari rasa tidak aman. Pelukan ibu akan selalu melindungi anak dari ketidaknyamanan yang mengganggu. Ketika anak merasa dirinya terancam, ia akan berlari ke ibu untuk mencari perlindungan.

  • 6. Pelukan ibu adalah obat ketika anak sakit. Walaupun tidak langsung dapat menyembuhkan, tetapi pelukan hangat dari ibu akan mengurangi rasa sakit yang anak alami.

  • Advertisement
  • 7. Pelukan ibu mengajarkan anak bagaimana melakukan suatu hal yang baik dalam kehidupan sosialnya. Anak yang sering dipeluk ibu lebih mampu berempati terhadap lingkungannya. Sehingga kehidupan sosialnya terjalin baik.

  • 8. Pelukan ibu adalah komunikasi non verbal yang dapat meredam konfik dan memperbaiki hubungan antara ibu dan anak. Pelukan adalah salah satu cara untuk membangun kedekatan hubungan kembali membaik.

  • 9. Pelukan ibu dapat membantu perkembangan anak. Anak yang jarang dipeluk oleh ibu, perkembangannya sedikit lambat. Anak yang sering dipeluk ibu akan merasakan energi dan semangat baru untuk berkembang dan beraktivitas. Pertumbuhannya akan sehat.

  • 10. Pelukan ibu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dekapan ibu akan merangsang kerja aliran darah ke otak yang memudahkan anak untuk berpikir, cepat tanggap dan mudah memahami. Pelukan adalah dorongan agar anak semangat untuk belajar. Pelukan ibu mampu meningkatkan rasa percaya diri anak yang berpengaruh pada peningkatan kecerdasan anak.

  • 11. Pelukan ibu dapat membantu anak untuk mengatur emosi. Anak akan mudah belajar untuk menekan emosi yang negatif, mudah mengendalikan rasa marah, menjadi pribadi yang lebih tenang dan akan tumbuh menjadi anak yang penyayang.

  • Pelukan akan memperkuat ikatan batin dan rasa sayang antara ibu dan anak. Itulah sebabnya kita harus sering merasakan pelukan ibu kita. Tak ada kata terlambat untuk memeluk ibu kita. Walaupun saat ini kita bukan anak-anak lagi, jangan malu untuk meminta sebuah pelukan dari ibu. Di mata ibu, kita masih anak kecil kesayangannya. Sebuah pelukan tulus akan lebih bermakna dari pujian dan hadiah. Bila masih ada waktu dan kesempatan, cari ibu dan peluklah ia.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

1001 kebaikan yang tercipta dari pelukan seorang ibu kepada anaknya

Pelukan dari ibu memiliki banyak manfaat yang berharga, baik secara fisik maupun secara psikologis. Tanpa kita sadari, setiap pelukan dan dekapan ibu memberikan perasaan yang nyaman dan hangat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr