Mengasuh anak terasa berat? Tenang, bisa 'kok diringankan!

Tak ada yang bilang pekerjaan mengasuh anak itu ringan. Sebab memang tidak. Namun, ada kok cara-cara yang bisa membuat pekerjaan super berat itu menjadi lebih ringan. Caranya dengan melakukan parenting with emphaty. Apa itu?

465 views   |   12 shares
  • Salah satu kunci agar tugas sebagai orangtua tak dianggap sebagai beban berat adalah menerapkan parenting with empathy. Demikian seperti yang disampaikan oleh Devi Sani, M.Psi, Psikolog, dari Klinik Rainbow Castle. Sebenarnya apa sih yang disebut empati?

  • Menurut Devi, empati bukanlah memanjakan anak tanpa batasan, mencoba menyelesaikan masalah anak, setuju dengan perilaku salahnya, terlalu menggali perasaannya hingga membuka paksa lukanya, menyamakan reaksi dengan mood-nya, berusaha membuatnya tersenyum saat bukan itu sebenarnya yang ia butuhkan.

  • Lalu apa dong, empati itu? Jadi, empati sesungguhnya adalah:

    • Mendengarkan dan menerima tanpa ingin buru-buru menyelesaikan masalah yang dihadapi anak. Hal ini jelas jauh lebih bermanfaat apalagi jika pada akhirnya anak mendapatkan sendiri solusinya.

    • Mengakui perasaannya "Kamu kelihatannya sebal yang, enggak dipilih masuk tim futsal". Dengan melakukan pengakuan ini, anak akan merasa ditemani. Ia akan menangkap pesan bahwa orangtuanya mengerti perasaannya, dan membiarkan ia mengeluarkan rasa sedih atau marah itu hingga selesai.

    • Orangtua tetap punya batasan yang sehat dengan anak. Saat anak merasa ini adalah akhir dunia, kemampuan kita dalam meregulasi emosi diri sendirilah yang membuatnya merasa bahwa ini sebenarnya bukan the end of the world.

  • Mudah? Tentu perlu usaha yang tak sedikit. Tetapi jika kita selalu ingat akan hal ini saat berelasi dengan anak, akan membantu anak mampu memahami dan menerima sendiri emosi yang ia rasakan. Hal inilah yang membuat emosi-emosi besar tak terkontrol, menjadi terkontrol, bahkan "terlegakan" dan terventilasi. Kita tak perlu selalu suka dengan perasaan yang anak tampakkan, tapi cukup mengakuinya saja di depan anak bahwa emosi itu ada. Baginya hal itu cukup.

  • Nah, ada hal penting lain yang perlu diingat agar mengasuh anak terasa ringan. Yakni: memaafkan diri sendiri. Sebab kadang dalam menjalankan peran sebagai orangtua, kita sering merasa tak sempurna dan banyak melakukan kesalahan. Meski sebenarnya tidak, kok. Ya, menjadi orangtua tidak ada sekolahnnya memang. Namun sekarang ada banyak sekali tips parenting bertebaran di berbagai media sosial yang mudah diakses.

  • Di satu sisi, hal tersebut tentu bagus untuk menambah wawasan orangtua tentang tips dan trik menghadapi anak. Namun di sisi lain, hal tersebut juga dapat menyebabkan rasa bersalah dalam diri orangtua. Melakukan kesalahan sedikit saja yang tak sesuai dengan pakem teori parenting, menimbulkan rasa sesal yang berkepanjangan.

  • Advertisement
  • Padahal setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Belum lagi jika di masa kecilnya, Anda mendapatkan pola asuh yang kurang tepat dari orangtua. Tentu akan sulit mengubah hal tersebut, yang sudah terekam di dalam otak secara tidak sadar.

  • Jika hal ini memang terjadi, ada baiknya orangtua dapat memaafkan diri sendiri. Jika Anda tiba-tiba memukul anak saat sedang lelah dan memang anak tantrumnya parah sekali. Maafkan diri sendiri. Katakana pada anak bahwa Anda menyesal. Contoh: maafin papa tadi pukul adik ya. Papa seharusnya gak boleh lakuin itu. Setelah itu move on. Tidak usah merasa bersalah yang berkepanjangan. Karena anak pasti akan merasa bila orangtua merasakan rasa bersalah yang terus menerus, dan itu bisa memengaruhi hubungan orangtua dengan anak.

  • Dengan orangtua bisa mengatakan rasa penyesalan dan move on, anak juga sebenarnya bisa belajar bagaimana menangani suatu masalah. Bahwa manusia bisa salah, namun manusia pun bisa memperbaiki kesalahan itu.

Bantu kami menyebarkan

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Mengasuh anak terasa berat? Tenang, bisa 'kok diringankan!

Tak ada yang bilang pekerjaan mengasuh anak itu ringan. Sebab memang tidak. Namun, ada kok cara-cara yang bisa membuat pekerjaan super berat itu menjadi lebih ringan. Caranya dengan melakukan parenting with emphaty. Apa itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr