Memiliki Uang Lebih Banyak Bukan Berarti Menjadi Lebih Bahagia

Suatu penelitian yang masih terus dipelajari hingga saat ini adalah mengenai lebih banyak uang yang kita miliki bukan berarti akan membuat kita merasa lebih bahagia.

8,282 views   |   5 shares
  • Suatu penelitian yang masih terus dipelajari menyimpulkan bahwa memiliki lebih banyak uang, sewaktu Anda berkecukupan bukan berarti bertambah bahagia. Memang, “berkecukupan” sangat sulit untuk ditentukan, tapi sebagian orang sebenarnya telah berkecukupan.

  • Kebanyakan orang menginginkan pendapatan yang lebih banyak dan hal tersebut dapat merugikan kita dalam 2 cara. Tanyakan pada diri Anda sendiri situasi berikut yang manakah yang berlaku bagi Anda.

  • Ingin lebih banyak terus menerus

  • Pertama, sebagian dari kita yang terus menerus menginginkan sesuatu lebih banyak telah menghabiskan begitu banyak waktu memusatkan perhatian hanya untuk mencari lebih banyak uang. Hal ini mungkin terlihat dari cara mengambil jam kerja tambahan untuk menghasilkan uang tambahan, tanpa memperdulikan dampaknya terhadap keluarga – atau mungkin melanggar perjanjian kerja. Beberapa orang telah menginvestasikan tabungan perguruan tinggi dan pensiun nya dalam perusahaan yang beresiko tinggi yang tidak sepenuhnya mereka pahami, yang akhirnya membuat keluarga bangkrut daripada kaya.

  • Ada sebagian orang yang berupaya memperbanyak pendapatannya menanamkan uangnya pada (dengan meminjam uang untuk membeli saham) yang mengandung risiko lebih tinggi daripada (menanamkan uang pada perusahaan yang berdasarkan pembelajaran kinerjanya di masa lalu akan menguntungkan, ternyata setelah dijalani, belum tentu memberikan keuntungan yang diharapkan). Saya tidak mengatakan bahwa kerja keras tidak diperlukan lagi dalam kehidupan kita, kita tetap perlu bekerja keras. Tidak semua orang dilahirkan berbakat kaya, lebih banyak orang yang lahir sederhana.

  • Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah yang akan saya korbankan ketika saya menginginkan lebih banyak? jika Anda tidak menyukai jawabannya, jangan mengejar mimpi itu. Carilah tujuan dan hasrat Anda dalam hidup ini yang akan memperkaya keluarga Anda tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

  • Membelanjakan uang yang tidak Anda miliki

  • Langkah kedua yang mendatangkan celaka karena keinginan kita untuk memiiki lebih banyak adalah ketika kita membelanjakan uang yang akan kita terima (lebih buruk lagi kalau uangnya masih tidak menentu). Ketika kita meminjam untuk membeli sesuatu yang kita inginkan namun belum mampu membelinya sekarang, itu sama saja seperti kita merampok diri kita dari peluang masa depan dengan berbagai cara.

  • Misalnya, jika kita meminjam Rp20.000.000 untuk liburan bersama keluarga yang belum mampu kita biayai, begitu liburan berakhir kita tidak mendapatkan apa-apa kecuali kenangan. Selama berbulan-bulan atau mungkin beberapa tahun kita masih harus membayar biaya pinjaman tersebut, dan mengorbankan hal-hal lain yang tidak terhitung jumlahnya karena kita memilih untuk menghabiskan uang yang tidak kita miliki. Bila Anda memikirkannya, pinjaman Anda yang Rp 20.000.000,- ditambah dengan bunganya akan dengan mudah berubah menjadi Rp25.000.000,- Itu sama saja dengan mengorbankan lebih dari 500 kali membelanjakan Rp50.000,-.

  • Advertisement
  • Setiap kali kita harus mengatakan kepada diri kita, saya tidak dapat membelanjakan uang Rp 50.000 ini karena saya harus melunasi pinjaman untuk biaya liburan saya yang menyedihkan.

  • Bila meminjam uang menjadi suatu pola dalam hidup Anda daripada pengecualian, maka tagihan akan menggunung, bunga akan menumpuk dan kesengsaraan pasti menjelang. Uang tidak akan pernah bisa membeli kebahagiaan; uang dapat membeli kesedihan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Why More Money doesn't Equal More Happiness" karya Devin Thorpe.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Memiliki Uang Lebih Banyak Bukan Berarti Menjadi Lebih Bahagia

Suatu penelitian yang masih terus dipelajari hingga saat ini adalah mengenai lebih banyak uang yang kita miliki bukan berarti akan membuat kita merasa lebih bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr