Tips mudah mengatur keuangan keluarga sambil menjadi ibu bekerja

“Super mom” adalah seorang pahlawan, ia akan bertanggung jawab dan menyelamatkan perekonomian keluarga serta kesehatan seluruh anggota keluarga.

1,188 views   |   2 shares
  • Wanita sudah banyak memiliki perubahan dari segi pengembangan diri mereka, mengenai karier yang dapat diraihnya kini sudah dapat dijangkau secara luas. Namun, bagaimanapun dari kebebasan yang kini sudah bisa mereka raih akan menimbulkan sebuah konsekuensi. Untuk seorang ibu yang juga sebagai wanita karier harus masih tetap mengurus tanggung jawabnya sebagai bendahara keuangan keluarga, tentu hal ini akan cukup merepotkan para ibu tersebut. Maka dari itu di sini terdapat beberapa tips untuk memudahkan para ibu yang bekerja juga dapat mengatur keuangan keluarga secara efisien.

  • Membuat daftar keuangan khusus untuk keluarga dan khusus pribadi

  • Sebagai bendahara keluarga harus memiliki catatan mulai dari pengeluaran dan pemasukan keuangan yang terjadi pada setiap bulannya, dan bagi ibu yang juga mempunyai penghasilan sendiri harus memiliki rincian pengeluaran rutin setiap bulannya. Ibu harus memisahkan dan menyesuaikan mana antara kewajiban bulanan keluarga serta keperluan, dan juga pengeluaran pribadi.

  • Membuat sebuah kesepakatan tentang kebutuhan pribadi masing-masing

  • Kebutuhan yang paling diutamakan adalah kebutuhan bersama. Hanya saja jika salah satu pasangan sekali-kali menginginkan menikmati hasil jerih payah sendiri sebenarnya tidak jadi masalah, bukan? Akan tetapi hal ini tidak bisa semata-mata dilakukan begitu saja tanpa kesepakatan sebelumnya, Anda pasti tidak berpikir untuk mencari kesenangan sendiri tanpa kehadiran pasangan pada saat itu! Dibutuhkan usaha untuk selalu bisa memahami dan memberikan ruang terhadap pasangan, mungkin juga akan membutuhkan pengorbanan untuk dapat melalui hal ini.

  • Uang perlindungan kesehatan

  • Memprioritaskan pendanaan perlindungan kesehatan keluarga. Hidup Anda akan lebih mudah jika sudah memiliki dana kesehatan untuk keluarga. Hal ini sangatlah penting, bagaimana jadinya jika sebuah hal yang tidak diinginkan menimpa salah satu anggota keluarga. Hanya dikarenakan tidak menyiapkan dana khusus untuk membiayai kesehatan keluarga, akhirnya terpaksa merelakan barang-barang berharga yang dimilliki sebagai pengganti biaya kesehatan. Maka dari itu prioritas kedua setelah biaya pangan adalah biaya kesehatan keluarga.

  • Menggunakan uang sisa sebagai anggaran acara keluarga

  • Hari-harinya mungkin akan terasa singkat bagi "super mom", untuk memiliki waktu bersama keluarga bahkan harus sedikit mengorbankan beberapa jam sibuk. Untuk itu setidaknya jika berkesempatan untuk mengambil cuti, gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk dapat pergi bersama keluarga. Setidaknya jika memang tidak harus pergi keluar rumah, buat sebuah acara keluarga seperti pesta barbeque, atau semacam pesta kecil makan besar, itu sudah terlihat cukup untuk pendamping canda tawa bersama keluarga. Untuk anggarannya Anda tidak harus menyisihkan terlalu banyak uang saat awal bulan mendapatkan upah, gunakan dari setiap pembelian lalu Anda kumpulkan. Dana mungkin tidak akan terkumpul sangat banyak, untuk menanggulanginya Anda bisa menambahkan sedikit dari uang yang akan ditabung jika memang sangat dibutuhkan.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Tips mudah mengatur keuangan keluarga sambil menjadi ibu bekerja

“Super mom” adalah seorang pahlawan, ia akan bertanggung jawab dan menyelamatkan perekonomian keluarga serta kesehatan seluruh anggota keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr