Saat-saat yang tepat menjalin komunikasi efektif dengan anak

Tidak akan pernah ada hubungan yang baik muncul dari komunikasi yang buruk.

633 views   |   7 shares
  • Tidak akan pernah ada hubungan yang baik muncul dari komunikasi yang buruk. Tidak sedikit permasalahan terpicu hanya dari kesalahan dalam berkomunikasi. Jika komunikasi yang efektif diterapkan secara baik dalam pengasuhan orangtua terhadap anak, maka terjalinnya hubungan yang baik antara orangtua dan anak akan terjamin. Diperlukan sebuah moment yang tepat untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif. Anak memiliki keadaan yang memengaruhi emosinya sehingga akan mampu menerima atau tidak terhadap masukan dari orangtuanya. Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda sebagai orangtua, ketika melakukan komunikasi dengan anak.

  • 1. Orangtua menjadi pendengar yang baik

  • Anak akan merasa nyaman dalam arti tidak tegang ketika bersama Anda. Anak dengan kondisi demikian disebabkan Anda telah mampu untuk mencoba memahami apa yang terjadi padanya. Semakin ia nyaman maka Anda pun akan semakin mudah untuk memberikan komunikasi efektif kepada mereka.

  • 2. Orangtua menggunakan alat sebagai komunikasi alternatif

  • Alat komunikasi masa kini telah sangat canggih, semua produk menggunakan teknologi internet. Sudah banyak sekali pengguna alat komunikasi pintar ini, baik kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan bahkan usia lanjut, sebab mereka merasa mudah untuk dapat berkomunikasi dengan keluarganya di mana pun mereka berada. Bagi para orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya, bahkan jika orangtua sedang berada di luar negeri untuk menyelesaikan pekerjaan, hal ini mempermudah mereka untuk tetap bisa mengawasi dan memerhatikan buah hati mereka saat bekerja. Dengan sang buah hati tetap mendapatkan perhatian dan sering berbicara dengan orangtuanya, maka dia tidak akan merasa segan untuk selalu berkomunikasi dengan baik.

  • 3. Mencari waktu yang tepat untuk berkomunikasi

  • Dibutuhkan sikap mengalah untuk dapat mengondisikan situasi agar orangtua dapat berbicara dengan baik kepada buah hatinya. Jika pihak orangtua dan buah hati sama-sama sedang dalam keadaan emosional, komunikasi efektif tidak akan dapat terjadi. Hindarkan segala hal yang mampu menghambat komunikasi antara orangtua dengan anak. Jika anak merasa nyaman ketika bersama Anda, maka mereka akan bersemangat untuk juga menceritakan tentang pengalamannya pada hari itu. Ketika anak sudah mulai bercerita tentang kejadian yang dia alami, maka saat itu dapat dikatakan waktu yang berkualitas untuk berkomunikasi secara efektif dengannya.

  • 4. Melakukan pendekatan kepada anak dengan mengajak mereka berlibur

  • Advertisement
  • Pada umumnya anak sangat menyukai acara berlibur dan bertamasya ke tempat hiburan. Mereka akan tampak sangat bahagia dengan segala wahana hiburan di hadapan mereka, dan saat-saat bahagia itu anak mempunyai emosi yang dapat dikendalikan. Anda dapat membuat sebuah permainan yang dapat membentuk kebersamaan serta kerja sama dalam sebuah tim, dan dengan terbentuknya sebuah tim harus ada komunikasi yang baik untuk dapat menyelesaikan sebuah misi atau permainan.

  • 5. Orangtua menjadi pendamping saat anak belajar atau menonton TV

  • Kebersamaan yang selalu terjaga dengan baik akan selalu menciptakan komunikasi yang efektif. Anak akan merasakan kehangatan dengan kehadiran orangtuanya, seperti ketika ia belajar, ataupun ketika sedang berkumpul dengan menonton TV bersama sambil memberikan nasihat yang positif. Kebiasaan tersebut akan membuat sebuah komunikasi yang cukup baik antara anak dan orangtua, maka tidak akan menjadi masalah ketika anak dan orangtua harus membicarakan sesuatu hal yang serius sebab mereka sudah terbiasa bersama dan berbincang.

  • Fungsi dari komunikasi efektif ialah menghindari kesalahpahaman dan menumbuhkan sikap menghormati antara sesama anggota keluarga. Lindungilah komunikasi Anda bersama buah hati untuk mendapatkan perilaku yang baik ketika ia tumbuh dewasa nanti.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Saat-saat yang tepat menjalin komunikasi efektif dengan anak

Tidak akan pernah ada hubungan yang baik muncul dari komunikasi yang buruk.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr