Cara tepat melatih kesabaran sang buah hati

Sebenarnya dengan membentuk kesabaran dalam pribadi mereka pada usia dini, akan lebih efektif untuk kesabaran yang akan mereka miliki di masa selanjutnya.

763 views   |   1 shares
  • Anak-anak akan menangis jika mengalami sebuah tekanan di dalam hatinya. Tekanan tersebut berasal dari hal yang memengaruhi emosinya, seperti sesuatu yang menjadikannya sakit, bosan, lelah, dan mengantuk. Tentu saja hal-hal tersebut akan menjadikannya alasan untuk menangis. Di sisi lain apakah Anda menyadari bahwa mereka telah memasuki fase di mana mereka membentuk kesabaran dalam dirinya? Sebenarnya dengan membentuk kesabaran dalam pribadi mereka pada usia dini, akan lebih efektif untuk kesabaran yang akan mereka miliki di masa selanjutnya.

  • Tidak sedikit orangtua yang kurang memahami fase ini, sebagian dari mereka lebih memilih menuruti emosi mereka sendiri. Sebenarnya apa yang menjadikan seorang anak itu baik atau buruk adalah apa yang dia lihat di sekitarnya, termasuk perilaku orangtua. Jika orangtua yang terlalu menunjukkan ketidaksabaran akan keadaan sekitar di hadapan buah hati, maka buah hati akan seperti itu pula dan begitu juga sebaliknya.

  • Berikut ini cara tepat membentuk budaya sabar bagi kepribadian sang buah hati.

  • 1. Orangtua sebagai contoh teladan bagi sang buah hati

  • Kepribadian yang terbentuk dari anak tidak akan jauh dari perilaku orangtuanya, sebab orangtua adalah orang yang paling sering berinteraksi dengan mereka. Jika saja orangtua sering bertindak ceroboh dan kurang bersabar, maka anak juga tidak lepas dari hal itu. Ambilah sikap tenang dan sabar ketika menghadapi setiap hal yang terjadi, anak akan lebih memahami apa itu bersabar.

  • 2. Tidak harus selalu menuruti kehendak buah hati

  • Menunjukkan rasa sayang dan cintanya terhadap buah itu memang sangat baik, namun beberapa orangtua selalu menuruti apa saja kehendak sang buah hati hanya untuk menunjukkan cinta mereka. Di sini tidak berarti Anda harus menjadi orangtua yang tidak murah hati, hanya saja hendaknya lebih bijaksana dalam menuruti setiap keinginan sang buah hati. Penundaan sebuah janji bukan berarti tidak akan menepati janji, namun memberikan sebuah pengertian untuk mengerti akan sebuah keadaan. Jika anak selalu mendapatkan apa yang dia inginkan dan itu terasa cepat mereka dapatkan, kelak mereka hanya membutuhkan sedikit waktu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka dapat bertindak emosional ketika mereka tidak dapat mendapatkan suatu hal yang seharusnya mereka dapatkan secara cepat.

  • 3. Menjelaskan secara teori dan praktek tentang manfaat yang didapat dengan bersabar

  • Anak tidak akan pernah tahu apakah makna dan apakah manfaat yang akan mereka dapatkan dengan bersabar, kecuali Anda sebagai orangtua yang memberikan arahan dan memberikan contoh bagaimana sikap yang tepat dalam menghadapi setiap hal. Jelaskan pula manfaat yang sangat menyenangkan dan melegakan ketika dapat bersabar.

  • Advertisement
  • 4. Mengisi waktu luang ketika hendak menunggu sesuatu

  • Ketika anak sedang dalam kegiatan yang menyibukkannya, maka perhatiannya dapat teralihkan. Dan mengenai pelajaran dalam bersabar pada anak, gunakanlah cara ini! Alihkan perhatian mereka dengan beberapa permainan menarik atau sesuatu yang mereka sukai di samping ia harus menunggu dan bersabar dari hal yang ia nantikan. Dengan begitu anak tidak akan meraa terlalu larut dalam penantiannya. Di waktu ia mulai mendapatkan keinginannya setelah ia menanti dengan sabar, maka sebuah kelegaan yang begitu berarti akan ia dapatkan.

  • Hal yang setiap orangtua inginkan sebenarnya adalah melihat bagaimana sang buah hati tumbuh menjadi orang yang berbudi baik, maka dari itu jadilah contoh yang terbaik. Bersabar dan tetap tenang dalam mendidik anak pasti akan menjadikan pribadi anak kelak menjadi orang yang penyabar dan murah hati.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Cara tepat melatih kesabaran sang buah hati

Sebenarnya dengan membentuk kesabaran dalam pribadi mereka pada usia dini, akan lebih efektif untuk kesabaran yang akan mereka miliki di masa selanjutnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr