Selalu cukup secara finansial? Bisa kok, asalkan..

Hidup ini tidak akan indah dengan sendirinya, dengan adanya kebijaksanaan dalam mengatur segala sesuatu dalam kehidupan ini maka akan membawa kesejahteraan baik segi ekonomi maupun hati kita.

570 views   |   4 shares
  • Memiliki jumlah uang yang cukup banyak bukanlah hal yang mudah, banyak sekali godaan yang bersifat konsumtif yang akan membuat Anda semua tergiur olehnya. Dengan adanya rasa tidak pernah puas maka seberapa pun uang yang dimiliki hanya tampak melintas saja dari tangan Anda.

  • Dari semua hal itu sebenarnya tergantung pada diri orang itu sendiri. Apa dia mampu menahan diri untuk dapat lebih bijaksana dalam mengatur keuangan, atau justru menuruti jiwa konsumtif yang ada dalam dirinya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk menjauhkan kehidupan yang royal dalam kehidupan Anda demi kesejahteraan keluarga.

  • 1. Kurangi jajan di luar

  • Refreshing itu perlu, terutama untuk kegiatan yang bisa dijadwalkan pada setiap bulan, dan fungsinya untuk meninggalkan kejenuhan dari urusan pekerjaan atau bisnis yang sedang dijalani. Dari hal ini pastinya akan membutuhkan biaya yang mungkin relatif banyak, hanya tinggal menentukan tempat tujuan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat . Memang tidak akan terasa lengkap jika tidak mengisi perut pada salah satu ciri khas kuliner setempat. Untuk itu sebaiknya gunakan sebuah inisiatif yang memungkinkan untuk meminimalkan pengeluaran untuk jajan di luar, seperti upayakan perut kenyang sebelum berangkat, atau bawalah uang seperlunya.

  • 2. Kurangi pembelian di luar rencana

  • Ketika berada di sebuah tempat keramaian biasanya keadaan paling menggoda, terkadang dengan tujuan yang sudah direncanakan ternyata keputusan akhirnya terabaikan. Sebaiknya bersabarlah terlebih dahulu, lakukan hal penting apa yang paling Anda butuhkan. Membeli suatu hal yang lain di luar catatan dapat Anda lakukan asalkan semua barang yang dibutuhkan sudah terpenuhi.

  • 3. Stop 'keinginan'

  • Bagaimanapun keinginan akan selalu menang di atas kenyataan. Dalam hal ini sangat diperlukan sebuah kebijaksaanaan agar tidak sampai terjadi kerugian, kerugian ini didapat jika Anda memaksakan kehendak untuk memiliki sesuatu sedangkan keuangan sangat tidak mendukung hasrat ini.

  • 4. Jumlah uang dalam tabungan harus lebih banyak daripada uang kontan

  • Fungsi tabungan tidak lain untuk meminimalkan angka pengeluaran dan mengalihkan fungsi uang tersebut sebagai harta yang akan dikembangkan. Namun, apabila uang dalam tabungan berjumlah lebih sedikit daripada uang kontan di dalam dompet, maka kemungkinan jumlah pengeluaran akan melebihi kuota yang telah ditentukan sebelumnya.

  • 5. Stop mengandalkan kartu kredit

  • Advertisement
  • Sistem kredit bertujuan untuk membantu proses pembayaran dari hasil pembelian menjadi lebih ringan. Namun, jika saja Anda selalu mengandalkan semua sistem pembayaran itu kredit, maka Anda akan merasa menjadi mudah untuk memiliki barang lain dengan sistem kredit.

  • Anda akan nampak ringan jika cicilan bulanan Anda kurang dari 50% penghasilan Anda setiap bulan, akan tetapi jika Anda memiliki lebih dari 50% bahkan 110% dari pendapatan tiap bulan apakah Anda tidak lebih bingung untuk menutupnya?

  • Keuangan yang sehat dalam periode 1 bulan akan membuat kehidupan Anda sekeluarga dalam 1 bulan itu menjadi sejahtera. Jagalah baik-baik kesehatan perekonomian keluarga dengan mengatur semua pengeluaran dengan sebaik-baiknya dan sebijaksana mungkin. Hidup ini tidak akan indah dengan sendirinya, dengan adanya kebijaksanaan dalam mengatur segala sesuatu dalam kehidupan ini maka akan membawa kesejahteraan baik bagi segi ekonomi maupun hati kita.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Selalu cukup secara finansial? Bisa kok, asalkan..

Hidup ini tidak akan indah dengan sendirinya, dengan adanya kebijaksanaan dalam mengatur segala sesuatu dalam kehidupan ini maka akan membawa kesejahteraan baik segi ekonomi maupun hati kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr