Dengan cara ini, hidung tersumbat pada bayi bisa Anda atasi

Dengan pengobatan sesuai anjuran dokter dan makanan yang sehat bagi ibu yang menyusui, itu merupakan cara terbaik untuk proses penyembuhan yang cepat.

679 views   |   2 shares
  • Pergantian cuaca selalu memengaruhi daya tahan tubuh untuk dapat kuat menangkal virus. Bayi kami pun menjadi korban virus flu yang cukup mengganggu kesehatan keluarga kami. Sungguh tidak sampai hati melihat sang bayi yang masih berusia 3 minggu ini menangis. Mendengar suara hembusan nafas yang tersendat oleh lendir pada hidung kecilnya, membuatnya tidak nyaman dalam posisi apa pun. Saya masih terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan, untuk memerhatikan dan melakukan apa yang saya bisa untuk membantu istri hanya beberapa jam setiap harinya. Saya dan istri sudah berupaya untuk berkunjung ke dokter untuk memeriksa dan mendapatkan obat untuk bayi kami. Obat masih berjalan untuk diminum secara rutin, namun sudah 2 hari hidungnya masih saja tersumbat dan membuatnya selalu menangis. Istri saya berupaya mencari beberapa cara manual untuk mengatasinya, dan begitu mendapatkannya dia pun mencoba mempraktikkan kepada buah hati kami.

  • 1. Menggunakan cara inhalasi tradisional

  • Cara ini cukup mudah dan pasti bisa Anda lakukan. Yang Anda butuhkan ialah, air panas yang sudah tidak mendidih, minyak telon atau minyak kayu putih, dan sebuah ember kecil. Caranya, tuang minyak kayu putih atau telon pada air panas dalam ember, lalu gunakan uap dari air berminyak tersebut untuk dihirup perlahan oleh bayi Anda yang sedang tersumbat hidungnya karena pilek. Dengan menghirup uap dari air tersebut akan mampu membawa kehangatan pada saluran pernafasan bayi Anda, dan dengan begitu bayi Anda dapat merasa sedikit lega dengan sensasi hangat dari dalam pernafasannya.

  • 2. Menggunakan alat penghisap khusus

  • Alat ini mudah Anda dapatkan di apotek daerah sekitar Anda. Cara yang kedua ini sebenarnya hanya untuk membersihkan pada bagian lubang hidung saja, dan tujuannya tetap sama yaitu untuk membantu melegakan pernafasan bayi Anda. Caranya hanya dengan memasukkan alat penghisap khusus ini dalam keadaan steril, sebab harus terjaga kebersihan peralatan dan tangan Anda dan tujuannya agar bayi terhindar dari iritasi penyebab infeksi.

  • 3. Menggunakan larutan garam

  • Berikut cara selanjutnya yang juga dilakukan secara tradisional, dengan menggunakan air garam yang diteteskan pada lendir yang mengeras pada lubang hidung bayi. Cara ini cukup efektif mengencerkan lendir tersebut, setelah lendir tersebut encer lanjutkan dengan membersihkan lendir dengan cotton bud. Lakukan secara perlahan agar tidak terjadi lecet pada permukan hidung bagian dalam.

  • 4. Pijatan lembut pada bagian batang hidung

  • Advertisement
  • Cara ini hampir sama fungsinya dengan point yang ketiga, namun untuk kali ini hanya pencegahan agar supaya lendir tidak sampai terlanjur mengeras pada bagian dalam hidung. Maka dari itu dengan cara sering memijat secara lembut, lalu membersihkan lendir dengan cotton bud yang sudah basah akan membantu memperlancar pernafasan pada bayi Anda. Jangan terlalu sering menggunakan bahan yang kering dan kasar, sebab kulit bayi akan mudah lecet atau iritasi.

  • 5. Menghangatkan tubuh bayi

  • Untuk cara yang terakhir ini, berfungsi menghindari hidung yang tersumbat akibat dinginnya suhu dari luar tubuh. Hal ini pun kerap terjadi pada setiap orang yang kedinginan, mereka akan merasa sedikit buntu pada saluran hidung ketika mengalami kedinginan seperti setelah kehujanan. Pada bayi yang terkena pilek, akan mengalami hal yang sama meskipun belum disebabkan oleh gumpalan lendir. Caranya yaitu dengan menghangatkan seluruh bagian tubuh bayi dengan menggunakan balsam khusus bayi, bisa juga dengan minyak kayu putih. Usahakan tubuh bayi tidak terlalu sering terkena suhu dingin terlebih dahulu.

  • Cara-cara di atas ini bukanlah cara penyembuhan, namun ini hanya membantu melegakan dan membersihkan saluran pernafasan selama proses penyembuhan. Bagaimanapun pengobatan sesuai anjuran dokter perlu diikuti.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Dengan cara ini, hidung tersumbat pada bayi bisa Anda atasi

Dengan pengobatan sesuai anjuran dokter dan makanan yang sehat bagi ibu yang menyusui, itu merupakan cara terbaik untuk proses penyembuhan yang cepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr