Kebanyakan wortel ternyata berbahaya lho!

Menurut penjelasan departemen pertanian Amerika serikat, mengonsumsi serat berlebih dapat menganggu usus Anda, sehingga dapat menyebabkan mencret hingga sistem pencernaan Anda mampu beradaptasi dengan asupan serat tinggi.

703 views   |   2 shares
  • Bukanlah hal yang kebetulan wortel memiliki tempat di hati masyarakat, sebab wortel bisa digunakan ke dalam berbagai macam campuran menu makanan seperti sup, semur, salad dan kue. Selain itu, wortel juga murah sehingga semakin menambah daya pikatnya untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Pada tahun 1974, di Amerika, Basil Brown, seorang yang fanatik pada makanan sehat meninggal dunia akibat kebiasannya meminum satu galon atau sekitar 3,79 liter jus wortel setiap hari. Sebelumnya, Brown sangat percaya bahwa dengan mengonsumsi wortel yang kaya akan vitamin A dapat membuat tubuhnya tetap sehat, namun apa yang terjadi justru sebaliknya. Mengapa demikian?

  • Mengonsumsi jus wortel dalam jumlah berlebihan memang dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Menurut penjelasan laman livestrong.com berikut adalah efek samping yang akan terjadi jika seseorang terlalu berlebihan mengonsumsi wortel.

  • Karotenemia

  • Wortel diketahui sebagai salah satu sumber penghasil betakaroten untuk tubuh. Beta karoten sendiri adalah salah satu dari beberapa karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A, yaitu nutrisi yang dapat melindungi kesehatan mata dan fungsi kekebalan tubuh. Satu cangkir wortel menyediakan sekitar 430 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, berdasarkan pada diet 2000 kalori. Sementara itu, jika Anda mengonsumsi wortel 8 ons setiap hari, maka wortel mampu memberikan dua kali lipat dari jumlah tersebut.

  • Mengonsumsi wortel dalam jumlah besar tidak menempatkan Anda pada risiko kelebihan vitamin A, hal ini disebabkan tubuh hanya mengubah beta karoten yang dibutuhkan. Namun demikian, mengonsumsi wortel dalam jumlah besar akan menyebabkan tubuh Anda mengalami kondisi medis yang biasa disebut dengan karotenemia atau perubahan warna kekuningan pada kulit. Kondisi yang paling berbahaya biasanya terlihat paling jelas pada telapak tangan, telapak kaki dan telinga. Karotenemia akan menghilang dengan sendirinya secara bertahap jika asupan wortel mulai dikurangi.

  • Gangguan pada usus

  • Wortel merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Ketika mengonsumsi wortel Anda akan mendapatkan sekitar 4-5 gram serat. Namun demikian, terlalu banyak mengonsumsi serat yang dihasilkan oleh wortel juga tidak baik bagi kesehatan. Menurut penjelasan departemen pertanian Amerika Serikat, mengonsumsi serat berlebih dapat menganggu usus Anda, sehingga dapat menyebabkan mencret hingga sistem pencernaan Anda mampu beradaptasi dengan asupan serat tinggi. Selain itu, asupan tinggi serat juga dapat menyebabkan sembelit jika Anda tidak minum cukup cairan untuk membantu serat bergerak melalui sistem pencernaan Anda.

  • Advertisement
  • Efek potensial

  • Pada dasarnya mengonsumsi terlalu banyak makanan, apa pun itu jenisnya, sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Namun, meskipun wortel dapat membantu Anda mendapatkan banyak vitamin A, serat, kalium, magnesium, serta vitamin C, B6, dan K, tetapi wortel bukanlah satu-satunya sumber terbaik untuk memenuhi itu semua. Perlu Anda ketahui wortel sangat rendah lemak, padahal tubuh sangat membutuhkan lemak agar dapat digunakan untuk menyerap beta karotin dan juga vitamin A. Oleh karena itu, mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi sangat dianjurkan agar kebutuhan gizi tubuh Anda tetap terpenuhi dengan baik.

  • Pertimbangkan hal ini

  • Tidak hanya wortel saja yang dapat membuat kulit Anda menguning dan disertai mencret. Mengonsumsi telalu banyak tomat, labu, ubi jalar ternyata juga dapat menyebabkan seseorang menderita karotenemia. Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika sangat menganjurkan kepada setiap orang agar setidaknya mengonsumsi 2,5 hingga 3 cangkir sayuran berbeda setiap harinya supaya fungsi organ-organ tubuh tidak terganggu. Namun demikian, pada anak-anak dan orang lanjut usia jumlah yang disarankan sangat bervariasi, sehingga disarankan agar Anda terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan ahli gizi di daerah Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Kebanyakan wortel ternyata berbahaya lho!

Menurut penjelasan departemen pertanian Amerika serikat, mengonsumsi serat berlebih dapat menganggu usus Anda, sehingga dapat menyebabkan mencret hingga sistem pencernaan Anda mampu beradaptasi dengan asupan serat tinggi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr