7 Cara Menyimpan Foto Digital

Foto sangatlah berharga! Foto adalah salah satu aset yang tidak dapat digantikan. Itulah sebabnya ketika Anda menanyakan kepada orang-orang apa yang akan mereka selamatkan dari dalam rumah yang sedang terbakar, banyak orang menjawab "album foto."

2,998 views   |   4 shares
  • Foto sangatlah berharga! Foto adalah salah satu aset yang tidak dapat digantikan. Itulah sebabnya ketika Anda menanyakan kepada orang-orang apa yang akan mereka selamatkan dari dalam rumah yang sedang terbakar, banyak orang menjawab “album foto.”

  • Di zaman foto digital sekarang ini, ada solusi yang lebih sederhana daripada lari ke dalam bangunan yang sedang terbakar untuk menyelamatkan foto-foto Anda. Inilah beberapa solusinya:

  • Membuat cadangan di disket

  • Simpan foto-foto Anda di dalam folder di komputer, dan kemudian salinlah folder tersebut ke dalam . Ada beberapa tingkatan kualitas disket – carilah disket yang memang dibuat untuk tujuan pengarsipan, sehingga akan bertahan lama. Jenis disket lainnya akan rusak termakan waktu. Buatlah paling sedikit dua salinan – satu untuk disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan satu lagi disimpan di tempat lain, misalnya di kotak penyimpanan barang berharga.

  • Menggunakan memori

  • Solusi serupa lainnya adalah dengan menggunakan memori — kadang-kadang disebut “memori USB.” Kapasitas penyimpanannya makin banyak, dan betapa besarnya kapasitas penyimpanan yang dapat Anda beli dengan harga yang lumayan murah. external dapat digunakan dengan cara yang sama. Secara berkala, salinlah kembali simpanan foto Anda di perangkat-perangkat penyimpanan ini untuk memastikan agar arsip-arsip foto Anda tetap awet. Sekali lagi, adalah bijak untuk membuat lebih dari satu salinan dan menyimpan yang satu lagi di tempat yang berbeda.

  • Penyimpanan secara daring

  • Metode baru adalah dengan menggunakan penyimpanan secara daring. Metode penyimpanan ini sering disebut menyimpan “di awan.” Artinya Anda mengunggah foto Anda (atau data lainnya) ke layanan daring, yang akan menyimpannya untuk Anda sampai Anda membutuhkannya. Ada beberapa keuntungan dari penggunaan metode ini. Anda dapat mengakses data-data ini dari tempat mana saja yang memiliki jaringan internet. Contohnya, ketika mengunjungi rumah nenek, hanya dengan masuk ke situs penyimpanan tersebut, Anda dapat memperlihatkan foto-foto tersebut dengan mudah kepada nenek Anda. Anda akan dapat mengambil foto-foto tersebut melalui perangkat apa saja yang terhubung dengan internet, apakah itu komputer meja, komputer tablet, atau . Juga, yang digunakan oleh penyedia layanan ini adalah berkualitas tinggi. Beberapa contoh layanan ini adalah Dropbox, Flickr, Google Docs, and iCloud. Anda bahkan dapat menggunakan Facebook untuk tujuan ini. Yang paling menguntungkan adalah layanan ini diberikan secara gratis, dan beberapa di antaranya menawarkan tempat penyimpanan yang cukup besar.

  • Advertisement
  • Foto-foto Anda yang telah dicadangkan di komputer Anda sendiri, ke dalam disket, memori , atau eksternal, serta salinan tambahan “di awan” merupakan cara yang bijak. Jika Anda mengalami kebakaran rumah serta kehilangan data di komputer Anda, foto-foto Anda masih menanti Anda, aman, di tempat penyimpanan secara daring. Jika karena alasan tertentu, komputer dari layanan penyimpanan yang secara daring mengalami kerusakan (meskipun jarang, namun bisa saja terjadi), Anda masih memiliki salinannya di rumah.

  • Sekarang Anda dapat tidur lebih nyenyak karena Anda tidak harus mempertaruhkan nyawa Anda untuk menyelamatkan foto dari kebakaran.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “7 ways to preserve digital pictures” karya Margot Hovley.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

7 Cara Menyimpan Foto Digital

Foto sangatlah berharga! Foto adalah salah satu aset yang tidak dapat digantikan. Itulah sebabnya ketika Anda menanyakan kepada orang-orang apa yang akan mereka selamatkan dari dalam rumah yang sedang terbakar, banyak orang menjawab "album foto."
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr