Polling: Yang mana yang penting untuk Anda? Intensitas atau kontinuitas?

Berhentilah membaca majalah kebugaran tubuh yang menggunakan atlet profesional sebagai model dan jadwal serta cara latihan mereka. Bila Anda ikuti, Anda akan segera patah semangat, mengapa?

426 views   |   2 shares
  • Kata instensitas berasal dari kata intens yang menurut kamus bahasa Indonesia berarti 1. hebat atau sangat kuat (tentang kekuatan, efek, dan sebagainya); 2. tinggi (tentang mutu); 3. bergelora, penuh semangat, berapi-api, berkobar-kobar (tentang perasaan); 4. sangat emosional (tentang orang). Sedangkan Intensitas adalah 'keadaan tingkatan atau ukuran intensnya'.

  • Membaca sepintas tentang arti ini mungkin tidak banyak artinya. Tetapi, bila diterapkan dalam cara kita berolahraga, maka dampaknya sangat berbeda. Kiat berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dengan intensitas berarti seseorang akan melakukan olahraganya dengan menaikkan beban yang digunakan mendekati ambang batas kemampuan melakukan suatu gerakan. Misalnya, melakukan angkatan bicep curl (memberi stimuli kepada otot bicep), seorang yang dapat melakukan angkatan 25 kg dengan ulangan 10 kali, maka pada latihan berikutnya ditambah dengan 2 1/2 kg hingga 5 kg dan berusaha melakukannya dengan jumlah ulangan yang sama sebisa mungkin. Demikianlah seterusnya, beban ditambah untuk memperoleh kemajuan yang diharapkan.

  • Dalam olahraga tanpa beban, atau menggunakan berat tubuh, misalnya dalam gerakan push up, maka jumlah yang dapat dilakukannya ditambah setiap minggu, misalnya minggu pertama dapat melakukan 10 kali ulangan tanpa istirahat, maka minggu berikutnya ditambah menjadi 15 kali dan seterusnya.

  • Dalam olahraga ketahanan tubuh, misalnya lari, maka jarak yang ditempuh ditambah dalam waktu yang sama. Contohnya, bila dapat menempuh 5 km dalam waktu 1 jam pada minggu pertama, maka dalam waktu yang sama jarak tempuh ditambah. Misalnya, minggu ketiga dapat menempuh 5.5 km dalam waktu yang sama. Demikianlah seterusnya, sehingga akhirnya mungkin dapat menjadi 10 km dalam waktu satu jam.

  • Itulah olahraga dengan intensitas tinggi. Bagi tubuh seseorang maka pengalaman tersebut diterima sebagai suatu stressor. Untuk olahragawan yang belia dan di bawah pengawasan seorang pelatih yang berpengalaman, serta mendapat asupan gizi yang memadai, menjelang suatu pertandingan, maka intensitas tinggi demikian pantas dilakukan. Walaupun dia seorang atlit elit, tetap akan merasakan stres tersebut. Oleh karena itu, latihan dengan intensitas tinggi tersebut biasanya dilakukan untuk jangka waktu yang pendek, sekita 6 bulan menjelang pertandingan.

  • Bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, masalahnya berbeda. Mereka berolahraga untuk jangka waktu yang panjang, bahkan sangat panjang, mungkin seumur hidup. Oleh karena itu jangan sekali-kali menggunakan jadwal latihan para atlit yang akan bertanding di gelanggang nasional maupun internasional. Anda akan segera menyerah. Tak seorang pun sanggup menahan stres seperti itu seumur hidup.

  • Advertisement
  • Ada kata lain yang ingin saya perkenalkan untuk melakukan olahraga kebugaran dan kesehatan seumur hidup, yaitu kontinuitas. Asal kata ini adalah 'kontinu' yang menurut kamus bahasa berarti: berkesinambungan; berkelanjutan; terus-menerus. Jadi kata kontinuitas berarti 'keadaan kontinu'.

  • Untuk mereka yang tidak akan bertanding di gelanggang olahraga apa pun, dan melakukan olahraga hanya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, maka yang lebih penting adalah kontinuitas bukan intensitas.

  • Contoh olahraga secara kontinyu adalah jadikan olahraga yang telah Anda pilih tersebut sebagai bagian dalam gaya hidup Anda. Jenis olahraga tidak menjadi masalah. Yang penting adalah lakukan jenis olahraga tersebut secara teratur sebagai suatu kebutuhan hidup Anda.

  • Kalau Anda seperti saya, yang gemar dengan latihan dengan beban, maka lakukan olah raga tersebut 3-4 kali seminggu dengan durasi antara satu hingga satu setengah jam setiap kali olahraga. Apakah Anda akan menjadi binaragawan/wati? Belum tentu, tetapi yang jelas tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Bila terjadi halangan dalam hidup, misalnya karena kerja dan keluar kota, maka cari olahraga pengganti yang sesuai, misalnya, melakukan push up di kamar hotel, atau kalau Anda beruntung, sekarang banyak fasilitas alat kebugaran di hotel-hotel, atau sekadar berenang, atau jalan kaki. Bila penghalangnya karena sakit, maka anggap sebagai kesempatan untuk pemulihan dengan tetap menghangatkan 'mimpi' untuk melakukan olahraga kebugaran setelah sehat kembali. Memang akan terjadi sedikit frustasi ketika sudah sehat kembali, angkatan berkurang, tetapi percayalah, bahwa tenaga Anda akan pulih kembali secara lambat laun. Jangan memaksa (intensitas) tetapi tetap dengan kontinuitas, olahraga seumur hidup.

  • Kalau Anda memilih jenis olahraga ketahanan tubuh, seperti lari atau berenang, maka seringkali halangannya adalah cuaca. Kalau Anda punya dana lebih, belilah treadmill, sehingga kalau di luar cuaca buruk, maka Anda dapat tetap melakukan kegiatan di rumah. Atau Anda dapat pergi ke lapangan tertutup. Demikian pula dengan penggemar renang, maka dapat pergi ke kolam renang tertutup. Kalau tinggal di negara yang memiliki musim dingin, maka biasanya ada tersedia kolam renang dengan air hangat. Kalaupun semuanya itu tidak dapat dilakukan, lakukan senam atau apa pun sebagai pengganti olahraga pilihan, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar. Itulah yang dimaksud dengan kontinuitas.

  • Jadi, lain kali kalau sedang melakukan olahraga di lapangan atau di pusat kebugaran yang banyak bertebaran di kota-kota besar, ingatlah kata kontinuitas bukan intensitas.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Polling: Yang mana yang penting untuk Anda? Intensitas atau kontinuitas?

Berhentilah membaca majalah kebugaran tubuh yang menggunakan atlet profesional sebagai model dan jadwal serta cara latihan mereka. Bila Anda ikuti, Anda akan segera patah semangat, mengapa?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr