5 penyebab Anda susah 'move on' dari kegagalan cinta

Kesedihan akibat putus cinta sering membuat orang susah 'move on' melanjutkan hidupnya. Padahal pilihan kebahagiaan Anda berada di tangan Anda sendiri, bukan orang lain.

1,972 views   |   16 shares
  • Banyak hal di dunia yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Salah satunya yang mungkin sangat menyedihkan dan sulit dilupakan adalah sakit hati karena putus cinta. Seringkali kita merasa susah 'move on' karena hal ini. Merasa sedih yang berlarut-larut hingga rasa sakit yang sangat mendalam.

  • Mengapa orang sulit melupakan rasa sakit akibat putus cinta? Mereka bahkan bisa menjadi traumatis dan mampu menutup diri, takut untuk jatuh cinta lagi. Ini beberapa alasannya.

  • Tidak mau membuka diri

  • Beberapa respon menunjukkan bahwa ketika seseorang merasakan penolakan dari orang yang dicintainya, ini dapat berpengaruh pada kehidupan cintanya di masa mendatang. Rasa sakit hati akibat penolakan yang dialami membuat 'orang gagal move on' dapat membangun sebuah dinding batasan yang kuat, bahkan menutup dirinya rapat-rapat untuk orang lain di luar sana.

  • Masih menganggap mantan adalah yang terbaik

  • Akibat banyak cerita cinta yang membahagiakan dengan sang mantan, Anda lalu menguburkan diri dalam kenangan tersebut dan sulit melupakannya. Bangunlah! Sebanyak apapun kebaikan dan cinta yang diberikan mantan kekasih dahulu, semua hanya tinggal kenangan. Pada kenyataannya, Anda dan dia telah berpisah. Jika dia memang yang terbaik untuk Anda, tentu cinta yang telah kalian lalui akan terus diperjuangkan. Namun pada kenyataan, hanya Anda yang membenamkan diri pada masa lalu. Berhentilah berpikir hanya dia satu-satunya yang terbaik untuk Anda. Buka mata Anda, ada seseorang yang lebih baik di luar sana yang pasti ingin membuat kenangan baru bersama Anda.

  • Masih menyimpan semua kenangan bersama

  • Bagaimana bisa melangkah ke depan, jika Anda masih menyimpan semua hadiah atau benda-benda kenangan saat bersamanya. Sampai kapanpun, Anda hanya akan terus hidup dalam bayang-bayang sang mantan dan susah move on. Buang semua benda-benda, baik hadiah atau foto-foto Anda bersamanya sekarang!

  • Trauma

  • Rasa sakit yang Anda rasakan karena ditinggal orang yang dicintai, tentu akan meninggalkan luka yang mendalam dan trauma. Dengan pendekatan cinta baru yang bertahap, orang yang mengalami trauma karena patah hati dapat membuka hatinya lagi. Namun tentu membutuhkan proses yang tidak instan. Sebaiknya jangan terlalu larut dalam kesedihan patah hati. Jika trauma ini dibiarkan, sampai kapanpun Anda tidak akan sulit melanjutkan hidup lebih baik.

  • Tidak percaya diri

  • Salah satu akibat sakit hati karena putus cinta adalah hancurnya rasa percaya diri seseorang. Akibatnya, muncul krisis kepercayaan diri yang dapat membuat diri merasa lemah, tidak menarik atau tidak pantas bagi orang lain hingga sulit untuk move on mencari pasangan baru.

  • Advertisement
  • Tahukah, Andalah yang dirugikan jika terus menyimpan rasa sakit cinta tersebut. Ingin bahagia atau tidak, semua Anda sendiri yang bisa menentukannya. Jika Anda salah satu ciri yang disebutkan di atas, tunggu apalagi? Ayo segera Move on.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 penyebab Anda susah 'move on' dari kegagalan cinta

Kesedihan akibat putus cinta sering membuat orang susah 'move on' melanjutkan hidupnya. Padahal pilihan kebahagiaan Anda berada di tangan Anda sendiri, bukan orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr