Beberapa Cara untuk Melibatkan Semua Anggota Keluarga dalam Sejarah Keluarga

Sejarah keluarga, kadang-kadang disebut silsilah, merupakan sebuah hobi yang mulai berkembang dan menarik bagi ribuan orang, dengan bertambahnya orang yang bergabung setiap harinya.

1,512 views   |   1 shares
  • Sejarah keluarga, kadang-kadang disebut silsilah, merupakan sebuah hobi yang mulai berkembang dan menarik bagi ribuan orang, dengan bertambahnya orang yang bergabung setiap harinya. Dalam sebuah survei baru-baru ini, 65 persen responden menyatakan tertarik, dan dengan perkembangan internet untuk penelitian silsilah, hal itu menjadi semakin mudah.

  • Karena silsilah berkenaan dengan asal usul keluarga, bukankah sangat menguntungkan bagi seluruh anggota keluarga untuk ikut serta? Anggota keluarga dapat belajar lebih banyak tentang siapa mereka sebenarnya dengan menyelidiki dan mempelajari tentang leluhur mereka. Apakah ada cara bagi orang yang masih muda dan juga yang sudah tua untuk berpartisipasi dalam sejarah keluarga?

  • Sudah bukan zamannya lagi meneliti sejarah keluarga dengan mempekerjakan seorang ahli silsilah profesional, atau membungkuk di atas mesin pembaca mikrofilm, bersusah payah membaca tulisan yang buram. Kadang-kadang cara kuno ini masih diperlukan, tetapi banyak hal sudah berubah. Jutaan catatan sudah dibuat dalam bentuk digital serta tersedia untuk pencarian daring. Komputer menjadikan ini semua cepat dan sering kali lebih akurat. Ditambah dengan anak-anak yang begitu mahir dalam penggunaan komputer, keduanya merupakan paduan sempurna.

  • Berikut ini adalah beberapa cara untuk melibatkan semua anggota keluarga untuk ikut serta dalam sejarah keluarga:

    • Kita sering beranggapan sejarah keluarga adalah menyelidiki tentang leluhur kita, tetapi sama pentingnya untuk mencatat sejarah keluarga kita sekarang. Anak-anak dan orang tua juga dapat membantu mencatat peristiwa yang sedang terjadi di keluarga Anda saat ini. Catatan harian keluarga merupakan gagasan yang sangat baik untuk mencapai tujuan ini. Para anggota keluarga dapat memasukkan catatan tanggal-tanggal dan tempat bagi peristiwa-peristiwa penting seperti tanggal lahir, wisuda, serta penampilan-penampilan dalam pertunjukan. Anak-anak dapat membuat gambar dari barang-barang yang ingin mereka kenang.

    • Bagan silsilah empat generasi tersedia secara daring serta dapat diunduh secara gratis, dan bagan ini merupakan cara yang baik untuk memperkenalkan sejarah keluarga kepada anak-anak. Bantu mereka untuk mengisi informasi. Anak-anak yang lebih kecil mungkin suka membuat gambar para leluhur tersebut, dan anak-anak yang sudah agak besar dapat mencarinya lalu memasukkan foto-foto.

    • Perkenalkan sejarah keluarga sebagai teka-teki yang yang menantang yang dapat dikerjakan bersama-sama sebagai keluarga, dengan menggunakan keterampilan detektif dari masing-masing orang. Buatlah acaranya menyenangkan, tanpa tenggat waktu atau tekanan.

    • Anak-anak sering membutuhkan saran untuk tugas proyek di sekolah, dan sejarah keluarga dapat menjadi jawabannya, sesuai kelasnya. Tanah leluhur Anda dapat menjadi pilihan yang baik untuk bahan laporan tentang suatu negara.

    • Cari tahu lebih banyak tentang daerah tempat Anda berasal, dan telusuri beberapa tradisi mereka untuk menciptakan ikatan dengan leluhur Anda. Makanan khas, hikayat-hikayat, serta permainan khas daerah itu dapat menjadi bagian dari aktivitas keluarga. Anda mungkin memiliki lebih dari satu daerah asal leluhur Anda, jadi nikmatilah aneka ragam kebudayaan mereka.

    • Anak-anak dapat menggunakan kemahiran mereka dalam teknologi modern untuk mewawancarai dan mencatat kenangan-kenangan dari nenek atau kakek atau kerabat-kerabat lain yang lebih tua dan menyimpannya bagi generasi yang akan datang. Pada saat yang sama mereka akan lebih mengetahui tentang orang-orang ini. .

  • Advertisement
  • Selamat menikmati saat bersama keluarga, sambil belajar lebih banyak tentang asal-usul dan jati diri Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Ways to get the whole family involved in family history” karya Margot Hovley.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Beberapa Cara untuk Melibatkan Semua Anggota Keluarga dalam Sejarah Keluarga

Sejarah keluarga, kadang-kadang disebut silsilah, merupakan sebuah hobi yang mulai berkembang dan menarik bagi ribuan orang, dengan bertambahnya orang yang bergabung setiap harinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr