Pernikahan tidak bahagia? 5 hal sederhana ini ternyata bisa mengubah segalanya.

Suatu pernikahan bahagia dapat memberikan manfaat kesehatan menyeluruh bagi seseorang. Fisik, mental dan spiritual. Ketidakbahagiaan akan bermanfaat sebaliknya. Merasa tidak bahagia dalam pernikahan Anda? Segera atasi masalahnya!

2,482 views   |   42 shares
  • Ada pepatah berbunyi, 'suatu pernikahan yang bahagia dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan jasmani'. Lalu bagaimana jika situasi pernikahan Anda terbentur pada "gunung es" yang tidak kunjung mencair, boleh jadi pernikahan Anda akan semakin tidak sehat.

  • Bisakah sampai mengganggu kesehatan? Mungkin saja. Pernikahan tidak lancar dapat membuat pasangan merasa depresi hingga sulit tidur, tidak merasa bahagia, bahkan sampai muncul keinginan bunuh diri. Ikuti cara-cara di bawah ini agar hal tersebut bisa dihindari sehingga pernikahan menjadi sehat dan bahagia kembali.

  • 1. Atasi stres Anda

  • Dalam pernikahan yang tidak bahagia, seringkali jika memiliki waktu luang Anda berdua menghabiskannya sendiri melakukan hal yang disukai tanpa melibatkan pasangan. Pada akhirnya muncul perasaan tidak dibutuhkan dan dicintai berkecamuk dalam benak masing-masing. Akibatnya salah satu atau keduanya lalu menjadi stres memikirkan hal tersebut. Segera atasi masalahnya agar tidak berkepanjangan dan membuat hubungan Anda berdua semakin memburuk.

  • 2. Anda berdua harus "buka-bukaan"

  • Biasanya seseorang yang tumbuh dan dibesarkan dalam keluarga yang berkomunikasi secara baik mudah diajak berbicara persoalan rumah tangga. Sayangnya, tidak banyak yang memiliki ketrampilan tersebut, sehingga menjadi kendala saat sudah berumah tangga. Penting buat Anda berdua agar saling terbuka mengeluarkan "uneg-uneg" yang ada dan menyelesaikannya bersama secara bijaksana agar semua pihak merasa puas.

  • 3. Bersedia untuk mendengar

  • Setiap orang ingin didengarkan. Namun jika pada sebuah pernikahan kedua belah pihaknya gagal berkomunikasi dengan baik, bisa jadi disebabkan karena ketidakmampuan untuk "mendengarkan" apa yang disampaikan pasangannya sehingga muncul banyak kesalahpahaman. Bila seseorang merasa didengarkan, pembicaraan akan lebih bermakna. Sebaiknya Anda melakukan kesepakatan dengan pasangan Anda untuk saling bergantian mendengarkan satu sama lain saat sedang berbicara, tanpa disela. Cobalah, mungkin Anda akan memperoleh pandangan yang baru mengenai pasangan Anda.

  • 4. Hindari saling menyalahkan

  • Dalam pernikahan yang tidak bahagia biasanya kedua pasangan merasa yang paling benar, alih-alih mengambil tanggung jawabnya sendiri, tetapi menyalahkan pasangan dan hal ini tidak akan pernah memecahkan masalah. Yang akhirnya "Anda berdua akan kembali berargumentasi." Hindari hal tersebut dengan mengakui kekurangan masing-masing, sifat rendah hati untuk menerima kelemahan yang dimiliki pasangannya akan menciptakan pernikahan bahagia.

  • Advertisement
  • 5. Hargai pasangan Anda

  • Bila salah satu orang terlalu dominan dalam sebuah hubungan, banyak mengatur dan kurang peduli terhadap perasaan pasangannya, biasanya akan muncul perasaan kurang dihargai pada pasangannya. Seorang suami yang telah banting tulang memenuhi kebutuhan keluarganya tidak pernah dengar kata "terima kasih" keluar dari perkataan istrinya, tentu hal itu akan membuat merasa terabaikan dan tidak dihargai. Semua orang tentu ingin dihargai dan dicintai, terlebih lagi oleh pasangan hidupnya. Tanpa hal tersebut, tentu seseorang akan merasa hidupnya sia-sia dan tidak berguna.

  • Meski akhirnya kelima hal di atas telah teratasi oleh Anda dan pasangan dan "gunung es" yang ada dalam hubungan berdua belum langsung mencair, biarlah waktu yang akan memperbaikinya. Tidak semua hubungan yang bermasalah dapat langsung diperbaiki begitu saja. tetap Anda penyesuaian yang dibutuhkan layaknya Anda mulai belajar berjalan lagi setelah dalam masa penyembuhan kaki yang terluka.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Pernikahan tidak bahagia? 5 hal sederhana ini ternyata bisa mengubah segalanya.

Suatu pernikahan bahagia dapat memberikan manfaat kesehatan menyeluruh bagi seseorang. Fisik, mental dan spiritual. Ketidakbahagiaan akan bermanfaat sebaliknya. Merasa tidak bahagia dalam pernikahan Anda? Segera atasi masalahnya!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr