Ini kata mereka soal pentingnya sikap saling menghormati dalam rumah tangga. Bagaimana dengan Anda?

Apakah sebegitu pentingnya kita perlu menghormati pasangan kita? Apa jadinya jika dalam pernikahan tidak ada rasa hormat terhadap satu dengan yang lain?

1,736 views   |   8 shares
  • Dalam pernikahan, sikap saling menghormati dan menghargai adalah norma penting yang wajib dilaksanakan oleh setiap pasangan suami istri. Lalu, bagaimana jadinya jika dalam pernikahan tidak ada rasa hormat terhadap satu dengan yang lain? Berikut adalah pendapat dari mereka yang telah menikah.

  • "Pernikahan adalah perjalanan hidup yang setiap harinya merupakan proses pendewasaan diri. Salah satunya adalah bagaimana kita mampu menghormati pasangan kita. Tidak menghormati dan menghargai pasangan kita akan membuat pernikahan tidak berjalan baik." (Ilha, 28 Tahun, IRT, Jakarta)

  • "Pernah sekali saya berkumpul dengan teman-teman kantor sepulang kerja. Saat itu, telepon genggam saya mati. Saya juga tidak berpikir untuk mengabari istri saya, karena toh pada akhirnya pasti saya akan pulang. Sesampainya saya di rumah, ternyata istri sudah menunggu di depan pintu dan langsung marah-marah karena merasa sangat kuatir terhadap keadaan saya. Saya menganggapnya responnya berlebihan, lalu berbalik marah padanya. Ia merasa tersinggung dan menganggap saya tidak menghargainya. Setelah kejadian malam itu, saya merenung betapa tidak saya sadari kebenaran dari kata-kata istri saya. Kekhawatirannya adalah wujud rasa sayang terhadap saya, dan semestinya saya menghargai hal tersebut dengan tidak membuatnya kuatir. Saya mestinya selalu terbukan dan melibatkan dirinya dalam segala hal. Ini salah satu wujud saya menghargainya." (Bakti, 31 Tahun, Pegawai Swasta, Jakarta)

  • "Setelah menikah, pasangan adalah sahabat utama kita yang harus dihormati. Bagaimana bisa kita menuntut ingin dihormati, kalau kita sendiri tidak mau menghormatinya. Dalam pernikahan yang harus kita hormati dan hargai dari pasangan kita adalah, pemikirannya, kebiasaannya, perbuatannya, martabatnya, pengorban dan perasaannya." (Erlin, 30 Tahun, Pengusaha, Jakarta)

  • "Salah satu wujud saya menunjukkan rasa cinta terhadap istri adalah dengan menghormatinya. Jika seseorang tidak bisa menghormati atau menghargai pasangannya, sama artinya bahwa dia tidak sepenuhnya mencintai pasangannya. Ketika kita dapat menghargai segala perbuatan, pengorbanan dan pelayanan yang dilakukan pasangan kita, hal ini tentu akan menumbuhkan lebih dalam lagi rasa cinta dalam pernikahan." (Joshua, 52 Tahun, Karyawan, Jakarta)

  • "Menghormati pasangan saya juga berarti saya menerima keadaannya dan menghormati setiap keputusan dan gagasan mereka. Meski tidak selamanya sependapat dengan pasangan, saya akan selalu mencoba untuk menerima dengan pikiran yang terbuka dan rendah hati. Inilah yang dapat saya lakukan untuk menghormati pasangan sebagai pendamping hidup saya." (Uli, 39 Tahun, Pegawai, Jakarta)

  • Advertisement
  • Dari beberapa pendapat di atas, bisa disimpulkan pentingnya menghormati pasangan demi keharmonisan dan kebahagian dalam pernikahan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Ini kata mereka soal pentingnya sikap saling menghormati dalam rumah tangga. Bagaimana dengan Anda?

Apakah sebegitu pentingnya kita perlu menghormati pasangan kita? Apa jadinya jika dalam pernikahan tidak ada rasa hormat terhadap satu dengan yang lain?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr