Mulus menjalani dinamika asmara remaja yang penuh 'jebakan'? Kamu pasti bisa!

Tidak seorang pun yang bisa melarang Anda untuk jatuh cinta, sebab ini adalah karunia terindah dari Tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Hanya saja, kendalikan rasa cinta dan jangan biarkan rasa cinta tersebut justru membutakan mata hati Anda.

342 views   |   shares
  • Para remaja, setiap dari Anda pasti setuju bahwa hakekat cinta sejati tidak menuntut kesempurnaan, cinta sejati akan menerima apa adanya, memahami serta rela berkorban, dan cinta sejati seharusnya membuat setiap orang bahagia bukan tersiksa.

  • Jatuh cinta memang indah, tetapi juga bisa berakibat sangat buruk jika tidak disikapi dengan bijaksana. Di saat Anda sedang jatuh cinta pada lawan jenis, tanpa didukung oleh iman yang kuat rasa cinta yang sedang Anda rasakan bisa berakibat sangat fatal. Jatuh cinta yang baik adalah ketika Anda mampu memahami norma-norma dan bukan jatuh cinta yang dilandasi tanpa adanya batasan.

  • Akan tetapi, maraknya fenomena cinta buta di kalangan para remaja saat ini perlu Anda sikapi sebagai sebuah ancaman. Cinta buta bagaikan "musuh dalam selimut" di mana sekilas nampak indah dan menyenangkan, tetapi sesungguhnya mampu menjerumuskan Anda ke dalam perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri.

  • Para remaja, Anda semua adalah pribadi-pribadi yang sangat istimewa, masa depan Anda masih sangat panjang dan Anda bisa meraih kesuksesan jika mulai saat ini Anda mampu merencanakan kehidupan dengan baik. Tidak seorang pun yang bisa melarang Anda untuk jatuh cinta, sebab ini adalah karunia terindah dari Tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Hanya saja, kendalikan rasa cinta dan jangan biarkan rasa cinta tersebut justru membutakan mata hati Anda.

  • Pesan untuk setiap orangtua

  • Namun demikian, sebagai orangtua kita perlu menyadari bahwa para remaja tidak lantas disalahkan karena rasa cinta mengebu di dalam hatinya, hanya saja mereka sangat membutuhkan arahan serta bimbingan dari orangtua tentang bagaimana mengelola rasa cinta agar tidak sampai menjadi bumerang bagi diri sendiri.

  • Orangtua seharusnya bisa menjadi sahabat terbaik bagi para remaja, sehingga orangtua bisa mengetahui segala permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh putra-putrinya. Janganlah menjadi orangtua yang acuh, milikilah kepedulian serta perhatian agar para remaja tidak menganggap orangtua sebagai musuh yang perlu dijauhi dan ditakuti.

  • Banyaknya kasus pelecehan seksual, kehamilan di luar nikah, dan kejahatan seksual lainnya yang dilakukan para remaja karena fungsi dan peran orangtua tidak bekerja dalam keluarga. Kepedulian orangtua dalam mendidik para remaja sangat dibutuhkan agar kejadian-kekadian semacam itu tidak terus berulang. Kesulitan dalam mendidik para remaja adalah akibat orangtua terlambat dalam memberikan pengarahan sejak mereka masih kanan-kanak. Namun, belum ada kata terlambat, hanya saja sebagai orangtua Anda perlu mengubah kebiasaan Anda dan perbaiki hubungan serta rasa percaya anak-anak kepada Anda.

  • Advertisement
  • Remaja tidak perlu dikekang, berikan kepada mereka ruang untuk mengekspresikan dirinya dan melalui teladan tunjukkan bagaimana cara menjaga kepercayaan yang telah Anda berikan. Keberhasilan seorang anak adalah keberhasilan orangtua dalam mendidik mereka sejak dini, maka dari itu jangan pernah sia-siakan tugas dan pemanggilan Anda sebagai orangtua agar suatu hari nanti Anda tidak menyesalinya.

  • Cinta adalah anugerah terindah yang telah Tuhan berikan kepada manusia, melalui cinta setiap orang mampu hidup harmonis berdampingan satu sama lain. Bangunlah selalu rasa cinta yang sehat agar hubungan senantiasa bahagia dan setiap rintangan yang menghadang mampu dilewati tanpa perlu menghadapi tantangan berarti.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Mulus menjalani dinamika asmara remaja yang penuh 'jebakan'? Kamu pasti bisa!

Tidak seorang pun yang bisa melarang Anda untuk jatuh cinta, sebab ini adalah karunia terindah dari Tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Hanya saja, kendalikan rasa cinta dan jangan biarkan rasa cinta tersebut justru membutakan mata hati Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr