Hidup yang berat bisa jadi ringan kalau Anda mau mencoba saran yang satu ini

Kesulitan dalam menjalani hidup, akan selalu terjadi. kapan pun, di usia berapa pun, hingga kita meninggal dunia. Maka tak perlu membuatnya semakin sulit, lebih baik jika kita menjalaninya seolah sedang bermain game di komputer

3,098 views   |   65 shares
  • Pernah merasa diri sangat lelah, kelelahan secara psikologis, ingin marah atau menangis, dan merasa tidak kuat dengan berbagai ujian dalam kehidupan? Setiap orang pasti pernah merasakannya. Wajar, karena sebagai manusia, kita juga bisa merasa sedang berada dalam kondisi terkacau.

  • Namun sebaiknya, jangan terlalu lama membiarkan diri berada dalam situasi seperti itu sebab memanjakan pandangan negatif dalam menjalani hidup, hanya akan membuat kondisi yang sedang terjadi semakin buruk. Masalah yang terjadi pun jadi sulit terselesaikan, karena pikiran buntu dan tidak bisa berpikir dengan logis dalam mencari solusi.

  • Sebelum melangkah ke solusi, ada baiknya kita menelaah dulu, apa sih esensi menjalani kehidupan?

  • Oke, Anda pernah main game? Setiap orang di masa serba canggih ini pasti pernah memainkan minimal satu atau dua game, baik secara online maupun iseng-iseng menghabiskan waktu di telepon selular. Lalu apa sih intinya sebuah permainan, apa pun itu bentuknya? Ya, menyelesaikan misi.

  • Persis sama dengan hidup kita, bukan?

  • Apa sebetulnya tujuan kita di dunia ini? Menyelesaikan misi. Setiap orang punya cita-citanya sendiri. Artinya, setiap manusia memiliki sebuah misi yang harus diselesaikannya dengan baik. Baik misi dalam jangka waktu dekat, maupun misi dalam jangka waktu panjang. Kita selalu punya resolusi yang ditargetkan untuk dijalani dengan baik, bukan?

  • Bagaimana jika hal itu kita tetapkan saja sebagai misi yang harus dikejar? Jadi, apa pun cobaan yang menghadang, Anda akan terfokus pada esensi awal menjalani kehidupan yakni; menyelesaikan misi. Di dalam setiap game, biasanya ada level. Dimulai dari yang paling dasar, hingga ke tingkat tertinggi saat permainan sudah akan berakhir.

  • Di tingkat dasar, biasanya ujian yang terjadi sangat mudah. Sehingga, menyelesaikan level satu biasanya amat mudah. Namun di level-level selanjutnya, tingkat kesulitan pun makin sulit. Kadang Anda gagal menyelesaikan satu level, dan harus mengulangi level tersebut terus menerus hingga berhasil naik level.

  • Begitu juga hidup, bukan? Semakin berat beban yang Anda rasakan, berarti semakin tinggi level Anda berada. Dulu waktu kecil, apa sih masalah kita? Seputar tugas sekolah, bertengkar dengan teman, malas sekolah, dan sebagainya, yang kini jika kita ingat-ingat lagi, pasti terasa mudah sekali. Padahal, dulu, saat kita menjalaninya, ya tetap saja terasa sukar.

  • Mari kita ingat-ingat lagi masa remaja, saat kebutuhan mengenal lawan jenis seolah menjadi hal ter pelik di dunia. setiap hari, kita kerap menghabiskannya dengan memikirkan pacar, sedih karena putus, atau patah hati karena orang yang kita suka lebih memilih orang lain. sementara kini, saat usia sudah beranjak dewasa, lalu mendengarkan curhat semacam itu dari anak, atau keponakan yang masih remaja, pasti dalam hati ingin tertawa. Ya kan?

  • Advertisement
  • Lalu kini kita harus berjuang untuk bisa memenuhi kebutuhan setiap hari, memikirkan masa depan anak-anak, membina rumah tangga, mengurus orangtua yang mulai sepuh, pekerjaan yang bertumpuk, kelelahan luar biasa. Wah, nampaknya sudah sangat kompleks.

  • Maka itu, marilah kita tenangkan diri dan anggap saja bahwa apa pun yang terjadi dalam kehidupan ini, apa pun yang Tuhan lemparkan untuk kita, senang, sedih, semuanya hanyalah bagian dari level game hidup yang harus kita selesaikan. Selesai satu misi, akan datang misi lainnya. Sampai akhirnya nanti permainan itu berakhir.

  • Jika kini, Anda diberikan ujian yang terasa berat, ingatlah bahwa diri Anda sekarang berarti sudah berada di level yang sepantasnya untuk merasakan cobaan seperti itu. Jika Anda merasa belum juga berhasil menyelesaikan masalah, kembali lagi, anggap ini game komputer, hanya ada dua pilihannya:

    1. Curang dengan menggunakan trik-trik khusus untuk mengakali musuh

    2. Anda tipe orang yang mandeg di satu level, dan tidak berhasil naik

  • Karena curang adalah cara yang salah, dan tidak bisa naik level pun bukan itikad yang baik, lalu harus bagaimana? Ya coba saja dengan sepenuh jiwa dan raga untuk terus mampu berdiri dan menghadapi segala "musuh" yang datang. Karena tak ada masalah yang tidak ada solusinya.

  • Lagi pula, ini tandanya hidup Anda sangat seru. Coba deh, Anda menonton film atau membaca novel. Jika ceritanya datar-datar saja, tanpa konflik yang menarik, bosan tidak membacanya? Hidup akan lebih menarik dengan ujian-ujiannya. Bukan begitu?

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Hidup yang berat bisa jadi ringan kalau Anda mau mencoba saran yang satu ini

Kesulitan dalam menjalani hidup, akan selalu terjadi. kapan pun, di usia berapa pun, hingga kita meninggal dunia. Maka tak perlu membuatnya semakin sulit, lebih baik jika kita menjalaninya seolah sedang bermain game di komputer
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr