3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mencoba Menyulap Pernikahan Anda dan Melipatgandakannya

Menjaga diri Anda tetap sehat akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan lebih banyak hal dan merasakan lebih baik tentang diri Anda, yang mana akan berimbas pada sebuah hubungan yang lebih baik bersama pasangan Anda.

598 views   |   shares
  • Pernikahan di bawah tekanan bisa menguatkan atau malah melemahkan oleh tantangan yang menerpanya. Memiliki anak kembar atau lebih adalah saat penuh tekanan dalam kehidupan pasangan suami istri. Merawat beberapa bayi sekaligus dapat menyebabkan orang tua kelelahan, putus asa, frustrasi dan terkuras baik secara fisik dan emosional. Ada sedikit waktu atau tenaga yang tersisa pada akhir hari bagi orang tua untuk diluangkan bagi hubungan mereka sendiri. Ironisnya, ini adalah saat ketika sepasang suami istri saling membutuhkan satu sama lain lebih daripada sebelumnya. Dukungan fisik dan emosional dari satu sama lain adalah penting untuk melewati masa-masa paling sulit di dalam kehidupan Anda.

  • Selain menguras waktu dan tenaga, memiliki beberapa bayi bisa menambah kebutuhan akan keuangan untuk keluarga. Biaya penitipan atau faktor lainnya mungkin memerlukan salah satu orang tua untuk tinggal di rumah dan merawat anak-anak. Sebuah keluarga yang dulu memiliki dua penghasilan sekarang harus mengatur setengah dari anggaran mereka sebelumnya, dengan dua kali jumlah anak-anak. Ini membuat tekanan pada pasangan yang bertugas sebagai pencari nafkah untuk meluangkan lebih banyak waktu di tempat kerja untuk membuat perbedaan, meninggalkan pasangannya dengan tambahan tanggung jawab merawat anak. Semua tekanan ini bisa mengorbankan pernikahan. Namun, cobalah untuk mengingat bahwa hal ini tidak berlangsung selamanya. Tantangan yang Anda hadapi sebagai pasangan bisa menguatkan hubungan Anda jika Anda bekerja sama. Saran-saran berikut akan membantu Anda untuk menghindari membuat situasi yang sulit ini menjadi lebih buruk.

    1. Jangan berasumsi bahwa hubungan Anda akan selalu seperti ini. Ini adalah saat-saat penuh dengan tekanan tapi ini hanya sementara. Sewaktu anak Anda semakin besar tuntutan terhadap Anda akan berkurang sewaktu mereka belajar melakukan hal-hal bagi diri mereka sendiri. Cobalah untuk bersabar dengan pasangan Anda sewaktu Anda berdua menavigasi medan baru ini. Memahami keterbatasan masing-masing. Jangan marah jika pasangan Anda tidak selalu menangani hal-hal dengan cara yang Anda harapkan. Walaupun sepertinya masa-masa sulit ini kelihatan tidak akan pernah berakhir, masalah itu akan berakhir dengan cepat daripada yang Anda bisa bayangkan. Berharap mengabaikan dalam jumlah tertentu untuk sementara waktu ketika masalah itu menghampiri hubungan pernikahan Anda, tapi bersiap-siaplah untuk memberikan lebih waktu dan tenaga ke dalamnya ketika hal-hal sedikit menjadi lebih ringan.

    2. Jangan lupa Anda adalah sebuah tim. Daripada meluapkan tekanan dan keputusasaan Anda terhadap satu sama lain, bersandarlah terhadap satu sama lain demi kenyamanan dan dukungan. Berbagilah tanggung jawab dalam rumah tangga dan bekerjasamalah. Cara ini tidak hanya akan menghilangkan beberapa tekanan, tapi cara ini akan mendekatkan Anda sebagai pasangan. Akui bahwa hubungan pernikahan Anda adalah salah satu faktor terpenting bagi perkembangan emosional anak-anak Anda.

    3. Jangan mengabaikan kesehatan Anda. Terkadang mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk makan dan olahraga yang tepat ketika Anda memiliki beberapa bayi yang perlu dijaga, berusahalah melakukan sebanyak yang Anda bisa, bahkan jalan-jalan sebentar setiap hari ketika mendorong kereta bayi lebih baik daripada tidak sama sekali. Makan cepat, makanlah makanan bergizi sepanjang hari untuk menjaga stamina dan tenaga Anda. Cobalah untuk sesekali berpartisipasi dalam kegiatan bersantai seperti mandi uap, meditasi atau yoga. Biarkan pekerjaan sehari-hari Anda berlalu dan dapatkan tidur yang cepat ketika bayi Anda sedang tertidur. Menjaga diri Anda tetap sehat akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan lebih banyak hal dan merasakan lebih baik tentang diri Anda, yang mana akan berimbas pada sebuah hubungan yang lebih baik bersama pasangan Anda.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “3 things not to do while trying to juggle your marriage and multiples” karya Lynn Scoresby.

Bantu kami menyebarkan

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mencoba Menyulap Pernikahan Anda dan Melipatgandakannya

Menjaga diri Anda tetap sehat akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan lebih banyak hal dan merasakan lebih baik tentang diri Anda, yang mana akan berimbas pada sebuah hubungan yang lebih baik bersama pasangan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr