Hadapi masalah dalam pernikahan tanpa bertengkar? Why not?

Menyelesaikan masalah dengan cara bertengkar hanya akan menyakiti dan tidak ada menyelesaikan masalah. Simak tips berikut untuk membantu Anda menyelesaikan masalah tanpa harus beradu mulut.

1,050 views   |   12 shares
  • Anda tentu menginginkan sebuah pernikahan yang harmonis dan damai tanpa pertengkaran. Namun menyatukan dua kepribadian dalam satu bahtera rumah tangga, tentu saja tidak lepas dari konflik masalah yang dapat berujung pada sebuah pertengkaran.

  • Besar maupun kecil, Kita tidak dapat mengindari hal tersebut. Namun, tidak selamanya dalam menghadapi masalah harus berujung pada sebuah pertengkaran. Selain tidak berguna untuk menyelesaikan masalah, bertengkar juga hanya akan menyakiti Anda dan dia. Simak tips berikut yang dapat membantu Anda menghadapi masalah dalam pernikahan tanpa perlu bertengkar.

  • 1. Menenangkan diri

  • Sebelum Anda atau pasangan ingin mengutarakan suatu masalah yang dapat memicu pertengkaran, akan lebih baik jika Anda berdua mengambil waktu sendiri untuk menenangkan diri. Dengan menyendiri, Anda dan dia akan dapat berpikir lebih jernih dan menyaring kembali masalah yang ada dan mengoreksi diri masing-masing. Pertanyakan hati Anda, apa yang sedang Anda alami dan bagaimana cara menghadapinya. Bagaimana cara menyampaikan kepada pasangan Anda dan solusi yang bisa Anda lakukan berdua.

  • 2. Berbicara tanpa berteriak

  • Sering kali di saat sedang emosi, Anda terpancing untuk berbicara dengan nada yg lantang seperti berteriak. Jangan pernah melakukan ini. Sikap seperti ini hanya akan memperbesar masalah. Yang ada, pasangan anda juga akan terpancing emosi dan memicu pertengkaran tanpa menyelesaikan masalah. Sebaiknya bicarakan dari hati kehati. Katakan padanya jika Anda ingin berbicara, dan pastikan ia telah bersiap untuk diskusi dengan Anda. Bicarakan baik-baik dari hati ke hati, dengan begitu masalah akan lebih mudah terselesaikan tanpa perlu pertengkaran.

  • 3. Terbuka dan jangan menyembunyikan perasaan anda

  • Kebanyakan orang, terutama para wanita, suka menutupi perasaannya agar tidak menyakiti pasangannya. Pada akhirnya, dialah yg akan tersakiti. Diam bukanlah solusi dalam menghadapi masalah dengan pasangan Anda. Sebaiknya, terbukalah. Ungkapkanlah isi hati dan unek-unek anda padanya. Mintalah dia untuk mendengarkan Anda terlebih dahulu, kemudian berikan dia kesempatan untuk mengutarakan isi hatinya juga. Dengan begitu, Anda berdua dapat mengetahui letak kesalahpahaman yang terjadi dalam hubungan pernikahan kalian.

  • 4. Berdoa

  • Terkadang, meskipun semua langkah di atas sudah dilakukan, masih saja permasalahan itu tidak terselesaikan. Dalam menghadapi ini, janganlah terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikannya saat itu juga. Mungkin Anda berdua belum menemukan solusinya saat itu juga. Jika dipaksakan, mungkin Anda berdua hanya akan bertengkar dan semakin stress. Sebaiknya jika sudah tidak ada solusi, cobalah untuk berdoa dan meminta petujuk pada Yang Kuasa.

  • Advertisement
  • 5. Memaafkan dan melupakan

  • Setiap pernikahan tentu akan ada selalu masalah. Tetapi menghadapi masalah tidak perlu selalu berakhir dengan pertengkaran. Anda dapat berbesar hati dengan memaafkan pasangan Anda dan lupakan kesalahannya yang telah menyakiti hati Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Hadapi masalah dalam pernikahan tanpa bertengkar? Why not?

Menyelesaikan masalah dengan cara bertengkar hanya akan menyakiti dan tidak ada menyelesaikan masalah. Simak tips berikut untuk membantu Anda menyelesaikan masalah tanpa harus beradu mulut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr