Mencari Kebahagiaan Dalam Diri Anda

Ada orang kaya yang tidak bahagia, entah karena penyakit, rasa iri, keserakahan dan banyak lagi alasan lainnya. Dan tidak semua orang miskin menderita. Kebahagiaan lebih bergantung kepada suasana hati seseorang.

9,495 views   |   20 shares
  • Banyak orang mengira bahwa kebahagiaan datang dari luar, dari kemampuan membeli rumah besar, mobil mewah, baju bermerek, pesiar ke luar negeri dan seterusnya. Perkataan "Uang tidak membawa kebahagiaan" bukanlah semboyan kosong. Ada orang kaya yang tidak bahagia, entah karena penyakit, rasa iri, keserakahan dan banyak lagi alasan lainnya. Dan tidak semua orang miskin menderita. Kebahagiaan lebih bergantung kepada suasana hati seseorang. Bagaimana kita dapat menemukan kebahagiaan, berikut ini ada beberapa saran yang dapat menolong.

  • Jangan terus-terusan merisaukan sesuatu

  • Setiap orang mempunyai masalah, namun seperti dikatakan bos Anda, "Tinggalkanlah masalahmu di rumah." Pada waktu bekerja kita hendaknya fokus pada pekerjaan kita. Demikian pula dalam hal-hal lain. Nikmatilah atau pusatkanlah perhatian pada apa yang ada di depan Anda. Masalah memang harus dipecahkan, tetapi ada waktunya di mana kita perlu memikirkan bagaimana pemecahannya. Merisaukan hal itu terus-menerus tidak akan menolong memecahkan masalah. Sebaliknya kebahagiaan Anda akan tersita, pikiran akan ruwet sehingga sulit untuk menemukan jalan keluar.

  • Jangan membiarkan orang lain mempengaruhi perasaan Anda

  • Ada sebuah cerita tentang seorang pria yang setiap pagi mengucapkan salam "Selamat pagi" sambil tersenyum ramah kepada sopir bus yang bermuka asam dan tidak pernah menanggapi salamnya. Suatu hari teman si pria menganjurkan agar dia berhenti memberi salam kepada si sopir. Namun apa jawab pria itu? "Aku tidak mau orang lain mendikte perilaku dan perasaanku." Bila orang lain bersikap buruk terhadap Anda, jangan mengambil hati dan menanggapi dengan hal yang sama. Anggaplah orang itu mempunyai masalah, bukan Anda. Dengan sikap seperti ini Anda dapat menghindari kemarahan di jalanan. Bila seseorang menyalip mobil Anda secara mendadak namun Anda masih dapat menghindar, Anda tidak perlu melontarkan sumpah serapah atau gantian menyalip dia. Orang itu mempunyai masalah dalam mengikuti tata tertib lalu lintas, jangan mengikuti jejaknya yang buruk. Jangan biarkan dia menyalakan api kemarahan di hati Anda dan mengusik kedamaian Anda.

  • Tertawalah atas kebodohan Anda sendiri

  • Orang yang dapat menertawakan kebodohannya sendiri adalah orang yang mempunyai rasa humor yang sehat. Bila Anda lupa mengambil kunci mobil sebelum menutup pintunya (karena mobil Anda bukan keluaran tahun kemarin yang mampu mengingatkan Anda untuk menarik kunci mobil) janganlah terus menyesali kelalaian Anda. Dengan tertawa dan pikiran yang jernih Anda mungkin ingat bahwa bagasi tidak terkunci dan Anda dapat masuk dari situ ke dalam mobil atau Anda dapat memanggil seseorang di rumah untuk datang dan membawa kunci cadangan yang ada di rumah.

  • Advertisement
  • Bersyukur atas hal-hal kecil

  • Bila Anda dapat mensyukuri hal-hal kecil Anda akan lebih bahagia. Anda tidak perlu memenangkan "lotto" ratusan juta rupiah untuk merasa bahagia. Anda dapat saja merasa senang karena hari itu Anda tidak mempunyai keluhan apa pun atas kesehatan Anda.

  • Anda percaya Anda mampu melakukannya

  • Orang yang bahagia biasanya mempunyai pandangan optimis. Anda tidak akan mudah putus asa karena Anda melihat segalanya dengan penuh pengharapan. Anda merasa mampu mengatasi persoalan Anda. Seandainya nasib keluarga Anda sepenuhnya tergantung di tangan Anda, Anda akan memutar langit dan bumi untuk menyelamatkan mereka.

  • Anda tidak mengandalkan perfeksionisme

  • Anda tidak percaya bahwa segala sesuatu harus sempurna sebelum Anda dapat merasa bahagia. Anda tidak mengharapkan hal itu dari diri Anda sendiri maupun orang lain.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mencari Kebahagiaan Dalam Diri Anda

Ada orang kaya yang tidak bahagia, entah karena penyakit, rasa iri, keserakahan dan banyak lagi alasan lainnya. Dan tidak semua orang miskin menderita. Kebahagiaan lebih bergantung kepada suasana hati seseorang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr